Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Pemkot Bandung Akan Luncurkan Zona Kuliner Halal, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melanjutkan inisiasi zona kuliner halal bersama Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk menambah rasa nyaman dan aman terutama bagi para wisatawan.

Melalui program ini, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap perekonomian dan pariwisata Kota Bandung akan semakin pulih dengan cepat.

Baca Yuk :

Pemkot Bandung Akan Luncurkan Zona Kuliner Halal

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, inisiasi pembentukan wisata halal sejatinya bukan hal baru, mengingat ini telah diwacanakan beberapa tahun sebelumnya.

Untuk suksesi gagasan ini, pemkot akan menggandeng PKL binaan di dua lokasi tersebut. Mereka pun nantinya akan diberi pelatihan dengan tagline Juleha atau juru sembelih hewan halal.

Destinasi kuliner yang mengusung slogan Halal, Aman dan Sehat ini menurut Yana dapat menjadi batu loncatan sebelum melangkah ke program wisata halal. “Pascacovid-19 ini kita bisa memulihkan perekonomian dengan cepat. Salah satunya dengan zona halal. Bisa dimulai dari kuliner halal dulu,” ujar Yana saat ditemui di Balai Kota Bandung, Kamis (17/2/2022).

Yana menjelaskan, melalui program ini, Pedagang Kaki Lima (PKL) binaan pemerintah kota Bandung akan dilatih untuk dapat menjadi pilot project. Para PKL, kata dia, akan diarahkan untuk mengikuti pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) demi membangun kepahaman pedagang dalam memproduksi makanan halal.

Zona halal ini, kata Yana, bukan hanya proyek pemerintah Kota Bandung, melainkan nasional, sehingga nantinya diprediksikan akan ada banyak kolaborasi antara pemerintah kota dengan kementerian terkait, kata Yana.

Melalui proyek ini, dia berharap akan semakin banyak masyarakat yang merasa aman dan nyaman dalam mengonsumsi makanan yang dijajakan di zona ini, merujuk pada jaminan halal yang bukan hanya sekedar kehalalan bahan baku tapi juga proses pengolahan hingga pengemasan.

Dia berharap zona halal ini dapat segera rampung dan meramaikan kemeriahan Ramadhan, yang akan datang kurang dari dua bulan lagi.

Yana juga berharap, melalui zona halal ini, geliat perekonomian akan semakin melonjak dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan halal juga semakin meningkat.

Halal itu bukan hanya untuk muslim saja, siapapun boleh datang ke zona wisata halal ini. Kita bisa coba di beberapa titik sentra pedagang kali lima (PKL) kuliner binaan kami,” ucap Yana.

Untuk lokasi zona halal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, kawasan Tamansari tepatnya area Gelap Nyawang akan menjadi zona wisata halal yang terintegrasi.

“Gelap Nyawang jadi vocal point karena di sekitarnya banyak sekali potensi wisata yang bisa jadi jalur wisata. Selain itu, dekat juga dengan Masjid Salman ITB, dan beberapa tempat belanja lainnya. “Ucap Kenny.

Referensi:

  • https://www.detik.com
  • https://www.republika.co.id
  • https://rri.co.id
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,