Ingin Kuliah Dapat Beasiswa, Cek Dulu 5 Lembaga Penyedia Beasiswa Berikut Ini!. Sobat Phi ingin lanjut kuliah ke jenjang magister, tetapi terkendala biaya? Ada baiknya kamu mulai melirik lembaga pemberi beasiswa S2 untuk membantu mewujudkan keinginan dalam melanjutkan studi. Berikut rekomendasi dari Phi Radio, dilasir dari situs Glints.

Ingin Kuliah Dapat Beasiswa, Cek Dulu 5 Lembaga Penyedia Beasiswa Berikut Ini!

  1. Dikti (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

Dikti berada di bawah Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Dikti kerap mengadakan beasiswa unggulan istimewa, yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU). Dilansir dari situs resminya, program ini merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan jumlah lulusan doktor sehingga memenuhi kualifikasi pendidikan dosen minimal S2.



Nah, sebelum mendaftar beasiswa ini, kamu harus mempelajari profil dosen calon promotor yang tersedia dan menyesuaikan tawaran penelitian dari promotor dengan bidang minat kamu.

  1. AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation)

Tertarik untuk melanjutkan kuliah S2 ke negeri Paman Sam? Jika tertarik, tampaknya lembaga pemberi beasiswa S2 yang satu ini cocok untuk kamu pelajari dengan baik. Lembaga nirlaba yang berdiri sejak 1992 ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat. Beasiswa unggulan dari lembaga ini adalah beasiswa Fulbright Master’s Degree Program untuk kamu yang ingin berkuliah S2 di Amerika Serikat.

Selain itu, Fulbright Doctoral Degree Scholarship dan Fulbright Senior Research Scholarship juga tersedia untuk jenjang yang lebih tinggi (S3) dan riset post-doctoral. Untuk informasinya lengkap, kamu bisa kunjungi situs resminya.




  1. Kedubes Jepang di Indonesia

Untuk kamu yang ingin menjadi research student di Negeri Sakura, beasiswa MEXT yang diberikan oleh pemerintah Jepang bisa menjadi salah satu alternatif untukmu. Pada saat menjalani masa research student, kamu dibolehkan melamar ke program S2 jika lulus seleksi tes ujian di perguruan tinggi yang bersangkutan. Kamu juga dapat langsung masuk ke program S2 tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan.

Beasiswa ini diberikan tanpa ikatan dinas serta mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih 143.000 Yen per bulan), dan tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Jepang.

  1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Banyak dari kamu pasti sudah tidak asing dengan nama lembaga pemberi beasiswa S2 yang satu ini. Dilansir dari Tirto, LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. LPDP memiliki program unggulan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang banyak dicari anak muda yang ingin mengejar gelar S2 di dalam maupun luar negeri.



Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan seperti pendaftaran, SPP, dan non-SPP (buku, seminar, dan lainnya). Selain itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pendukung seperti transportasi berangkat dan pulang, asuransi kesehatan dasar visa, keadaan darurat, biaya kedatangan, hingga biaya hidup bulanan.

  1. Chevening

Inggris adalah negara tuan rumah bagi berbagai perguruan tinggi ternama seperti University of Cambridge dan University of Oxford. Nah, apabila kamu ada keinginan untuk mengenyam pendidikan di sana, sebaiknya pelajari terlebih dahulu lembaga pemberi beasiswa S2 yang bernama Chevening. Yaitu beasiswa dari pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi mitra.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu harus bersaing dengan seluruh orang yang berada di dunia. Jadi, sebaiknya persiapkan segala persyaratannya dari sekarang. Lihat di situs resminya untuk mengetahui tata cara pendaftaran dan persyaratannya. Jika ingin mendapatkan informasi terbarunya, kamu bisa mengikuti akun Instagram @cheveningfcdo



Itulah lima lembaga penyedia beasiswa untuk kamu yang berkeinginan melanjutkan kuliah. Terutama di luar negeri. Sobat Phi bisa cek situs masing-masing lembaga untuk informasi lebih lanjut.

Ingin Kuliah Dapat Beasiswa, Cek Dulu 5 Lembaga Penyedia Beasiswa Berikut Ini!

//sumber: https://glints.com/id/lowongan/lembaga-pemberi-beasiswa-s2/#.YGLibUgza9t


Read previous post:
Syarat Perjalanan Transportasi Laut GeNose C19
Syarat Perjalanan Transportasi Laut GeNose C19

Close