Mencari Lokasi Sekolah Terdekat PPDB Jabar 2020. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) siap digelar. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pendaftaran diyakini lebih mudah karena dilakukan sepenuhnya dalam jaringan (online) serta dibuka dalam dua tahap, yakni pada 8-12 Juni dan 25 Juni hingga 1 Juli 2020.

Mencari Lokasi Sekolah Terdekat PPDB Jabar 2020

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika menjelaskan, berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB pada SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 di Provinsi Jawa Barat.



Penerimaan SMA

PPDB jenjang SMA terbagi menjadi empat jalur, yakni jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi. Tiap jalur pendaftaran memiliki persentase kuota yang berbeda. Untuk SMA, jalur zonasi minimal 50 persen, afirmasi minimal 20 persen, perpindahan maksimal 5 persen, dan prestasi sisa kuota (maksimal 25 persen).

Penerimaan SMK

Sedangkan PPDB di SMK terbagi tiga jalur. Yakni, jalur afirmasi, perpindahan orang tua, jalur prestasi rapor umum, jalur prestasi rapor unggulan/kelas industri, dan prestasi kejuaraan. Untuk PPDB SMK tidak menerapkan sistem zonasi. Adapun persentase kuota penerimaan SMK, yaitu untuk jalur afirmasi 20 persen, perpindahan orang tua 5 persen, prestasi rapor umum 40 persen, prestasi rapor unggulan/kelas industri 30 persen, dan prestasi kejuaraan 5 persen.



PPDB SLB Tidak Menerapkan Jalur Pendaftaran

Untuk PPDB SLB, Kadisdik menyatakan tidak menerapkan jalur pendaftaran. Pendaftaraan dilakukan secara daring atau online, kecuali untuk SLB. Pendaftaran SLB dilakukan secara luring (offline). Bagi calon peserta didik yang terkendala akses internet, dapat meminta bantuan sekolah asal.

Ayo buka e-Lok dulu! Untuk Mencari Lokasi Sekolah Terdekat

e-Lok (LOKASI·SEKOLAH·JUARA), memberikan Informasi Sekolah kepada masyarakat Jawa Barat meliputi sarana dan prasarana, pembelajaran (jumlah guru dan siswa) serta capain nilai Ujian Nasional, tanpa terhalang faktor jarak dan waktu. Dengan fasilitas Simulasi PPDB masyarakat dapat memprediksi daya tampung sekolah tujuan dan seberapa besar kemungkinan dapat diterima disekolah tersebut berdasarkan jumlah Calon Lulusan jenjang SMP dan SMA/SMK pada radius yang telah ditentukan.



Aplikasi e-Lok (LOKASI·SEKOLAH·JUARA) dapat diakses melalui alamat http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/elok/.

Bagi SMA, SMK dan SLB, mari update profile sekolah untuk memberikan informasi terkini, akurat dan info menarik lainnya melalui http://dapodik.disdik.jabarprov.go.id/updateprofil/. Bantuan lebih lanjut silahkan menghubungi Fasilitastor Dapodik di Kabupaten / Kota masing-masing.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Ide Segar untuk Calon Lulusan Sekolah Pariwisata
Ide Segar untuk Calon Lulusan Sekolah Pariwisata

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020
Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020

Daftar Politeknik SBMPN 2020
Daftar Politeknik SBMPN 2020

Close