Cara Dapat Banpres BLT UMKM Rp. 2,4 Juta. Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta merupakan salah satu Program Ekonomi Nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi UKM (Kemenkop UKM).

Cara Dapat Banpres BLT UMKM Rp. 2,4 Juta

Kementerian Koperasi UKM akan menyalurkan kembali dana Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta tahun 2021. Pihaknya akan menambahkan penerima Banpres ini sebanyak 20 juta pelaku UMKM.



Informasi terbaru terkait penyaluran Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta bagi pelaku UMKM. Segera penuhi persyaratan agar bisa segera dirasakan manfaatnya.

Masyarakat yang berhak menerima Banpres produktif BLT UMKM Rp2,4 juta yakni para pelaku UMKM yang telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan kriteria dari Kemenkop UKM. Masing-masing pelaku UMKM yang terdaftar sebagai penerima banpres akan mendapat bantuan senilai Rp2,4 juta.

“Kita arahkan tujuan Banpres Produktif ini agar tepat sasaran dan cepat realisasinya bagi pelaku usaha mikro, khususnya yang terdampak Pandemi Covid-19,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi UKM Ahmad Zabadi.

Berikut persyaratan dari Kemenkop UKM bagi pelaku UMKM yang akan daftar Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta tahun 2021, antara lain:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Mempunyai NIK dan KTP
  3. Memiliki Usaha Mikro
  4. Bukan ASN, TNI/Polri serta pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  6. Memiliki saldo di bank penyalur (biasanya bank BRI) kurang dari Rp2 juta
  7. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Selain persyaratan yang telah disebutkan diatas, pelaku UMKM juga harus memenuhi kriteria Usaha Mikro sesuai UU No. 20 Tahun 2008, diantaranya:

  1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha; atau
  2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300 juta
  3. Selain persyaratan diatas tidak diperbolehkan mendapat Banpres Produktif untuk Usaha Mikro.

Apabila pelaku UMKM telah memenuhi persyaratan dan kriteria pelaku UMKM sesuai dengan UU No 20 Tahun 2020, pelaku UMKM melakukan pendaftaran kepada Lembaga Pengusul untuk daftar BLT UMKM Rp2,4 juta, diantaranya:

  1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM Kab/Kota
  2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  3. Kementerian/Lembaga
  4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK dan BLU yang mempunyai tugas melaksanakan dana bergulir kepada Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Setelah pelaku UMKM memberikan data melalui Lembaga Penyalur, selanjutnya data tersebut diproses dengan melalui beberapa tahapan, untuk mendapatkan Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta, sebagai berikut:

 

  1. Seluruh data pelaku UMKM yang diusulkan akan diproses verifikasi dan validasi di Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kemenkeu dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.
  2. Calon penerima yang lolos diproses sebagai nominator sebelum ditetapkan oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai penerima BLT UMKM BPUM Rp2,4 juta.
  3. Bank penyalur akan melakukan proses Know Your Customer (KYC) untuk memastikan kebenaran data.
  4. Penerima yang telah melewati seluruh proses tersebut, wajib menandatangani Surat Pertanggungjawaban Mutlak atas data yang disampaikan.



Persyaratan tersebut harus betul-betul dipenuhi oleh pelaku UMKM, karena penyaluran ini hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang sesuai dengan persyaratan.

Penyaluran Banpres Produktif BLT UMKM Rp2,4 juta ini akan dicairkan melalui Bank Himbara yakni Bank BRI, BNI, dan BNI Syariah.

Cara Dapat Banpres BLT UMKM Rp. 2,4 Juta

Sumber : https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361208029/info-terbaru-begini-cara-dapat-banpres-blt-umkm-rp24-juta-segera-penuhi-persyaratannya

Read previous post:
BLT BPJS Ketenagakerjaan Akan Dilanjut 2021, Ini Kriteria Penerimanya
BLT Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kapan Cair?

jadwal-belajar-dirumah-bersama-tvri
Jadwal Dan Materi Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Selasa 5 Januari 2021

tren-makan-sehat-2021
Tren Makan Sehat 2021 Menurut Ahli Diet

Close