UN – Ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan, termasuk Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2020 bagi SMK. Berikut Surat Edaran (SE) Mendikbud tentang Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. SE juga mencantumkan tentang pembelajaran di rumah, ujian sekolah (US), ketentuan kenaikan kelas, PPDB, dan BOS atau BOP yang dapat digunakan untuk pengadaan barang sesuai kebutuhan sekolah dalam pencegahan pandemi Covid-19.

Ujian Nasional Tahun 2020 Di Batalkan

Ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan mengingat wabah corona di Indonesia. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pembahasan UN, Selasa (24/3/2020), melalui video conference. Pembatalan UN menjadi penerapan kebijakan social distancing (pembatasan sosial) untuk memotong rantai penyebaran virus corona SARS 2 atau Covid-19. Penegasan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan pembahasan UN, Selasa ini, melalui video conference.



UN dibatalkan untuk tingkat sekolah menengah atas (SMA) atau setingkat madrasah aliyah (MA), sekolah menengah pertama (SMP) atau setingkat madrasah tsanawiyah (MTs), dan sekolah dasar (SD) atau setingkat madrasah ibtidaiyah (MI). Sebelumnya, telah disepakati bahwa UN dihapus mulai tahun 2021. Kebijakan pembatalan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah di rumah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membatalkan Ujian Nasional (UN) 2020 akibat pandemi Corona (COVID-19). Nadiem juga mengapresiasi siswa-siswa SMK yang sudah melaksanakan UN.

“Tapi saya sangat mengapresiasi anak-anak di SMK yang telah melakukannya dan mohon maaf kalau kecewa karena hanya mereka yang mengerjakannya tapi memang ini situasi darurat,” kata Nadiem dalam konferensi video pada Selasa (24/3/2020).

“Saya mohon maaf bahwa ini (Ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan) tidak bisa terjadi sebelumnya. Tapi ya kita ikuti acuan data dari pasien yang positif, tingkat kematian dan lain lain. Jadi itu merupakan suatu hal yang dinamis per harian. Jadi saya mohon maaf tapi ini memang darurat dan saya harus laksanakan dan lakukan demi keamanan semua murid kita,” jelas Nadiem.

Sebelumnya, UNBK SMK pada 16-19 Maret 2020 telah diselenggarakan di sejumlah daerah. Ada sejumlah daerah yang menunda UNBK SMK. Jadwal UNBK selanjutnya adalah untuk tingkat SMA/MA pada 30 Maret-2 April 2020. Untuk UNBK SMP/MTs pada 20-23 April 2020.

Jangan lupa tetap berada di rumah, dan jaga kesehatan serta kebersihan, ya! Tetap semangat!

Beriut surak keputusan Ujian Nasional tahun 2020 dibatalkan

Sumber : Kompas.com, Detik.com, Kemdikbud

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
resmi-UTBK-SBMPTN-2020-Ditunda
Benarkah UTBK SBMPTN 2020 Ditunda?

Pelopor-Mencuci-Tangan---Ignaz-Semmelweis
Pelopor Mencuci Tangan – Ignaz Semmelweis

1-jadwal-belajar-dirumah-2-thumb
Belajar Di Rumah Tidak Masalah Minggu Ke 2 Masa Pandemik Covid-19

Close