Peringatan Konferensi Asia Afrika 18 April 2021, Pemkot Bandung menggelar peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) sepanjang April ini. Pada 18 April akan menggelar upacara penaikan bendera 109 negara-negara Asia Afrika dan bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) oleh 400 Paskibra Kota Bandung.

Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) 18 April 2021

Dilansir dari Museum KAA, Jelang Peringatan 66 tahun KAA, Museum KAA mengibarkan bendera negara-negara Asia Afrika dan PBB.



Kamis, 1/4/2021, sebanyak 109 bendera negara Asia dan Afrika dan 1 bendera PBB mulai dikibarkan di kompleks Museum KAA-Gedung Merdeka hingga 30 April 2021.

Tradisi pengibaran bendera negara Asia dan Afrika digelar Museum KAA setiap bulan April sebagai bagian dari Peringatan Konferensi Asia Afrika.

Dengan pertimbangan mengikuti protokol kesehatan penanganan covid-19 yang ketat, kali ini bendera-bendera itu dikibarkan oleh staf internal Museum KAA.

Peristiwa KAA di Kota Bandung enam puluh enam tahun silam tak dipungkiri telah menjadi warisan nilai tak terkira bagi warga Kota Bandung. Sejak itu, muncul berbagai julukan terhadap Kota Bandung.

Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru pernah menyebut Bandung sebagai Ibukota Asia Afrika menjelang sidang penutupan KAA, Minggu, 24 April 1955 di hadapan ratusan delegasi asal dua puluh sembilan negara Asia dan Afrika di Ruang Utama Gedung Merdeka.

Bahkan, Bandung disebut oleh Vera Micheles Dean dari Universitas New York, “Bandungia, in honour of the first Afro-Asian Conference in history”. Malah, dalam penulisan sejarah global, nama Bandung disematkan dalam periodisasi sejarah yang meliputi Bandung Conference, Bandung Spirit, Bandung Era, dan Bandung Constellation.

Warisan nama Bandung itu perlu terus dirawat dan dikembangkan.Oleh sebab itu, Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi menjelang Peringatan 66 Tahun KAA di bulan April 2021 bertemu dengan Kepala Bagian Humas Kota Bandung Sony Teguh Prasatya, S.Sos., M.M pada Senin, 1/3/2021 di Kantor Pemerintah Kota Bandung di Jalan Wastukencana No.2 Bandung.

Melalui pertemuan itu, Kepala Museum KAA mengutarakan kemungkinan kerja sama antara Museum KAA dan Humas Kota Bandung dalam mensosialisasikan Peringatan KAA tahun ini.

Kepala Bagian Humas Kota Bandung Sony Teguh Prasatya menyambut baik rencana kerja sama dimaksud. Menurutnya, sudah sewajarnya jika setiap warga Kota Bandung tumbuh rasa memiliki dan kebanggaan terhadap semua nama yang dinisbatkan kepada Kota Bandung lantaran peristiwa sejarah KAA, terutama nama Bandung Ibukota Asia Afrika.

Menurutnya, ia selama ini kerap menyampaikan pentingnya Nilai-nilai Semangat Bandung kepada publik dalam berbagai kesempatan. Semua itu ia pelajari kala aktif mengikuti acara diskusi buku yang digelar oleh komunitas literasi Asian-African reading Club di Museum KAA.

Dalam sesi audiensi itu, Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi memaparkan rangkaian mata acara Peringatan 66 Tahun KAA. Dalam beberapa mata acara, lanjutnya, diperlukan koordinasi antara Museum KAA dan Pemerintah Kota Bandung.

Melalui audiensi itu, Kepala Museum KAA dan Kepala Bagian Humas Kota Bandung mencapai kesepahaman untuk bekerja sama dalam mendukung upaya mensosialisasikan Peringatan KAA.

Dilansir dari kemlu.go.id, Dalam peringatan 66 tahun ini, Kementerian Luar Negeri telah menyusun 8 program unggulan yang diarahkan untuk menghidupkan kembali semangat “Kemanusiaan dan Solidaritas” dari Dasa Sila Bandung yang lahir dalam peristiwa Konferensi Asia Afrika 1955.

