Ini Dia Tips Interview Kerja dan Lolos Seleksi Telkom Telkom membuka lowongan kerja besar-besaran untuk lulusan S1 dan S1 bulan September ini. Nah, ini ada tips ampuh buat kalian agar bisa lolos dan diterima kerja di perusahaan plat merah tersebut.
Lowongan kerja di Telkom sendiri akan ditutup pada 30 September 2021, artinya masih ada kesempatan satu hari lagi bagi detikers memanfaatkan kesempatan ini meniti karir di BUMN. Apabila sudah mendaftar, bagaimana persiapan yang harus dilakukan pelamar?

Usai kalian mendaftarkan diri dan melengkapi semua berkas yang disyaratkan, nantinya pelamar akan mendapatkan email untuk mengikuti seleksi.

Dua Tahapan Seleksi
Berdasarkan informasi yang diterima detikINET, ada dua tahapan seleksi yang harus dilalui pelamar Telkom ini, yaitu online test dan assessment day.


Pada tahapan online test, pelamar akan mengikuti tes kemampuan dasar, tes bahasa Inggris, BUMN Value, tes wawasan kebangsaan dan tes bidang.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Halaman 210 Membandingkan Isi Teks Resensi

Sementara untuk assessment day, pelamar akan mengikuti psikotes, focus group discussion (FGD), wawancara secara daring, medical check up serta tes METTL sebagai salah satu alat ukur kesiapan talenta digital.

Dua tahapan tersebut dilakukan secara serial, artinya pelamar harus lolos tahap online test sebelum melanjutkan tahapan tes assessment day. Pelamar akan mendapatkan informasi kelulusan yang dikirimkan melalui masing-masing email untuk setiap tahapan tes.

Interview Seleksi Karyawan Baru Telkom
Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi membagikan tips jitu untuk menghadapi rangkaian tes seleksi untuk menjadi karyawan Telkom.

Afriwandi menyebut beberapa hal penting, di antaranya persiapan untuk wawancara agar pelamar tidak gugup saat berhadapan dengan pewawancara meskipun wawancara dilakukan secara daring.

“Kandidat harus percaya diri, lakukan persiapan dengan berlatih, dan yang terpenting harus jadi diri sendiri dengan memberikan yang terbaik. Harus yakin!” ujar Afriwandi.

Baca Juga :  SOAL Kunci Jawaban IPA Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Halaman 283 284 285 286 Soal Pilihan Ganda dan ESSAI

Berikut tips menghadapi seleksi rekrutmen Telkom:

– Berlatih soal, khususnya untuk Tes Kemampuan Dasar, Bahasa Inggris, maupun tes bidang
– Pelajari pengalaman dengan bertanya ke senior, teman, atau kerabat yang telah lolos di rekrutmen sebelumnya
– Bila melamar bidang digital service, maka pahami tentang digital ecosystem, digital business, digital marketing, dan hal-hal terkai lainnya
– Siapkan diri 30 menti sebelum dilakukannya wawancara
– Gunakan pakaian dan bahasa yang santun agar memberikan kesan yang baik
– Jaga kesehatan supaya tampil prima saat wawancara
– Pelajari dan pahami dengan ‘mengintip’ beragam cerita karyawan dan work life-nya Telkom di akun Instagram @livingintelkom

Afriwandi menuturkan bahwa keseluruhan tahapan tes menjadi hal yang penting bagi calon karyawan karena Telkom tidak hanya mencari calon kandidat yang siap kerja, namun juga memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai sebagai karyawan BUMN.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal PAS UAS PKN Kelas 8 SMP MTS Semester 1 Tahun 2022

“Dari seluruh tahapan tersebut, termasuk tes interview, yang terpenting adalah kandidat memiliki kesesuaian dengan core values BUMN, yakni AKHLAK,” ujarnya seperti dikutip dari siaran persnya.

AKHLAK adalah singkatan dari karakter insan BUMN yakni Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Program ini dicanangkan Menteri BUMN Erick Thohir .

Program tersebut sebagai core values BUMN diharapkan tidak hanya dipahami, tetapi juga menjadi bagian keseharian karyawan agar pekerjaan yang dilakukan memberikan manfaat tidak hanya bagi perusahaan tetapi juga untuk bangsa.

“Telkom sebagai BUMN punya misi agar bisa mencetak talenta Indonesia yang unggul dan maslahat bagi bangsa,” tambah Afriwandi.

 

Ini Dia Tips Interview Kerja dan Lolos Seleksi Telkom

Sumber: https://www.detik.com


Tags : , ,

Artikel Sebelumnya : « | Artikel Sesudahnya : »
Live Streaming