Wabah covid-19 ini bikin pusing ya, Sobat Phi. Hampir semua orang merasakan kecemasan akibat virus ini. Salah satu imbasnya UN resmi ditiadakan. Tak terkecuali dunia pendidikan. Ada beberapa dampak terhadap pendidikan Indonesia yang sangat terasa saat ini semenjak virus covid-19 merebak. Berikut PhiRadio sudah merangkumnya untuk kamu.

Covid-19 Merebak, UN Resmi Ditiadakan

  1. Libur Sekolah

Pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan, mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus corona. Sebagai gantinya, sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh. Ingat, libur sekolah bukan berarti pergi liburan lho!



  1. PR Lebih Banyak

Karena sekolah diliburkan, beberapa pengajar memberikan pekerjaan rumah lebih banyak. Bahkan, ada yang memberi tugas yang harus disetor per hari. Memang kelihatannya lebih berat, Sobat Phi. Tapi bukankah itu lebih baik daripada tidak ada yang bisa dikerjakan sama sekali di saat harus berdiam diri di rumah seperti ini?

  1. UN Resmi Dihapus

Dengan merebaknya covid-19, Ujian Nasional terakhir yang sedianya akan dilaksanakan tahun ini, resmi ditiadakan. Ini berlaku untuk semua jenjang, dari SD, SMP, hingga SMA. Saat ini, Kemendikbud dan anggota DPR sedang mengkaji kemungkinan metode kelulusan yang lain. Seperti penilaian melalui raport atau USBN.

  1. Aplikasi Ruangguru Paling Populer

Belajar di rumah merupakan hal yang bisa Sobat Phi lakukan dalam situasi sulit seperti ini. Tak heran, aplikasi belajar online semakin naik daun. Terutama aplikasi Ruangguru. Bahkan popularitas aplikasi ini mengalahkan aplikasi populer lain seperti TikTok dan Facebook Lite.

UN Resmi Ditiadakan

Itu hanya sebagian kecil dampak dari virus covid-19 terhadap dunia pendidikan Indonesia. Untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah melakukan physical distancing, karena bersosialisasi masih perlu dan bisa dilakukan secara online. Jadi, belajarnya di rumah dulu ya, dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan menggunakan sabun.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ujian-Nasional-Tahun-2020-Di-Batalkan
Ujian Nasional Tahun 2020 Di Batalkan

resmi-UTBK-SBMPTN-2020-Ditunda
Benarkah UTBK SBMPTN 2020 Ditunda?

Pelopor-Mencuci-Tangan---Ignaz-Semmelweis
Pelopor Mencuci Tangan – Ignaz Semmelweis

Close