Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban. Dijadwalkan tes UTBK 2023 gelombang pertama ini berlangsung sampai dengan 14 Mei tahun ini.

Tes UTBK 2023 akan dilangsungkan selama 14 hari dengan 28 sesi. Gelombang pertama, seleksi tes UTBK 2023 sudah dimulai pada Senin (8/5/2023). Sedangkan gelombang kedua tes UTBK 2023 akan dilanjutkan pada tanggal 22-28 Mei 2023.

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Dimana tes UTBK 2023 akan dilakukan 2 sesi setiap harinya. Untuk itu maka pahami soal UTBK 2023 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 merupakan kali pertama dilaksanakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi menggantikan SBMPTN.

Sehingga, pada jalur seleksi PTN 2023 ini, para siswa hanya akan mengikuti tes skolastik saja dan tidak lagi menguji tes kompetensi Akademik di UTBK 2023.

Para calon mahasiswa hanya mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS) seperti mulai dari literasi dalam bahasa Inggris, literasi dalam bahasa Indonesia, potensi kognitif, dan penalaran Matematika.

Selain itu, pada tes UTBK 2023 ini juga termasuk sebuah seleksi jalur masuk PTN yang sulit dan ketat. Untuk itu, para siswa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan memahami soal-soal tes UTBK 2023.

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh soal UTBK 2023

Perhatikan penjelasan berikut untuk soal nomor 1-2 (Bahasa Indonesia)

Meskipun mobil listrik tidak dapat dikatakan sebagai penemuan abad ke-21, teknologi ini baru dipopulerkan beberapa tahun terakhir.

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Mobil listrik adalah mobil dengan mesin pendorong berupa motor listrik yang energinya diambil dari baterai isi ulang.

Berita paling menonjol dalam teknologi ini diantaranya adalah usaha pembangunan tempat pengisian daya pengganti pompa bensin.

Pada dasarnya, stasiun pengisian daya dapat ditempatkan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun.

Dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal, mobil listrik lebih senyap dan tidak memiliki emisi gas buang.

Mobil listrik hemat energi dan tidak menyebabkan banyak polusi udara dan suara.

Mobil listrik ini merupakan alternatif yang baik yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan, termasuk lingkungan atmosfer yang dapat menyebabkan perubahan iklim. P

Perubahan iklim adalah masalah nyata dan tantangan terhadap pemanasan global yang merupakan persoalan sangat serius yang harus ditemukan solusinya.

Kendaraan listrik juga hadir dengan beberapa kekurangan.

Salah satunya adalah bahwa stasiun pengisian daya tidak tersedia di semua area dan bahkan mungkin sulit ditemukan.

Paket baterai di kendaraan listrik lebih mahal untuk diganti daripada yang ada di kendaraan biasa karena kapasitas dayanya harus besar.

Akibatnya, waktu pengisian baterai lama dan volume ataupun berat baterai sangat besar sehingga mobil listrik menjadi lebih berat.

Daya yang bisa disimpan baterai sampai saat ini masih terbatas yang berakibat baterai seperti tidak berguna untuk berkendara jarak jauh.

Sejumlah pemerintah di dunia telah memperkenalkan kebijakan untuk mendukung adopsi masal kendaraan listrik.

Berbagai kebijakan telah ditetapkan untuk memberikan insentif non moneter, subsidi untuk penyebaran infrastruktur pengisian daya, dan peraturan jangka panjang dengan target khusus.

Inti kebijakan tersebut adalah mendorong pengembangan dan penggunaan mobil listrik.

Kebijakan ini perlu didukung mengingat kelebihan-kelebihan mobil listrik yang telah dikemukakan di atas dan bahan bakar fosil yang akan habis dalam waktu yang tidak lama lagi.

1. Menurut bacaan, alasan utama dikembangkannya mobil listrik adalah…

A. Cadangan minyak bumi akan segera habis

B. Gas buang yang dihasilkannya ramah lingkungan

C. Rumah dapat dijadikan tempat pengisian baterai mobil

D. Mobil listrik semakin populer dalam beberapa tahun terakhir di masyarakat

E. Baterai mobil biasa mengandung logam berbahaya yang menyebabkan polusi udara

kunci jawaban : A

Pembahasan untuk soal nomor 1:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Latihan SOAL Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 10 Ulangan Ujian Semester 2 Thn 2024 Kurikulum Merdeka

Mobil biasa digerakkan oleh mesin bensin/diesel dengan bahan bakar berupa bahan bakar fosil,yaitu minyak bumi seperti bensin dan solar yang akan habis dalam waktu yang tidak lama lagi (A). Ini salah satu alasan pemerintah dari banyak negara yang mendorong dikembangkannya dan digunakannya mobil listrik sebagai pengganti mobil biasa.

2. Kekurangan dari mobil listrik, sesuai bacaan, adalah…

A. Teknologi baterai belum berkembang baik dan harganya mahal

B. Stasiun pengisian baterai tidak bisa dibangun di sembarang tempat

C. Daya baterai mobil listrik tidak sebesar daya baterai mobil biasa

D. Menyebabkan perubahan iklim yang harus ditangani secara serius

E. Waktu pengisian baterai sangat lama seperti baterai untuk mobil biasa

Kunci jawaban : A

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Pembahasan untuk soal nomor 2:

Dengan keharusan daya yang besar harga baterai mobil listrik sangat mahal dibandingkan baterai mobil biasa (A benar).

Perhatikan teks 1 dan 2 berikut ini untuk soal nomor 3-4 (Bahasa Inggris)

Text 1

In 2010, researchers estimated that 8 billion kg of plastic entered  the ocean in a single year, and that number would sharply increase by 2025. When it enters the ocean, plastic waste disrupts marine ecosystems, travels to central locations, and forms a trash island which can cover an area of more than 1.6 million square km. These plastics never degrade, but rather break up into smaller sizes. They eventually become microplastics that stay in the environment for hundreds of years.

Scientists at the University of California San Diego have invented a new biodegradable material that is designed to replace the commonly used plastics. The material started to biodegrade in seawater within four weeks. The team found that various marine organisms colonize the material and break it into nutrients for their consumption.

The research of this new plastic is joined by experts in biology, chemistry, and marine science. They have shown that it is possible to make durable plastics that also can degrade in the ocean. Plastics should not be going into the ocean in the first place. But now, if they do, this new plastic can become food for microorganisms and not harmful trash.

Text 2

Plastic is everywhere and important to the growth of many industries, such as packaging, building, and automotive. About 83.5 persen of consumer products rely on plastic in some ways. Food without plastic packaging would spoil long before it reaches consumers’ fridges. PVC pipes made of plastic are an essential building part that reduce leakage and corrosion to conserve water and energy. Plastics make cars dramatically lighter, which increases fuel efficiency.

Researchers have been working to improve the plastic recycling process since it was realized that plastic was harming the environment. Recycling plastic not only helps the environment and reduces trash, but it also creates more jobs. The recycling sector generates up to 30 times more jobs than the common disposal sector. In fact, Tellus Institute reports that over 1.5 million new jobs would be created if the national recycling rate could be increased to 75 persen .

Modern recycling techniques can transform plastic into more useful products. Some experts have seen the opportunity to make jet fuel from plastic. However, even a simple recycling strategy has commercial benefits. Over 3 million plastic bottles have already been converted into pillow fillers by IHG Hotels & Resorts. Customers are happy to sleep well and use a product that benefits the environment, according to IHG. And it is all thanks to plastic.

Baca Juga :  Kode Redeem Game Point Blank 16 Januari 2024 Update Terbaru Valid

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

3. Which of the following statements is an opinion from text 1?

A. These plastics never degrade, but rather break up into smaller sizes.

B. Recycling plastic not only helps the environment and reduces trash, but it also creates more jobs.

C. Plastics should not be going into the ocean in the first place.

D. They eventually become microplastics that stay in the environment for hundreds of  years.

E. Customers are happy to sleep well and use a product that benefits the environment.

Kunci jawaban : C

Pembahasan untuk soal nomor 3: Explanation: A,B,D and E are facts.

