5 Fakta Penting Mengenai Hagia Sophia. Bangunan Bersejarah yang Kerap Jadi Rebutan. Baru-baru ini Turki menganulir dekrit pemerintahan pada 1935 dan kini bangunan kuno bersejarah Hagia Sophia berfungsi sebagai masjid. Ini artinya, Hagia Sophia menjadi masjid lagi, setelah 86 tahun. Sebetulnya apa sih yang mendasari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengubah fungsi Hagia Sophia dan apa saja fakta-fakta lainnya? Simak rangkuman PhiRadio berikut ini, ya!


5 Fakta Penting Mengenai Hagia Sophia

  1. Tidak Terbatas untuk Muslim

Setelah keputusan ini, polisi mulai membangun penghalang di sekitar bangunan yang memicu kekhawatiran situs bersejarah tertutup selain muslim. Namun, pemerintah Turki buru-buru membantah ada pembatasan untuk non-muslim. Bangunan kuno bersejarah di dunia akan menjadi rumah utama bagi muslim, kendati seluruh kalangan tetap boleh mengunjunginya.

  1. Ditentang Secara Internasional

Tahukah Sobat Phi, keputusan ini ditentang secara internasional. Kritik bermunculan dari petinggi negara dan pemimpin agama dunia. Paus Fransiskus mengaku sangat sedih dan kecewa atas perubahan status. Dewan Gereja Dunia meminta pengembalian status museum. Yunani menilai keputusan Turki akan berimbas dalam hubungan dengan Uni Eropa. Amerika Serikat juga menyayangkan dan meminta agar Hagia Sophia tetap dapat diakses semua kalangan, mengutip Reuters.


  1. Diperebutkan Sejak Lama

Selama 15 abad terakhir, Hagia Sophia diperebutkan. Agama besar dunia, Islam, Kristen dan Katolik silih berganti menggunakan bangunan bersejarah di Istanbul ini. Dua kekaisaran besar beririsan di Hagia Sophia antara Bizantium Kristen dengan Ottoman Muslim. Bangunan yang lestari saat ini berdiri pada 27 Desember 537.

Dalam perjalanannya, terjadi perubahan penguasaan akibat perang. Gereja berpindah ke tangan Ortodoks Yunani, berlaih ke Katolik Roma, dan kembali ke Ortodoks Yunani di bawah kekaisaran Bizantium. Fungsi utama sebagai gereja katedral Kristen terbesar di dunia pada eranya. Perubahan fungsi menjadi masjid terjadi usai 916 tahun saat Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih memimpin Kekaisaran Ottoman atau Utsmani setelah menaklukkan Bizantium. Perubahan gereja jadi masjid bermula pada 1453 hingga 1931.

  1. Mosaik Ditutup dengan Bantuan Teknologi

Arsitektur asli Hagia Sophia terungkap setelah restorasi. Gambar Bunda Maria yang menggendong bayi Yesus terungkap setelah lama tertutupi cat saat fungsinya jadi masjid. Namun, setelah jadi masjid lagi, mosaik bernuansa Kristen akan ditutup dengan bantuan teknologi.

  1. Termasuk Situs Budaya Warisan Dunia

Selama menjadi museum, berbagai kalangan mempelajari peradaban bangsa-bangsa kuno dari Hagia Sophia. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Persatuan Bangsa-Bangsa (Unesco) menetapkan Hagia Sophia sebagai situs budaya warisan dunia. Para arsitek juga menyebutnya sebagai keajaiban dunia ke-8, lho, Sobat Phi.


5 Fakta Penting Mengenai Hagia Sophia

Itulah lima fakta penting mengenai Hagia Sophia. Meski keputusan perubahan fungsinya menjadi masjid masih kontroversi, bangunan ini tetap bernilai sejarah tinggi dan harus dirawat dengan baik. Setuju kan, Sobat Phi?

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Inspirasi Mengajar di Kala Pandemi
Inspirasi Mengajar di Kala Pandemi

Inilah Fakta Mengenai Komet Neowise
Inilah Fakta Mengenai Komet Neowise

Begini Tata Cara Kurban di Tengah Pandemi
Begini Tata Cara Kurban di Tengah Pandemi

Close