Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Nama Resmi Ibukota Thailand Diganti Jadi Krung Thep Maha Nakhon, Pemerintah Thailand secara resmi mengumumkan perubahan nama ibu kota Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon, pada Rabu (16/2/2022).

Perubahan diajukan oleh Office of the Royal Society (ORST) dan telah disetujui oleh kabinet pada Selasa (15/2). Meski begitu, nama “Bangkok” juga masih akan tetap diakui.

Baca Yuk :

Nama Resmi Ibukota Thailand Diganti Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Menurut Bangkok Post, nama “Krung Thep Maha Nakhon” tidak akan berlaku sampai pengajuan diperiksa oleh komite yang bertugas memeriksa semua RUU.

Nama resmi Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon belum berlaku efektif. Pemberlakuan ini dilakukan setelah komite yang bertugas memeriksa rancangan Undang-Undang menyetujuinya.

Keputusan ini dibuat setelah kabinet menyetujui draf pengumuman Kantor Perdana Menteri Thailand pada Selasa (15/2). Dalam rancangan ini, ORST mengajukan pembaruan terkait nama negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota, dikutip dari Bangkok Post.

Dalam pengumuman kantor perdana menteri, komite ORST memperbarui penyebutan negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota agar sesuai dengan situasi saat ini.

Panel itu kemudian mengusulkan penyebutan tersebut ke kantor perdana menteri untuk dibuat pengumumannya.

Selain penyebutan Bangkok, ORST juga memperbarui beberapa penyebutan wilayah lain, seperti kata Rome dan Roma untuk ibu kota Italia.

Komite ini juga mengubah penyebutan ibu kota Myanmar dari Yangon ke Nay Pyi Taw, pun juga perubahan sebutan dari Kerajaan Nepal menjadi Republik Demokrasi Federal Nepal.

Nama Bangkok digunakan secara resmi sejak November 2001 usai diumumkan ORST. Kata itu berasal dari daerah lama Bangkok, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai. Secara historis, nama tersebut sudah sering digunakan.

Nama Thailand “Krung Thep Maha Nakhon” hanya akan digunakan sebagai nama resminya. Sementara nama Bangkok masih akan dikenali dalam tanda kurung.

Referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com
  • https://news.detik.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,