4 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia. Banyak yang bilang bahwa memilih jurusan yang langka membuka peluang karir yang bagus di masa depan. Jawabannya, tentu saja. Di bawah ini, PhiRadio sudah merangkum jurusan kuliah yang langka yang ada di Indonesia. Yuk, kita simak sama-sama!



4 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

  1. Sastra Rusia

Sudah berabad-abad sastra asal Rusia sangat diperhitungkan di dunia literasi. Saat kamu masuk jurusan ini, lingkupnya lebih luas dari belajar bahasa. Misal tentang kondisi politik, sosiologi, psikologi, serta ekonomi lewat karya sastra. Selepas lulus, bisa bekerja sebagai PNS, penerjemah dokumen-lisan, kerja di kementerian luar negeri, dan lain-lain. Hanya ada 2 universitas yang menyediakan jurusan ini, yaitu UI dan Unpad.

  1. Oseanografi

Berdasarkan asal bahasanya, oseanografi adalah ilmu yang khusus mempelajari tentang kelautan. Konsentrasi belajarnya meliputi oseanografi kimia, fisis, biologi, serta geologi. Kemudian masing-masing konsentrasi dibagi menjadi beberapa materi. Kalau lulus, kesempatan kerjanya adalah jadi drilling engineer, production engineer, dan lain-lain.



Selain itu, kesempatan kerja seperti marine seismic navigator, metocean engineer, serta surveyor juga terbuka lebar-lebar. Bahkan berkesempatan turut dalam pembangunan dalam lembaga pemerintahan. Jurusan ini hanya ada di ITB dan Undip.

  1. Teknik Nuklir

Khusus untuk jurusan teknik nuklir, hanya ada di UGM. Jurusan teknik nuklir memiliki cakupan belajar tentang aplikasi radiasi, keselamatan nuklir, fisi nuklir, dan lainnya. Meskipun langka, lulusan dari jurusan ini akan memiliki kesempatan untuk mendapat gaji sampai Rp400 juta per tahun. Misalnya dengan bekerja di Pertamina, Batantek, PLTN, BATN, BPPT, PLN, dan lainnya.



  1. Astronomi

Suka meneliti tentang ruang antariksa? Kalau ya, langsung saja mendaftar jurusan astronomi di ITB. Jurusan ini juga menyediakan jenjang pendidikan mulai dari S1 sampai dengan S3. Prospek kerjanya juga sangat cerah. Nantinya kamu bisa bekerja di BPPT, LAPAN, NASA, dan lainnya. Ringkasnya, nanti kamu akan belajar tentang kosmonologi, fisika bintang, dan tata surya.

Itulah 4 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia. Adakah yang Sobat Phi minati?



Chat Bersama Kami
Read previous post:
Mencari-Lokasi-Sekolah-Terdekat-PPDB-Jabar-2020
Mencari Lokasi Sekolah Terdekat PPDB Jabar 2020

Ide Segar untuk Calon Lulusan Sekolah Pariwisata
Ide Segar untuk Calon Lulusan Sekolah Pariwisata

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020
Memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2020

Close