4. What is the relationship between Texts 1 and 2?

A. Text 1 discusses the biodegradable material used in many useful products explained in Text 2.

B. Text 1 explains how biodegradable material can help improve the plastic recycling process discussed in Text 2.

C. Both texts explain what scientists have done to provide plastics which do not harm the environment.

D. Text 2 explains how new plastic material mentioned in Text 1 is recycled to create more jobs.

E. Text 2 discusses the plastic recycling process that has been improved by the research findings explained in Text 1.

Kunci jawaban: C

Pembahasan untuk soal nomor 4:

Explanations: A,B,D and E do not contain correct information.

Perhatikan bacaan berikut ini untuk soal nomor 5 (Pemahaman Bacaan dan menulis)

(1) Limbah medis dan sampah plastik meningkat secara drastis selama pandemi Covid-19.

(2) Penggunaan masker, sarung tangan, dan alat pelindung diri (APD) sekali pakai memicu peningkatan limbah dan sampah.

(3) Berdasarkan data historis, sebanyak 75 persen masker sekali pakai dan sampah lain terkait pandemi yang akan berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

(4) Sementara itu, sebagian lainnya mencemari lingkungan, berserakan di jalan-jalan, selokan, dan sungai.

(5) Perilaku masyarakat yang tidak bertanggung jawab memicu krisis lingkungan.

(6) Program Lingkungan PBB United Nation Environment Programme (UNEP) menyebutkan bahwa limbah dan sampah ini tidak hanya memicu pada kerusakan lingkungan, tetapi juga merugikan sektor pariwisata dan perikanan dengan kerugian mencapai 40 miliar dolar.

Oleh karena itu, pemerintah ….

5. Kalimat (3) perlu disempurnakan dengan cara….

A. Mengganti kata berdasarkan dengan berdasar

B> Mengganti kata terkait dengan berkaitan

C. Menghilangkan kata yang

D. Menghilangkan kata akan

E. Menambah kata dari setelah 75 persen

Kunci jawaban: C

Pembahasan untuk soal nomor 5:

Hadirnya kata yang merusak struktur kalimat. Hubungan subjek dan predikat menjadi kacau karena hadirnya kata yang.

(Penalaran umum)

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

6. Kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap dianggap buruk bagi kesehatan karena dapat memberikan tekanan pada bagian punggung dan leher yang mengakibatkan nyeri. Selain itu, tidur tengkurap juga dapat menyebabkan kesemutan. Meskipun demikian, tidur tengkurap dapat membuka saluran pernapasan sehingga dapat mengurangi dengkuran.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?

A. Orang yang mengalami kesemutan tidur dengan posisi tengkurap.

B. Kesemutan akibat tidur tengkurap dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak.

C. Orang yang memiliki gangguan pernapasan dapat disembuhkan dengan tidur tengkurap

D. Nyeri punggung dan leher dialami oleh orang yang mendengkur.

E. Dengkuran sebagian orang yang tidur tengkurap berkurang.

Kunci jawaban: E

Pembahasan soal nomor 6:

Pada soal di atas disajikan informasi yang diperkuat dengan informasi kedua.

Adapun informasi ketiga merupakan informasi yang memperlemah atau tidak sejalan dengan informasi pertama dan kedua.

Peserta diminta untuk memilih opsi yang PASTI BENAR dan bacaan pada soal.

Opsi E merupakan kunci jawaban karena informasi pada soal menyebutkan bahwa “tidur tengkurap dapat mengurangi dengkuran”.

Baca Juga :  KODE REDEEM Free Fire 6 Januari 2024 Terbaru

Sehingga Sebagian orang (tidak semua) yang tidur tengkurap berkurang dengkurannya.

