Apa keuntungan belajar sendiri saat karantina di rumah? Belajar di rumah biasanya dilakukan setelah aktivitas di sekolah selesai. Tapi kali ini tidak begitu. Sobat Phi harus belajar di rumah seharian, bahkan hinggi minggu-minggu mendatang. Nggak usah bete, ada banyak keuntungan kalau kamu belajar di rumah. Seperti yang sudah Phi Radio rangkum di bawah ini.

Keuntungan Belajar Sendiri saat Karantina di Rumah

  1. Fleksibel

Mau di kamar, ruang tengah, ruang tamu, taman belakang, kamu bebas menentukan di manapun kamu akan belajar. Jam belajar juga fleksibel, kamu bisa tentukan sendiri. Kapan belajar dimulai, kapan berakhir, semuanya kamu yang tentukan.



  1. Melatih Kecerdasan Diri

Belajar sendiri itu ternyata bisa melatih kecerdasan Sobat Phi dalam hal kemampuan pemecahan masalah. Kalau sendirian, kamu dihadapkan dengan berbagai tantangan di dalam rumah. Misalnya, binatang peliharaan, adik yang selalu mengajak bermain, acara televisi favorit, dan lain-lain. Di sinilah Sobat Phi dilatih untuk menaklukan semua rintangan tersebut agar bisa belajar dengan baik.

  1. Melatih Fokus

Karena sendirian, Sobat Phi jadi bebas mempelajari satu mata pelajaran dengan fokus. Namun lingkungan sekitar harus mendukung, ya. Jangan sampai ada distraksi. Kamu jadi bisa fokus pada bab tertentu, dan bisa melewati bab yang kamu inginkan. Sehingga tidak perlu buang-buang banyak waktu.

Keuntungan Belajar Sendiri saat Karantina di Rumah

Nah tetapi, belajar sendiri juga ada beberapa kekurangan. Seperti tidak ada proses pertukaran ide, dan performa belajar teman yang bisa jadi acuan. Tapi hal ini bisa dilakukan secara online, jika kamu mau.

Jangan lupa distraksi lingkungan sekitar. Misalnya saat belajar tiba-tiba diminta bantu orangtua untuk angkat jemuran. Sah-sah saja, asalkan selesai bantu orangtua, dilanjutkan belajarnya.

Bisa, kan, Sobat Phi?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
un-2020-resmi-dibatalkan
Covid-19 Merebak, UN Resmi Ditiadakan

Ujian-Nasional-Tahun-2020-Di-Batalkan
Ujian Nasional Tahun 2020 Di Batalkan

resmi-UTBK-SBMPTN-2020-Ditunda
Benarkah UTBK SBMPTN 2020 Ditunda?

Close