Komplotan Pencuri Kabel Telkom Ditangkap. Pencuri kabel milik Telkom berhasil diringkus pihak kepolisian di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pelaku bahkan menyamar menjadi petugas kabel dari Telkom.

Komplotan Pencuri Kabel Telkom Ditangkap

Melansir dari Kompas.com, pelaku yang nekat beraksi di siang bolong di sebuah desa di Kecamatan Balapulang tersebut dalam aksinya menyamar sebagai teknisi dengan mengenakan seragam bertuliskan “Telkom“.

“Tersangka melakukan pencurian kabel sepanjang 400 meter dengan berseragam layaknya pakaian teknisi Telkom sehingga masyarakat yang melihat tidak curiga,” kata Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya dalam konferensi pers di Mapolres Tegal, Selasa (9/11/2021).

Arie menyebut keempatnya berinisial DV, RN, AS, dan AP merupakan warga satu kampung asal Desa Randegan, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Baca Juga :  Syarat Beasiswa KIP 2024 serta Manfaat Prioritas Penerima PIP

Dijelaskan Arie, aksi keempatnya terjadi siang hari pada 30 September 2021. Saat itu mereka memotong kabel udara berdiameter 40 milimeter sepanjang 400 meter dengan gunting besi.

PT Telkom selanjutnya melaporkan kejadian tersebut hingga akhirnya komplotan tersebut ditangkap.

“Kabel curian tersebut rencananya akan dijual ke seseorang di wilayah Brebes, hingga akhirnya keburu ketangkap,” kata Arie.

Bersama pelaku turut diamankan sarana kejahatan sebuah mobil pikap, gunting, gergaji besi, linggis, dan empat seragam bertuliskan “Telkom”. “Keempat tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun,” sebut Arie.

*Artikel ini telah tayang sebelumnya di Kompas

Komplotan Pencuri Kabel Telkom Ditangkap

Baca Juga :  Contoh Soal Latihan Mapel Matematika SMA/SMK Kelas 11 Semester 2 2024 Kurikulum Merdeka

Sumber: Kompas