Suku Asli Indonesia Yang Memiliki Mata Biru Seperti Orang Eropa, bangsa di Indonesia memiliki banyak suku dari Sabang sampai Merauke.

Umumnya sebagian besar orang di Indonesia berbola mata hitam dan cokelat. Namun suku di Indonesia yang sangat unik karena masyarakatnya memiliki bola mata berwarna biru bak orang eropa.

Baca Yuk :

Suku Asli Indonesia Yang Memiliki Mata Biru Seperti Orang Eropa

Tidak semua penduduk Indonesia matanya hitam, di beberapa wilayah Indonesia ini ada sejumlah suku yang penduduknya bermata biru.

Berikut di bawah ini suku yang punya mata biru.

  1. Suku Lingon, Maluku
    Suku Lingon berada di pedalaman Halmahera, Maluku. Banyak diantara warganya yang punya mata biru dan berkulit putih. Namun, keberadaan suku ini masih menjadi misteri karena berada di pedalaman Halmahera.
    Menurut cerita rakyat yang beredar, asal usul mata biru tersebut berasal dari kapal Eropa yang karam di Halmahera, sekitar 300 tahun silam pernah ada di sebuah kapal dari Eropa yang tenggelam di dekat perairan Halmahera. penumpangnya banyak yang selamat dan terdampar di pulau ini dan tak bisa pulang ke negara asalnya.

Suku Lingon berada di pedalaman Halmahera, Maluku. Beberapa penumpang yang selamat kemudian membangun pemukiman di tengah pedalaman hutan Halmahera Timur. Mereka lalu membentuk komunitas yang disebut Lingon Tribe atau Suku Lingon.
Akhirnya, mereka membangun pemukiman di dalam hutan Halmahera Timur walaupun sempat terjadi konflik antar suku asli di sana dengan orang Eropa tersebut. Tidak adanya senjata, membuat orang Eropa kalah dan memulai hidup dengan orang suku di sana. Mereka mulai mengikuti tradisi-tradisi suku di sana hingga menghasilkan campuran keturunan yang punya mata biru. Banyak warga suku Lingon sendiri yang memiliki mata biru dan berkulit putih.

  1. Lamno, Aceh
    Keturunan Lamno yang berasal dari cucu bangsa Portugis. Lamno menjadi kampung yang terkenal dengan ciri fisik yang mirip orang Eropa dan berbeda dengan warga Aceh kebanyakan. Lamno terletak di Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh.
    Banyak warganya yang punya mata biru yang disebut sebagai anak cucu dari bangsa Portugis, mereka merupakan hasil kawin campur dengan penduduk setempat zaman dahulu kala.
    Saat itu banyak orang Portugis yang berdagang di Aceh dan menikahi penduduk asli hingga menyisakan jejak. Namun, bencana tsunami Aceh 2004 silam nyaris membuat punah warga keturunan Portugis di Lamno.
  2. Suku Buton (Sulawesi Tenggara)

Masyarakat Suku Buton memiliki mata biru terang dan berkulit cokelat. Mata biru tersebut disebabkan oleh kelainan genetik langka yang disebut Waardenburg Syndrome. Namun ada juga fakta yang menyebutkan jika mata biru pada Suku Buton adalah hasil perkawinan silang dengan bangsa asing Portugis.
Berdasarkan Discover ASEAN, suku Buton dapat ditemukan di provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Pulau Buton. Memang mayoritasnya orang Asia dominan memiliki mata berwarna coklat hingga hitam, kecuali beberapa memiliki mata abu-abu dan cokelat.

Suku Buton dikenal memiliki mata biru cerah. Seorang fotografer bernama Korchnoi Pasaribu pun berhasil menangkap momen yang menunjukkan betapa indahnya warna mata yang dimiliki masyarakat suku Buton.
Salah satu ciri khas utama dari sindrom Waardenburg ini ialah warna mata yang berbeda satu sama lain. Seperti yang banyak dialamai masyaraikat suku Buton yaitu satu mata berwarna biru dan satu lagi berwarna hitam atau coklat.

Itulah Suku Asli Indonesia Yang Memiliki Mata Biru Seperti Orang Eropa, Keistimewaan mereka merupakan aset yang harus dijaga Bersama.

Referensi: detik.com, kompas.com

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , ,

Streaming Now