Keren, Harga Moge BMW M 1000 RR Tembus Rp 1,6 Miliar, Siap Meluncur di Indonesia, Dikutip dari keterangan BMW Motorrad Indonesia, dalam pengembangannya, seri M fokus pada performa, sehingga menyerupai model spesifikasi balap. Model M RR atau M 1000 RR diklaim memiliki tenaga dan torsi puncak yang lebih besar dibandingkan model S 1000 RR pendahulunya.

Superbike ini dibekali mesin berbasis versi RR, yakni 4 silinder segaris berpendingin cairan dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam. Bobot kotor pun hanya 192 kg.


Keren, Harga Moge BMW M 1000 RR Tembus Rp 1,6 Miliar, Siap Meluncur di Indonesia

BMW M atau BMW Motorsport, divisi khusus dari BMW yang fokus untuk meracik kendaraan high performance kini telah merambah kendaraan roda dua. Hal itu diwujudkan lewat produk BMW M 1000 RR.

Owner BMW Motorrad Indonesia, Joe Frans mengatakan, kini pecinta motor sport Indonesia telah bisa menikmati motor spesial tersebut.

“Ini adalah motor spesial karena jadi motor M Series pertama dari BMW. Jadi motor ini akan jadi incaran para kolektor,” kata Joe Frans dalam peluncuran BMW M 1000 RR di Jakarta, Rabu (16/2).

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Untuk menonjolkan identitasnya sebagai motor high performace, motor ini dikembangkan lewat ajang World Superbike (WSBK). Oleh karena itu, lanjut dia, M 1000 RR disebut sebagai motor yang dilahirkan di race track.

Motor ini dibekali dengan mesin 999 cc yang mampu menyajikan output sebesar 212 daya kuda dan torsi 113 Nm. Performanya pun ditunjang oleh winglet dan sejumlah material karbon sehingga membuat motor ini mampu berakselerasi dengan cepat dan stabil hingga kecepatan 306 kilometer/jam.

Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia, Sukimin Thio mengatakan, BMW M 1000 RR dipasarkan dengan harga Rp 1,6 miliar off the road.

“Saat ini kami baru impor satu unit saja sehingga ini merupakan unit pertama dan satu-satunya di Indonesia,” kata Thio.

Sebagai sebuah motor spesial, unit ini pun telah laku terjual. Melihat animo yang tinggi, maka BMW Motorrad pun kembali akan menjembatani konsumen yang menginginkan produk tersebut.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

“Untuk proses pembelian perlu inden sekitar 4 hingga 6 bulan,” ujarnya. Ia meyakini produk ini akan jadi incaran pecinta motor sport yang ikonik dan siap untuk diajak menikmati track day.

BMW Motorrad Indonesia resmi meluncurkan M 1000 RR di Indonesia. BMW M 1000 RR dibanderol dengan angka yang fantastis, yakni mencapai Rp 1,6 miliar off the road.Secara tampilan, M 1000 RR mengadopsi motor superbike, dengan spesifikasi mesin serupa untuk unit yang digunakan pada ajang WorldSBK juga BSB. Imbuhan material karbon yang disematkan di beberapa part dan dipasangnya sayap (winglet) di area depan, bikin aura balap di motor ini makin terasa.

Menariknya, dengan bobot yang ringan, BMW M 1000 RR diklaim memiliki output tenaga mencapai 212 dk pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 11.000 rpm.

“Secara teknis, mesin M 1000 RR memiliki optimisasi teknis yang ekstensif seperti piston 2-ring terbaru lansiran Mahle, ruang bakar yang disesuaikan, kompresi ditingkatkan menjadi 13,5 dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan”.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal PAS UAS PKN Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Tahun 2022

Keren, Harga Moge BMW M 1000 RR Tembus Rp 1,6 Miliar, Siap Meluncur di Indonesia

Selain itu, disematkan rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Secara keseluruhan, mesin M 1000 RR baru diklaim lebih bertenaga dibandingkan power train RR di rentang 6.000 rpm – 15.100 rpm. Rentang putaran mesin tersebut sangat relevan untuk dinamika berkendara di trek balap, namun tetap layak digunakan di area perkotaan, tanpa kehilangan sisi sporty-nya.

BMW M 1000 RR meluncur di Indonesia

BMW M 1000 RR meluncur di Indonesia Foto: Dok. BMW Motorrad Indonesia
Keren, Harga Moge BMW M 1000 RR Tembus Rp 1,6 Miliar, Siap Meluncur di Indonesia
Sumber : detik.com, https://republika.co.id

Tags : ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming