Pendidikan Karakter Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Rektor Universitas YARSI, Fasli Jalal mengatakan dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) penting untuk membiasakan perilaku positif. Apabila nilai-nilai kebaikan ditanamkan terus maka akan menjadi sebuah kebiasaan.

Pendidikan Karakter Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan karakter sangat diperlukan tidak hanya di sekolah tetapi juga di rumah dan di lingkungan sosial. Sekarang ini pendidikan karakter tidak hanya untuk anak usia dini dan remaja tetapi juga orang dewasa. Kita tidak bisa membayangkan kompetensi apa yang akan muncul di tahun-tahun berikutnya. Hal ini akan menjadi beban kita dan orang tua untuk dimasa depan. Maka dari itu, pendidikan karakter perlu diajarkan baik di sekolah, rumah dan di lingkungan sekitar untuk membentuk anak atau peserta didik yang memiliki akhlak dan kepribadian yang baik.



Pendidikan merupakan suatu proses pembelajaran. Dimana seseorang akan belajar tentang pengetahuan dan ketrampilan, serta kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian. Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual, dan ketrampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi, pendidikan adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi manusia yang kritis dalam berfikir.

Teori pendidikan yang dikembangkan di Indonesia ini yakni trisentra pendidikan. Ada tiga pusat pendidikan yaitu alam keluarga, alam perguruan, dan alam masyarakat.

Pelibatan keluarga dalam pendidikan merupakan bagian terpenting dari program pendidikan anak. Sebab, keluarga merupakan pendidik yang pertama dan paling berpengaruh terhadap kehidupan anak.



Pelibatan keluarga dalam pendidikan karakter dapat meningkatkan perilaku positif dan prestasi anak. Peran keluarga juga akan mempengaruhi minta anak untuk melanjutkan pendidikan serta mencegah tidak kekerasan atau pengaruh lainnya dari lingkungan.

“Tidak cukup kita hanya beri pengetahuan saja atau keinginan berbuat baik saja, tapi harus dibantu dia berperilaku baik dan lama kelamaan menjadi kebiasaan,” kata Bapak Fasli, dalam sebuah diskusi daring, Senin (11/5).

Pendidikan karakter penting diajarkan kepada setiap anak. Kita bisa membayangkan begitu pesatnya pengaruh teknologi pada masa nanti, jika kita tidak bisa mengimbangi antara kompetensi, keterampilan, dan karakter yang baik. Pendidikan salah satu solusi dalam pendidikan karakter, yang mana pendidikan karakter perlu diajarkan dan ditanamkan kepada anak-anak di lingkungan keluarga. Karena orang tua adalah kunci utama dalam mendidikan dan mengasuh anak-anaknya.



Selain itu, Bapak Fasli menjelaskan, pendidikan karakter harus ditanamkan suatu kebiasaan yang memerlukan kombinasi. Pendidikan di dalam yang baik akan tidak banyak berpengaruh jika lingkungan di luar rumah dan sekolah terjadi hal-hal yang tidak mendukung.

Sumber : republika.co.id

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jadwal Dan Materi Soal Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 15 Mei 2020
Jadwal Dan Materi Soal Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Jumat 15 Mei 2020

PPDB 2020 SMA SMK dan SLB di Jabar Siap Digelar!
PPDB 2020 SMA SMK dan SLB di Jabar Siap Digelar!

5 Artis Muda Indonesia yang Peduli Pendidikan
5 Artis Muda Indonesia yang Peduli Pendidikan

Close