(Pengetahuan Kuantitatif)

7. Kurva y = ax⊃2; + 2x + 1 dengan a ≠ 0  memotong sumbu-x di dua titik berbeda.

Pernyataan yang benar adalah…

A. A<1>

B. 6a<1>

C. A>1

D. 3a>1

E. 3a>2

Kunci jawaban: A

Pembahasan untuk soal nomor 7:

Berikut Pembahasan lengkap untuk soal nomor 2:

Jika kurva y = ax2 + 2x + 1 dengan a tidak sama dengan 0 memotong sumbu -x di dua titik berbeda, maka 22 – 4a(1) > 0, sehingga a < 1>

8. Bilangan berikut yang habis dibagi 3, tetapi tidak habis dibagi 5 adalah ….

A. 12345

B. 13689

C. 14670

D. 15223

E. 20579

Kunci jawaban: B

Pembahasan untuk soal nomor 8:

Ciri bilangan yang habis dibagi tiga adalah jumlah angka pembentukannya merupakan kelipatan 3.

Ciri bilangan yang habis dibagi 5 adalah angka satuannya 0 atau 5.

12345: habis dibagi 3, dan habis dibagi 5 (S).

13689: habis dibagi 3, tetapi tidak habis dibagi 5 (B).

14670: habis dibagi 3, dan habis dibagi 5 (S).

15223: tidak habis dibagi 3, dan tidak habis dibagi 5 (S).

20579: tidak habis dibagi 3, dan tidak habis dibagi 5 (S).

(Penalaran Matematika)

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

9. Misalkan tali kambing pertama ditambatkan di titik A dan tali kambing kedua di titik C. Panjang tali pertama adalah t meter, dengan 6 ≤ t ≤ 9. Jika panjang tali kambing kedua adalah maksimal sehingga kedua kambing tidak bertemu, jumlah luas daerah merumput kedua kambing akan mencapai nilai minimum untuk t = ….

A. 6

B. 7

C. 7,5

D. 8,5

E. 9

Kunci jawaban:C

Pembahasan untuk soal nomor 9:

Karena AC = 15, Panjang tali kambing kedua adalah 15 – t meter.

Untuk 6 < t>

Jadi M (t) mencapai nilai minimum ketika t=15 = 7,5.

Secara geometri, mencapai nilai minimum ketika kedua kambing bertemu ditengah, yaitu jika t=7,5.

Perhatikan penjelasan berikut, untuk soal nomor 10-11 (Pengetahuan dan Pemahaman Umum)

(1)Kemajuan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. (2)Dengan berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi, misalnya melalui smartphone.

(3)Kalau dahulu kita mengenal pepatah dunia tak selebar daun kelor, sekarang pepatah itu selayaknya berganti menjadi dunia saat ini selebar daun kelor.

(4)Cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit. (5)Kita dapat menyaksikan apa yang terjadi di luar negeri dari Indonesia secara langsung.

(6)Perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradabannya disebabkan oleh kemajuan teknologi yang tidak dapat kita hindari.

(7)Kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini jangan sampai menggeser jati diri kita sebagai manusia.

(8)Oleh sebab itu, kita harus melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga, dan masyarakat luas.

10. Kalimat yang tidak logis dalam bacaan tersebut adalah..

A. Kalimat (1)

B. Kalimat (2)

C. Kalimat (5)

D. Kalimat (6)

E. Kalimat (7)

Kunci jawaban:B

Pembahasan untuk soal nomor 10:

Kalimat (2) tidak memiliki subjek

11. Kata bijaksana dalam kalimat (8) berasosiasi dengan ….

A. Berbudi

B. Bersahaja

C. Berakal

D. Berperasaan

E. Berpengetahuan

Kunci jawaban: A

Pembahasan untuk soal nomor 11:

Kata bijaksana memiliki komponen makna yang luas yang meliputi pengalaman, pengetahuan, kearifan,kepandaian, dan perasaan, yang setara dengan komponen makna dalam kata berbudi.

Contoh Soal UTBK 2023 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Sumber :

Live Streaming