Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Ide kreatif, Eco Lindi Penetral Bau Sampah Buatan Mahasiswa UGM, Mahasiswi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menginovasikan Eco Lindi.

Eco Lindi adalah sebuah teknik untuk menetralkan bau sampah yang menyengat. Selain bisa digunakan untuk menghilangkan bau, tangki septik tidak cepat penuh.

Baca Yuk :

Ide kreatif, Eco Lindi Penetral Bau Sampah Buatan Mahasiswa UGM

Mahasiswi Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Bernama Rania Naura berhasil menemukan Eco Lindi.

Rania menggunakan bahan sederhana untuk menetralkan bau, di antaranya sisa air tebu, katalis penghasil enzim, dan asam sulfat.

Cairan Eco Lindi bisa dimanfaatkan secara mudah dengan dicampurkan air. Komposisinya satu liter air dicampur dengan 50 milliliter Eco Lindi. Setelah dicampur, cukup disemprotkan ke titik-titik tempat bau.

Inovasi ini, telah diuji dan dimanfaatkan pada truk pengangkut sampah milik dinas lingkungan hidup dan kebersihan pemkab Sidoarjo.

Hasil karya Rania mendapatkan apresiasi dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Rania memperoleh penghargaan Trash Control Heroes.

Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan, Eco Lindi merupakan temuan besar dalam bidang lingkungan, yang mampu menjadi solusi permasalahan sampah yang identik dengan bau tidak sedap.

Sebelumnya, Amig mengaku sering mendengar keluhan warga yang tinggal di sekitar TPA dan TPS, tentang bau sampah yang menyengat. Bahkan petambak di sekitar tempat tersebut juga mengeluh ikan mereka banyak yang mati.

“Dengan eco lindi masalah tersebut teratasi. Warga tidak lagi mengeluhkan bau. Sedangkan ikan di lingkungan TPA tidak terpengaruh,” jelasnya.

Amig  juga menambahkan, eco lindi telah diuji coba untuk mengatasi masalah bau menyengat di pasar dan peternakan di antaranya, peternak kelinci, ayam, bebek, serta sapi. Cairan eco lindi terbukti aman untuk hewan ternak.

Referensi:

  • ac.id
  • https://www.medcom.id
  • https://www.ngopibareng.id
  • detik.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , ,