7 Tips Diet Gluten Free Bagi Pemula, diet gluten free adalah pola makan di mana kamu hanya mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gluten. Adapun tujuan dari diet bebas gluten ini adalah untuk mengobati penyakit celiac, untuk orang yang mengalami sensitivitas gluten non-celiac, dan alasan kesehatan lainnya. Bagi kamu yang ingin menjalankan diet gluten free terdapat tips yang bisa kamu lakukan seperti sebagai berikut:

Tips Diet Gluten Free Bagi Pemula

  1. Pastikan Alasan Untuk Diet

Diet gluten free ini dinilai cukup berat, karena kamu perlu menghindari banyak makanan yang berasal dari tepung-tepungan. Seperti roti, biskuit, pizza, mie, dan makanan lainnya yang mengandung gluten.


Supaya kamu konsisten menjalani diet gluten free ini, pastikanlah kamu memiliki alasan yang kuat mengapa kamu memulainya. Sehingga kedepannya, kamu benar-benar memiliki tekad yang kuat untuk menjalani diet ini.

  1. Cari Tahu Makanan yang Gluten Free
Baca Juga :  9 Daftar Makanan yang Mengandung Gluten

Sebelum memulai hidup bebas gluten, kamu harus mengetahui makanan apa saja yang mengandung gluten. Kamu juga perlu untuk memastikan bahwa makanan yang kamu makan tidak diolah atau dicampur dengan biji-bijian, zat additif, atau pengawet yang mengandung gluten.

Misalnya dalam mengonsumsi daging, perhatikan saus apa yang digunakan. Karena, beberapa jenis saus yang berasal dari biji-bijian bisa mengandung gluten. Ataupun ketika kamu mengonsumsi produk susu, susu memang pada dasarnya tidak mengandung gluten. Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan bahan tambahan yang dicampur dengan susu tersebut apakah mengandung gluten atau tidak.

  1. Pilih Makanan Alternatif

Beberapa makanan yang secara alami bebas gluten adalah kacang-kacangan alami (belum diproses), telur segar, daging segar, sayur dan buah, serta sebagian besar produk susu.

 

Namun, jika kamu ingin tetap mengonsumsi cake, kue-kue, roti, mi, atau pasta. Kamu bisa mengganti tepung terigu dengan tepung jagung, tepung beras, atau tepung tapioka.

  1. Memerhatikan Label Makanan
Baca Juga :  Daftar Universitas dengan Website dan Medsos Terbaik

Bacalah dan pastikan komposisi produk sebelum kamu membelinya, supaya makanan yang kamu beli adalah produk yang bebas dari gluten.

  1. Memerhatikan Kandungan Gizi

Dilansir dari Harvard Health Publishing, walaupun telah banyak makanan yang di produksi bebas dari bahan gluten, tetap saja banyak ditemui jenis makanan ini tidak mengandung vitamin.

Hal ini bisa menjadi masalah bagi siapa saja, terutama bagi para wanita hamil atau yang akan hamil. Karena, ibu hamil membutuhkan vitamin B9, atau yang lebih dikenal dengan folic acid untuk menghindari cacat lahir.

Mengonsumsi suplemen multivitamin-multimineral bebas gluten adalah ide bagus bagi siapa pun yang mencoba menghindari gluten.Selain itu, kamu juga bisa memenuhi asupan gizi lainnya dari makanan lain seperti buah ataupun sayuran.

  1. Mengonsumsi Makanan Bahan Tunggal
Baca Juga :  KODE REDEEM Free Fire FF 9 Mei 2022 Terbaru Terlengkap

Cara termudah untuk menghindari gluten adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung bahan tunggal. Makanan bahan tunggal adalah makanan yang belum dicampur dengan bahan lainnya. Karena, seringkali makanan yang pada dasarnya tidak mengandung gluten akan mengandung gluten ketika melalui campuran atau suatu proses.

  1. Mengolah Makanan Sendiri

Tips diet gluten free yang selanjutnya adalah mebuat olahan sendiri. Dengan ini kamu bisa lebih yakin bahwa apa yang kamu makan bebas dari kontaminasi gluten. Karena seringkali ketika kamu membeli makanan misalnya dari restoran, makanan tersebut bisa terkontaminasi gluten entah dari bekas minyak penggorengan yang dipakai untuk berbagai makanan, bumbu, saus, dan lain sebagainya.

7 Tips Diet Gluten Free Bagi Pemula

(hellosehat.com, orami.co.id, foto ilustrasi: Jamie Matoci├▒os on Unsplash)


Live Streaming