Logo Peringatan 66 Tahun KAA

5 Februari 2021 – Kementerian Luar Negeri akan memperingati 66 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dengan mengusung tema “Kemanusiaan dan Solidaritas”. Hal ini disampaikan Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi saat peluncuran logo, tema, dan program Peringatan 66 Tahun KAA pada Jumat (5/2/2021) di Museum KAA, di bilangan Asia Afrika Kota Bandung.

Persamaan nasib dan semangat solidaritas yang melahirkan konferesi bangsa-bangsa di Asia dan Afrika 66 tahun silam kembali menemukan relevansinya di saat dunia bersama-sama membangun solidaritas untuk berjuang menghadapi pandemi.

Semangat kemanusiaan dan solidaritas bangsa Asia dan Afrika tercermin pada logo peringatan yang berbentuk angka 66 yang mengesankan dua benua dengan dua tangan saling berpegangan erat sebagai simbol ‘Kemanusiaan dan Solidaritas’ untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Warna merah melambangkan Asia, sedangkan warna hijau merepresentasikan Afrika, dengan latar belakang putih menggambarkan dunia.

logo kaa

logo kaa

Program peringatan 66 tahun KAA

Program peringatan 66 tahun KAA diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengibaran 109 bendera Negara-negara peserta KAA 1955 di sekeliling kompleks Museum KAA – Gedung Merdeka.
  2. “Message of the World”, menggalang pesan ‘Kemanusiaan dan Solidaritas’ dari generasi muda di seluruh dunia berupa surat atau video singkat yang dikirimkan melalui surel dan media sosial Museum KAA.
  3. Peluncuran buku sejarah The Bandung Connection karya Sekretaris Jenderal KAA Roeslan Abdulgani dalam bentuk Edisi Braille dan Buku Suara.
  4. Peluncuran film dokumenter bertajuk “Museum untuk Semua” yang menggambarkan empat dekade perjalanan Museum KAA dalam melestarikan nilai-nilai Konferensi Asia-Afrika.
  5. Lomba edukasi sejarah Bandung Historical Study Games (BHSG) secara daring, dimana pada tahun-tahun sebelumnya menyedot perhatian remaja.
  6. Lomba Story Telling Anak bertema “Indonesiaku Pahlawan Dunia” yang dilakukan secara daring.
  7. “Seribu Masker untuk Bandung”, yaitu menyerahkan 1000 masker kain berlogo Peringatan 66 Tahun KAA dan Museum KAA untuk masyarakat melalui Pemerintah Kota Bandung.
  8. Webinar bertema “Kemanusiaan dan Solidaritas Internasional untuk Kesehatan Dunia” yang akan membahas pentingnya solidaritas dalam upaya bersama menghadapi pandemi global.

​Untuk informasi lengkap beragam program tersebut, silahkan mengunjungi website www.asianafricanmuseum.org atau media sosial Twitter/Facebook/Instagram @Asiafricamuseum.


Disampaikan Juga oleh Kepala Museum KAA, Dahlia Kusuma Dewi dalam acara Media Engagement MKAA Menyapa pada Jumat, 5/3/2021, Pkl. 15.00WIB di Museum KAA di bilangan Asia Afrika Bandung. Bahwa media berperan penting dalam mendukung upaya Museum KAA mempromosikan sejarah dan Nilai-nilai Semangat Bandung kepada masyarakat. Dukungan media itu telah menempatkan Museum KAA sebagai tempat belajar sejarah diplomasi Indonesia yang representatif, khususnya hal yang berkaitan dengan peristiwa Konferensi Asia-Afrika.Demikian artikel tentang Peringatan Konferensi Asia Afrika 18 April 2021, semoga bermanfaat.

Source:

  • http://asianafricanmuseum.org
  • https://humas.bandung.go.id/agenda/agenda-peringatan-konferensi-asia-afrika
  • https://kemlu.go.id/portal/id/read/2378/berita/mengawali-rangkaian-peringatan-kaa-museum-kaa-kibarkan-bendera-negara-asia-afrika-dan-pbb-selama-april-2021

Read previous post:
game terbaru
Kode Redeem Mobile Legends (ML) 18 April 2021 Terupdate

Close