Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Hal 16 Tumbuhan Yang Berkembangbiak Secara Generatif. KUNCI JAWABAN BUKU TEMATIK KELAS 6 TEMA 1 Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku TUMBUHAN YANG BERKEMBANGBIAK SECARA GENERATIF (HALAMAN 16).

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 1 Hal 16 Tumbuhan Yang Berkembangbiak Secara Generatif

Perhatikan lingkungan rumahmu. Adakah tanaman yang berkembang biak secara generatif? Diskusikan dengan orang tuamu dan sampaikan hasilnya kepada guru dan temanmu.



Tumbuhan Yang Berkembangbiak Secara Generatif

Tumbuhan yang berkembang biak secara generatif memiliki organ perkembangbiakan dalam bentuk bunga, yang didalamnya terdapat alat-alat kelamin jantan yang disebut anther yang menghasilkan serbuk sari sebagai sel kelamin jantan dan putik sebagai organ kelamin betina yang menghasilkan sel telur.

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina atau sel telur. Hasil dari pembuhan adalah zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi lembaga, bakal biji berkembang menjadi biji dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon tumbuhan baru.



Contoh tumbuhan yang berkembang biak secara generatif yaitu:

  1. Mangga
  2. Jambu Monyet
  3. Pepaya
  4. Jeruk
  5. Padi
  6. Jagung
  7. Jambu Biji
  8. Bunga matahari
  9. Kedelai
  10. Kacang hijau
  11. Kacang tanah
  12. Kacang panjang
  13. Kangkung
  14. Kelapa
  15. Kopi
  16. Durian
  17. Sawi
  18. Cabe
  19. Tomat
  20. Terong
Read previous post:
Apa Itu Parosmia ?
Apa Itu Parosmia ?

Close