Physical Distance dan Social Distance. Sejak pertengahan Maret 2020 lalu, semua sekolah sudah menerapkan praktik belajar di rumah. Begitupun dengan perusahaan, mengharuskan pegawainya bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 yang tengah mewabah.

Physical Distance dan Social Distance, Apa Bedanya?

Bahkan, UN sampai ditiadakan. Inilah yang dinamakan physical distancing sebagai penanganan dan pencegahan virus covid-19 di Indonesia. Sebelumnya, WHO mengimbau gerakan social distancing. Namun, belakangan diganti menjadi physical distancing. Memang bedanya apa, sih?



Physical Distancing

Sobat Phi, jika diterjemahkan, physical distancing artinya jaga jarak secara fisik. Artinya, tidak boleh berdekat-dekatan, berkumpul, berkerumun dengan orang lain. Physical distancing juga artinya diam di rumah selama wabah mereda. Itu artinya, jikalau harus keluar rumah, Sobat Phi disarankan tidak duduk atau berdiri berdekatan dengan orang lain. Ada jarak minimal satu meter.

Social Distancing

Social distancing adalah tindakan untuk berdiam diri di rumah, menjauh dari keramaian, hingga menjaga jarak 1,8 meter dari orang lain. Jaga jarak ini bukan berarti kamu harus “terputus” dari orang lain dan melupakan cara berkomunikasi. Sebab, bersosialisasi bisa dilakukan secara daring, kan? Itu artinya, Sobat Phi tidak perlu bertemu langsung untuk bisa mengobrol dengan teman atau belajar bersama guru. Sekolah dan pemberian tugas dari guru pun saat ini dilakukan dan dikumpulkan secara online.

Karantina Mandiri Bukan Berarti Isolasi Diri secara Sosial

Nah, physical distance juga harus dibarengi dengan pengetahuan kebersihan diri. Artinya, saat bepergian ke luar rumah, Sobat Phi harus memakai masker dan menyiapkan hand sanitizer. Kemudian setibanya di rumah, langsung melakukan bersih-bersih agar virus atau bakteri yang menempel di tubuh, hilang.

Itulah perbedaan mendasar social distance dan physical distance. Jika Sobat Phi ikut mempraktikkan belajar di rumah dan online schooling, pastikan gadget yang kamu gunakan juga rutin dibersihkan, ya!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
ayo-sekolah-jawa-barat
Ayo Sekolah

Ayo-Taat-Aturan-Disaat-Wabah-Covid-19
Ayo Taat Aturan Disaat Wabah Covid 19

Proses Belajar Mengajar dari Rumah Diperpanjang hingga 13 April 2020
Proses Belajar Mengajar dari Rumah Diperpanjang hingga 13 April 2020

Close