Pabrik Rendang Dibangun di Bulgaria, Produksi Capai 600 Ton Per Bulan, melalui kedutaan besar (kedubes) indonesia untuk bulgaria, mereka akan membangun pabrik rendang untuk negara yang ibu kotanya sofia. tidak sendiri, kedubes indonesia nantinya akan bekerja sama dengan bella ltd.

Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Iwan Bogananta mengatakan, Indonesia telah meneken perjanjian investasi dengan Bella Ltd, perusahaan asal Bulgaria, untuk membuat makanan khas asal Sumatera Barat, rendang. Adapun nilai investasi tersebut sebesar 3 juta dollar AS atau setara Rp 43 miliar lebih.


Pabrik Rendang Dibangun di Bulgaria, Produksi Capai 600 Ton Per Bulan

Rendang merupakan masakan yang terbuat dari olahan daging, dimasak dengan bumbu rempah yang berasal dari Minangkabau.

Investasi usaha kuliner ini terwujud setelah Kedutaan Besar Indonesia di Bulgaria menggandeng pakar kuliner William Wongso.

“Bulgaria akan kami dijadikan hub atau penghubung untuk pasar rendang ke Eropa, khususnya negara-negara Balkan,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (4/2/2022).

Pada 3 Februari 2022, rencana investasi itu kian konkret dengan kunjungan Iwan Bogananta ke Botevgrad, kota di bagian barat Bulgaria. Di kota tersebut bakal dibangun areal pabrik rendang untuk mendekati akses pasar di antaranya Serbia, Turki, dan Yunani.

Ia menambahkan, area seluas 20.000 meter persegi tersebut merupakan pabrik yang baru dibangun khusus untuk memproduksi berbagai macam produk daging. Sekitar 5.000 meter persegi di antaranya dipersiapkan untuk produksi rendang Indonesia.

Melalui Indonesia Spice Up The World kata Jokowi, Indonesia bisa menyampaikan kelezatan dan cita rasa pangan olahan rempah-rempah Indonesia lewat peningkatan ekspor bumbu rendang, nasi goreng, sate, gado-gado dan bumbu-bumbu kuliner dari berbagai daerah yang sangat beragam dan kaya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung pembangunan pabrik rendang di Bulgaria. Dia menilai pembangunan itu bukti kesuksesan Program Spice Up The World

“Ini adalah wujud dari program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, mempercepat kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi pelaku UMKM kuliner untuk menembus pasar ekspor,” tulis Sandiaga Uno pada akun Instagramnya, Jumat (11/2/2022).

Sandiaga menyampaikan, kolaborasi KBRI Indonesia-Bulgaria ini menggandeng perusahaan terkemuka, Bella Ltd. Nantinya Bulgaria akan menjadi hub yang akan memproduksi daging rendang untuk pasar Eropa dan Timur Tengah.

Pabrik rendang akan dibangun dalam radius lebih dari 60 kilometer dari Sofia, Ibu Kota Bulgaria. Pabrik akan dibangun di kota sebelah Barat Bulgaria, Botevgrad.

Pabrik rendang akan dibangun di atas lahan seluas 20.000 meter persegi dan lima ribu meter persegi dipersiapkan untuk flow produksi Rendang Indonesia.

Referensi:

  • https://bisnis.tempo.co
  • https://money.kompas.com
  • https://rri.co.id

Tags : , , , , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming