Memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sedianya dimulai pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada 20 April 2020, ditunda.

Benarkah UTBK SBMPTN 2020 Ditunda?

Tahun ini diawali dengan kabar tidak baik dari dunia kesehatan, yaitu merebaknya wabah virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Saking masifnya penyebaran virus ini, beberapa negara bahkan memberlakukan lockdown. Nah, di Indonesia, dampaknya pun merambat ke mana-mana. Termasuk sektor pendidikan.



Bagi Sobat Phi yang lulus SMA tahun ini, sepertinya harus menunggu lebih lama untuk ikut tes masuk perguruan tinggi. Sebab, dilansir dari laman cnnindonesia, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menunda pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Ini dilakukan untuk menekan penyebaran wabah covid-19.

Melalui Surat Edaran Nomor 09/SE.LTMPT/2020, LTMPT memutuskan untuk mengundurkan waktu pendaftaran dan penyelenggaraan UTBK 2020. Pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020, dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020, ditunda. Penundaan ini berlaku untuk UTBK tahap satu dan tahap dua. Penundaan akan dilangsungkan sampai waktu yang belum ditentukan.

UTBK SBMPTN 2020 Ditunda

UTBK sendiri merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. Biasanya dalam pelaksanaannya, UTBK dibagi menjadi tiga kelompok. Yaitu Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Kemudian, Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Ada lagi Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih melalui Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 09/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Pihak LTMPT mengeluarkan kebijakan menunda pendaftaran dan pelaksanaan UTBK 2020 akibat pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin masif.

Tidak hanya pendaftaran dan pelaksanaan UTBK tahap pertama, pendaftaran tahap kedua UTBK 2020 juga ditunda.

Sedianya, pendaftaran UTBK tahap 1 akan dilaksanakan 30 Maret hingga 11 April 2020 dan tes digelar pada 20 April – 26 April 2020. Sedangkan pendaftaran UTBK tahap 2 dilaksanakan 14 April – 16 April 2020 dan tes pada 1 – 3 Mei 2020.

Namun, pendaftaran serta pelaksanaannya ditunda dan akan diumumkan lebih lanjut.

Untuk Sobat Phi yang sudah mempersiapkan diri mengikuti UTBK dan SBMPTN 2020, tidak perlu kecewa. Sebab ini artinya, Sobat Phi punya persiapan waktu yang lebih lama. Untuk sementara waktu ini, jaga jarak dulu dengan orang lain, selalu bersihkan tangan menggunakan sabun, dan konsumsi gizi seimbang.

Di sisi lain, PhiRadio selalu hadir untuk menemani kamu belajar di rumah. Streaming terus ya di www.phiradio.net, gaya, juara!

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Pelopor-Mencuci-Tangan---Ignaz-Semmelweis
Pelopor Mencuci Tangan – Ignaz Semmelweis

1-jadwal-belajar-dirumah-2-thumb
Belajar Di Rumah Tidak Masalah Minggu Ke 2 Masa Pandemik Covid-19

disinfektan-alternatif-covid-19
Disinfektan Alternatif Covid-19

Close