Inspirasi Mengajar di Kala Pandemi. Mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19), Kemendikbud mengimbau setiap institusi pendidikan di Indonesia untuk mengarahkan peserta didik belajar dari rumah. Proses KBM dilakukan secara daring maupun luring. Namun, tak ayal ini membuat pengajar dan murid merasa jenuh. Sehingga merupakan tantangan sendiri bagi guru agar anak-anak didik tidak bosan saat belajar dari rumah.


Inspirasi Mengajar di Kala Pandemi

Berikut ini PhiRadio merangkum beberapa contoh kreativitas mengajar para guru di tengah pandemi covid-19. Simak baik-baik, ya!

  1. PR Membuat Infografis

Saat ini, sekolah harus menerapkan sejumlah treatment yang tidak terbatas pada materi mendengarkan dan mencatat semata. Guru bisa memberikan PR yang variatif. Misalnya membuat semacam infografis mengenai kondisi wabah covid-19 di Indonesia. Kemudian membuat tentang apa yang harus dilakukan supaya tidak terpapar virus covid-19.

  1. Memanfaatkan Bahan Daur Ulang




Cara lainnya, guru bisa meminta peserta didik untuk membuat peta dari bahan-bahan daur ulang, seperti kardus atau kertas yang sudah tidak terpakai. Kemudian, hasil tugas tersebut dilaporkan lewat video atau foto untuk diketahui oleh para guru. Jenis peta bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan mata pelajaran dan keterkaitannya dengan kondisi saat ini.

  1. Membuat Video

Jika mata pelajaran membutuhkan presentasi yang lebih menarik, guru bisa meminta murid untuk membuat video. Misalnya dalam mata pelajaran seni budaya, ada seni tari. Nah, murid diminta membuat video saat mereka menari, bisa juga menggunakan pakaian adat yang mereka miliki. Dengan begini pelajaran tetap didapat dan belajar menjadi lebih fun.

  1. Bekerjasama dengan Radio

Bagi daerah yang belum terjangkau internet atau keterbatasan fasilitas teknologi, guru bisa bekerjasama dengan radio untuk memberikan materi pelajaran. Radio bisa digunakan sebagai media menyampaikan materi kepada murid karena bisa menjangkau semua daerah. Selama program di radio berlangsung, para guru bisa bergantian mengajar memberikan materi yang mereka kuasai dan tidak harus mengejar target kurikulum. Selain menjangkau semua daerah tanpa internet, upaya ini juga bisa menghemat pengeluaran orang tua.


Kreativitas Guru Benar-benar Diuji

Terkait program belajar dari rumah, Kemendikbud juga sedang menyiapkan skenario bila wabah covid-19 masih belum reda hingga akhir tahun 2020. Jika kegiatan belajar mengajar di rumah diperpanjang hingga akhir tahun, maka harus ada penyesuaian kembali terkait tahun ajaran baru. Oleh sebab itu, mari kita doakan bersama agar wabah covid-19 ini segera berakhir. Agar kita bisa bertatap muka kembali dengan teman-teman dan guru di sekolah.

Inspirasi Mengajar di Kala Pandemi

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Inilah Fakta Mengenai Komet Neowise
Inilah Fakta Mengenai Komet Neowise

Begini Tata Cara Kurban di Tengah Pandemi
Begini Tata Cara Kurban di Tengah Pandemi

SEAQIS UNDECAFIESTA 11 Th Anniversary Contest
SEAQIS UNDECAFIESTA 11 Th Anniversary Contest

Close