Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) Azwar Anas menyampaikan bahwa pendaftaran CPNS tahun ini akan banyak dibuka untuk lulusan baru SMA Sederajat dan Perguruan Tinggi.

“Kemudian kedua kita akan lakukan rekrutmen fresh graduate, anak-anak yang baru lulus, yang selama ini belum ada rekrutmen CPNS,” ujarnya pada Minggu (31/12/2023).

Baru-baru ini pemerintah mengabarkan tentang adanya pendaftaran CPNS 2024 yang akan segera kembali dibuka pada tahun ini. Melansir dari Liputan6 Presiden Jokowi mengumumkan langsung informasi pembukaan rekrutmen CPNS 2024 pada Januari 2024.

Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate

Ia menjelaskan bahwa pemerintah mempunyai alasan tersendiri untuk membuka lowongan tersebut untuk para lulusan baru. Diketahui alasan tersebut salah satunya karena kuota lulusan baru pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun sebelumnya lebih sedikit.

Dalam rekrutmen tahun ini pihaknya menyebutkan bahwa belum ada informasi tambahan terkait kuota yang akan disiapkan pemerintah. Diketahui kuota CPNS untuk lulusan baru akan diumumkan langsung nantinya oleh Presiden Joko Widodo.

“Jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, presiden (Jokowi) akan mengumumkan,” kata Menteri Anas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan jumlah rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 pada pekan ini.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas.

“Jadi jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, Presiden akan mengumumkan,” ujar Azwar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (29/12).

Azwar menyebut Jokowi meminta agar fresh graduate diprioritaskan untuk direkrut sebagai CPNS. Ia mengatakan sejumlah PNS berstatus baru lulus kuliah itu bakal diutamakan untuk ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Namun, Azwar mengaku bakal tetap merampungkan proses rekrutmen bagi 1,6 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang telah berjalan.

“Kami akan menyelesaikan yang 1,6 juta PPPK. Ini nanti akan kami beresin. Tentu nanti skenarionya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” ujar dia lebih lanjut.

Kemudian, Azwar pun menjelaskan pemerintah juga mulai fokus untuk merekrut talenta digital terutama di daerah.

“Kita banyak talenta digital yang diperlukan di daerah. Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian,” kata dia.

Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate

Membuka Rekrutmen Calon Hakim (Cakim)

Sebelumnya Menteri Azwar Anas menyampaikan bahwa pemerintah rencananya akan membuka rekrutmen CASN atau CPNS 2024. Salah satu formasi yang akan dibuka dan dibutuhkan adalah Calon Hakim (Cakim).

“Jadi setelah beberapa waktu sudah tidak ada formasi cakim secara besar-besaran, maka ini menjadi pertimbangana dari Kementerian PANRB untuk menyediakan formasi untuk calon hakim tahun 2024. Karena kekurangannya cukup banyak,” katanya pada Jumat (15/12/2023).

Baca Juga :  Kunci Jawaban Game WoW Level 642 Terbaru

Anas menyebutkan bahwa rekrutmen calon hakim tersebut dibutuhkan untuk mengisi kebutuhan Hakim yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS). Adapun pengadaan Hakim diseleksi dari calon hakim yang berasal dari Analis Perkara Peradilan yang telah diangkat jadi PNS dari penetapan kebutuhan CPNS dan memenuhi kualifikasi sebagai Calon Hakim di lingkungan Mahkamah Agung.

Ia menuturkan bahwa pengadaan hakim dilakukan sama tahapannya seperti pengadaan CPNS pada umumnya. Mulai dari perencanaan kebutuhan hingga pengangkatannya sebagai hakim dan akan ada uji kompetensi kembali oleh MA.

“Namun untuk menjadi hakim tentu dilakukan uji kompetensi kembali oleh Mahkamah Agung,” ucapnya.

Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate

Diprioritaskan Kebutuhan ASN pada Pelayanan Dasar

Mengutip dari Liputan6 Anas menyampaikan bahwa pada rekrutmen tahun ini akan diprioritaskan pada pemenuhan kebutuhan ASN pada pelayanan dasar. Di antaranya kebutuhan ASN untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Kemudian berfokus kepada penyelesaian permasalahan tenaga non-ASN di instansi pemerintah sesuai mandat UU No. 20/2023 tentang ASN. Serta fokus untuk merekrut talenta baru atau fresh graduate melalui seleksi CPNS tersebut.

Diketahui kebijakan pada tahun ini diharapkan bisa mengurangi sedapat mungkin jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

“Rekrutmen ASN diharapkan mengutamakan talenta-talenta digital. Arah rekrutmen ASN Talenta Digital untuk berfokus pada menciptakan nilai tambah ekonomi,” ujarnya.

Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate

Manfaat Mengikuti Tes CPNS

CPNS, atau Calon Pegawai Negeri Sipil, adalah program rekrutmen pegawai untuk menjadi bagian dari birokrasi pemerintahan di Indonesia. Menjadi seorang CPNS memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Stabilitas Pekerjaan: CPNS biasanya mendapatkan pekerjaan tetap setelah melewati masa percobaan. Ini memberikan stabilitas pekerjaan jangka panjang dan keamanan finansial.
  2. Pengembangan Karir: Setelah menjadi CPNS, terdapat peluang untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan lanjutan yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Ini dapat membantu dalam pengembangan karir dan peningkatan tanggung jawab pekerjaan.
  3. Penghasilan dan Tunjangan: Gaji CPNS biasanya cukup kompetitif, dan terdapat berbagai tunjangan dan fasilitas lainnya, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan keluarga, dan lain sebagainya.
  4. Jaminan Kesejahteraan: Sebagai pegawai negeri, CPNS memiliki akses ke berbagai program jaminan sosial dan kesejahteraan, seperti asuransi kesehatan, pensiun, dan fasilitas lainnya yang dapat mendukung kesejahteraan hidup.
  5. Kontribusi untuk Masyarakat: Melalui pekerjaannya di pemerintahan, seorang CPNS dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat. Tugas dan tanggung jawabnya mungkin melibatkan penyelenggaraan pelayanan publik, pembangunan, atau bidang lain yang dapat memberikan dampak positif bagi warga negara.
  6. Kesempatan Pengabdian: Menjadi CPNS adalah kesempatan untuk berbakti kepada negara dan masyarakat. Tugas seorang CPNS seringkali berkaitan dengan pelayanan publik dan pembangunan, yang dapat memberikan rasa pengabdian dan kebanggaan.
  7. Jaringan dan Hubungan: Selama bekerja di pemerintahan, CPNS dapat membangun jaringan dan hubungan dengan berbagai pihak, termasuk rekan kerja, atasan, dan pihak eksternal. Ini dapat bermanfaat dalam pengembangan karir dan peluang lainnya.
  8. Pendidikan dan Pengembangan Diri: Banyak lembaga pemerintahan menyediakan program pendidikan dan pelatihan bagi CPNS untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Ini dapat membantu dalam pengembangan diri secara profesional.
Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 15 Januari 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Meskipun menjadi CPNS memiliki manfaat, penting untuk diingat bahwa setiap pekerjaan juga memiliki tantangan dan tanggung jawabnya sendiri. Keputusan untuk menjadi CPNS sebaiknya diambil setelah pertimbangan matang tentang tujuan karir dan kecocokan dengan nilai serta minat pribadi.

Tips Mengikuti Pendaftaran CPNS

Mendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah proses yang membutuhkan persiapan yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam proses pendaftaran CPNS:

  1. Pahami Persyaratan dan Informasi Penting:
    • Pastikan Anda memahami persyaratan umum dan khusus untuk setiap formasi CPNS yang Anda pilih.
    • Teliti informasi terkait jadwal pendaftaran, tes seleksi, dan tahapan lainnya.
  2. Pilih Formasi Sesuai Kompetensi:
    • Pilih formasi CPNS yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kompetensi Anda.
    • Pilih formasi yang sesuai dengan minat dan tujuan karir Anda.
  3. Perhatikan Waktu Pendaftaran:
    • Pastikan Anda mendaftar sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS.
    • Hindari mendaftar pada saat-saat akhir pendaftaran untuk menghindari kesalahan teknis atau kepadatan lalu lintas situs web.
  4. Persiapkan Dokumen dengan Teliti:
    • Siapkan semua dokumen yang diperlukan dengan teliti, seperti transkrip nilai, ijazah, dan dokumen pendukung lainnya.
    • Pastikan dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
  5. Perhatikan Kelengkapan Berkas:
    • Pastikan semua informasi yang dimasukkan dalam formulir pendaftaran benar dan lengkap.
    • Perhatikan setiap petunjuk yang diberikan pada formulir pendaftaran.
  6. Pelajari Materi Tes Seleksi:
    • Persiapkan diri Anda untuk menghadapi tes seleksi dengan mempelajari materi yang akan diujikan.
    • Fokus pada pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan formasi yang Anda pilih.
  7. Praktik Soal Latihan:
    • Lakukan latihan soal-soal CPNS sebelumnya untuk membiasakan diri dengan format dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul.
    • Identifikasi kelemahan Anda dan tingkatkan pemahaman di area tersebut.
  8. Pantau Informasi Terbaru:
    • Tetap pantau informasi terbaru terkait seleksi CPNS, seperti pengumuman hasil seleksi dan tahapan selanjutnya.
    • Pastikan Anda selalu memperbarui kontak yang dapat dihubungi.
  9. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik:
    • Pastikan kesehatan dan kondisi fisik Anda baik sebelum mengikuti tes fisik atau kesehatan yang mungkin diperlukan.
  10. Siapkan Mental dan Motivasi:
    • Tetap tenang dan pertahankan motivasi selama proses pendaftaran dan seleksi.
    • Ingatkan diri Anda pada tujuan karir dan kontribusi yang ingin Anda berikan.
  11. Berkomunikasi dengan Rekan Pendaftar:
    • Bergabung dengan forum atau grup diskusi untuk berbagi informasi dan pengalaman dengan rekan pendaftar lainnya.
    • Dapat memberikan dukungan dan informasi tambahan.

