BLT Dana Desa Cair di Januari 2021. Program BLT Dana Desa Cair di Januari 2021, Cek dan Lapor jika Belum Dapat. Informasi adanya penyaluran dana ini tertuang dalam surat resmi yang dinformasikan melalui instagram resmi @kemendespdtt, 3 Januari 2021.

BLT Dana Desa Cair di Januari 2021

Dalam surat ini, Pihak Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia mengimbau seluruh kepala desa (kades) se-Indonesia untuk melaporkan penggunaan dana desa 2020.



Ada 4 poin penting dalam surat pemberitahuan tersebut salah satunya adalah dalam rangka tertib pengelolaan Dana Desa tahun anggaran 2020.

Dana Desa yang masih ada di rekening kas desa wajib digunakan untuk membiayai BLT Dana Desa (DD) dan sisanya untuk melanjutkan kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) yang telah dianggarkan pada APBDes tahun 2020.

Program ini selambatnya dilaksanakan bulan Januari 2021. Sebagaimana diberitakan, Kemendes PDTT mendorong seluruh desa untuk memperbarui data penerima BLT DD agar target penyaluran bantuan itu lebih tepat sasaran.

Dan pada 2020 sebanyak 99,95 persen dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp71,1 triliun telah tersalurkan.

“Jadi pada Januari ini saya meminta kepada seluruh desa untuk melakukan updating data penerima BLT dengan basis data kemarin,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Rabu dilansir dari Antara.

Pihak Kemensos katanya, juga mengeluarkan bansos dengan basis data yang sudah dimiliki. Dan Dana Desa juga masih digunakan sebagian untuk bantuan dana desa dengan basis data yang sudah ada, imbuh pria yang akrab disapa Gus Menteri ini.

Nominal dana minimal yang akan disalurkan untuk penyaluran BLT Dana Desa pada 2021 adalah sebesar Rp300 ribu per bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM).



Program Desa Tanggap COVID-19 dan BLT DD sukses menjaga gerak pandemi COVID-19 di desa tetap rendah, ujarnya karena itu pihaknya akan tetap melanjutkan program ini di 2021.

Jika Anda terdata sebagai penerima bantuan ini dan belum menerimanya, segera cek dan lapor ke desa di masing-masing wilayah.

BLT Dana Desa Cair di Januari 2021

Read previous post:
bantuan-langsung-tunai-blt
Cara Cek 6 Bansos Cair Januari 2021

bantuan-langsung-tunai-blt
Cara Dapat dan Cek Bansos Tunai Rp 300 Ribu

Program Insentif Kartu Prakerja
Progam Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka

Close