Ayo sekolah, pendidikan disekolah adalah mutlak harus dijalani. Hal tersebut adalah amanat undang – undang yang mewajibkan untuk menjalani pendidikan dasar di sekolah. Meskipun pada prakteknya dilapangan masih banyak anak usia pelajar yang tidak pergi kesekolah dengan berbagai alas an. Mulai alasan ekonomi, kultur, infrastruktur hingga masalah – masalah non teknis lainnya. Apapun rintangannya, Negara ini harus mampu menyekolahkan semua anak bangsa tanpa terkecuali terutama mereka yang berada pada usia wajib belajar.

Ayo sekolah

Ayo sekolah, sekolah bukan semata – mata untuk mendapatkan ijazah dan melanjutkan kuliah atau mencari kerja. Lebih jauh dan luas dari itu, bersekolah adalah proses panjang dalam pembentukan karakter, kemampuan cara berfikir, dan keluwesan dalam berinteraksi dengan sesame.



Ayo sekolah, namun demikian, yang terpenting dari bersekolah adalah bagaimana seorang siswa menemukan jatidirinya. Apa yang menjadi minat dan bakatnya. Peran guru tentu sangat membantu dalam menemukan potensi para siswa. Nilai bukanlah segalanya, tapi proses belajar harulah dilalui dengan sepenuh hati dan penuh tanggung jawab. Bersekolah bukan hanya sekedar menggugurkan kewajiban sebagai warga Negara, tapi justru sebagai salah satu bentuk tanggung jawab kita sebagi warga Negara dalam membangun bangsa yang kuat.

Ayo sekolah, negara ini memang belum bisa sepenuhnya memberikan kenyamanan fasilitas besekolah bagi seluruh tingkatan dari ujung barat hingga ujung timur negeri ini, namun demikian komitmen Negara Indonesia sangatlah kuat dalam memperbaiki dari waktu ke waktu mulai sarana , infrastruktur, kurikulum hingga sistem penganggaran bagi pendidikan termasuk didalamnya kesejahteraan para guru.

Ayo sekolah, sudah sepatutnya kita sebagai warga Negara harusnya mendukung ajakan pemerintah untuk menyekolahkan setiap anak yang sudah memasuki usia wajib belajar. Kesampingkanlah alasan – alasan klise yang menghambat seorang anak untuk pergi ke sekolah. Kita harus optimis bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdidik, terpelajar dan memiliki budaya sekolah yang kuat dan berkesinambungan. Adalah sebuah keniscayaan bahwa bangsa Indonesia kelak akan menjadi bangsa yang besar yang bisa mengambil peranan penting dalam pergaulan internasional dalam rangka mewujudkan tatanan kehidupan dunia yang lebih baik dan sejajar.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ayo-Taat-Aturan-Disaat-Wabah-Covid-19
Ayo Taat Aturan Disaat Wabah Covid 19

Proses Belajar Mengajar dari Rumah Diperpanjang hingga 13 April 2020
Proses Belajar Mengajar dari Rumah Diperpanjang hingga 13 April 2020

Pentingnya Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
Pentingnya Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa

Close