Semoga tips ini membantu Anda dalam persiapan dan pendaftaran CPNS. Sukses untuk perjalanan karir Anda!

Tips Mengikuti Tes CPNS

Tes CPNS melibatkan berbagai tahapan, termasuk tes tertulis, tes kompetensi, dan wawancara. Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi berbagai jenis tes CPNS:

Baca Juga :  Kapan Seleksi CPNS 2024? Apa Formasi CPNS yang Diprioritaskan ? Simak Tips Agar Lolos Seleksi

Tes Kompetensi Dasar (TKD):

  1. Pelajari Materi TKD:
    • Fokus pada materi-materi seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Logika.
    • Manfaatkan buku-buku atau sumber belajar online yang khusus membahas materi TKD CPNS.
  2. Latihan Soal TKD:
    • Lakukan latihan soal-soal TKD untuk mengasah kemampuan Anda.
    • Perhatikan pola soal, waktu yang diberikan, dan cara menjawab dengan efektif.
  3. Atur Waktu dengan Baik:
    • Bagi waktu secara proporsional untuk setiap bagian ujian TKD.
    • Hindari terlalu lama menyelesaikan satu soal, sehingga Anda memiliki waktu untuk menjawab seluruh bagian.
  4. Fokus pada Soal yang Dikuasai:
    • Jika ada bagian yang Anda kuasai dengan baik, prioritaskan untuk menjawabnya terlebih dahulu.
    • Jangan terlalu lama menyelesaikan soal yang sulit.

Tes Kompetensi Bidang (TKB):

  1. Pelajari Materi Sesuai Formasi:
    • Fokus pada materi yang sesuai dengan formasi yang Anda pilih.
    • Pelajari petunjuk dan materi yang diberikan oleh instansi terkait.
  2. Simulasikan Situasi Kerja:
    • Bayangkan diri Anda sedang bekerja dalam posisi yang Anda lamar.
    • Tentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk menyelesaikan tugas sehari-hari.
  3. Perhatikan Soal Studi Kasus:
    • Jika ada studi kasus, baca dengan seksama dan identifikasi isu-isu kunci yang perlu dipecahkan.
    • Buat rencana tindakan yang sistematis dan jelas.

Tes Kesehatan dan Fisik:

  1. Jaga Kesehatan Anda:
    • Pastikan Anda fit dan sehat saat menghadapi tes ini.
    • Istirahat yang cukup dan hindari kelelahan fisik.
  2. Persiapkan Dokumen Kesehatan:
    • Bawa dokumen kesehatan yang diperlukan seperti surat keterangan sehat dari dokter.
    • Pastikan semua persyaratan kesehatan terpenuhi.

Wawancara dan Tes Psikologi:

  1. Pahami Profil Instansi:
    • Pelajari visi, misi, dan nilai-nilai instansi yang Anda lamar.
    • Tunjukkan pengetahuan Anda tentang lingkungan kerja yang Anda tuju.
  2. Latihan Wawancara:
    • Latihan wawancara dengan teman atau mentor untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menjawab pertanyaan.
    • Tinjau pertanyaan umum yang mungkin diajukan dalam wawancara CPNS.
  3. Tunjukkan Sikap Profesional:
    • Berpakaian rapi dan tunjukkan sikap profesional sepanjang wawancara.
    • Sampaikan jawaban dengan jelas dan tegas.
  4. Berikan Contoh Nyata:
    • Saat menjawab pertanyaan, berikan contoh konkret dari pengalaman atau pencapaian Anda.
    • Hal ini dapat memperkuat kesan positif terhadap kemampuan Anda.
  5. Berlatih Tes Psikologi:
    • Beberapa instansi juga menerapkan tes psikologi. Berlatih dengan tes-tes psikologi online atau buku khusus.
    • Pertahankan kejujuran dalam menjawab.

Selalu ingat untuk memahami persyaratan dan petunjuk yang diberikan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS. Berlatih secara konsisten, memiliki sikap positif, dan menjaga kesehatan mental dan fisik dapat membantu Anda dalam menghadapi berbagai tes CPNS.

Update Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka, Diumumkan Pekan Ini dan Diutamakan Fresh Graduate

Sumber : https://www.liputan6.com/

Live Streaming