Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Update BMKB 25 Februari 2022, Gempa Sumatra Barat Magnitudo 5,2 dan 6,2 di Pasaman Barat Terjadi Dua Kali, Terasa Sampai ke Malaysia. Gempa pertama bermagnitudo 5,2 mengguncang pada pukul 08.35 WIB sedangkan gempa kedua dengan kekuatan 6,2 terjadi pukul 8.39 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan gempa yang mengguncang Sumatra Barat terjadi sebanyak dua kali, Jumat, 25 Februari 2022.

“Posisi gempa 17 km timur laut Pasaman Barat, kedalaman pusat gempa 10 km,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam Breaking News Metro TV. Menurutnya, saat ini dari model peta segmen tampak berdampak di beberapa wilayah dengan intensitas guncangan V skala MMI di Tigo Nagari dan pasaman. Kemudian IV MMI di Agam, Bukittinggi, dan Padang Panjang.

Baca Yuk :

Update BMKB 25 Februari 2022, Gempa Sumatra Barat Magnitudo 5,2 dan 6,2 di Pasaman Barat Terjadi Dua Kali, Terasa Sampai ke Malaysia

“Sementara dapat kami sampaikan demikian. Kami masih monitor dan diimbau warga agar waspada pada gempa susulan,” jelas Dwikorita.

Sedangkan intensitas guncangan III skala MMI dirasakan di Padang, Payakumbuh, AekGodag, dan Gunungsitoli.

Sebelumnya, gempa bumi bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah Sumatera Barat tepatnya 17 km timur laut Pasaman Barat pada Jumat, 25 Februari 2022, pukul 08.39 WIB.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa yang berlokasi di 0.15 derajat Lintang Utara, 99.98 derajat Bujur Timur pada kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami.

Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut, akan tetapi masyarakat diimbau untuk berhati-hati atas kemungkinan gempa susulan. Tagar ‘gempa’ bahkan menjadi trending di Twitter dengan lebih dari 41 ribu tweets.

Berbagai komentar memenuhi media sosial Twitter termasuk juga dari warga negara tetangga, Malaysia yang ikut merasakannya.

Update BMKB 25 Februari 2022, Gempa Sumatra Barat Magnitudo 5,2 dan 6,2 di Pasaman Barat Terjadi Dua Kali, Terasa Sampai ke Malaysia

“Pantes, terasa sampai ke Malaysia,” cuit akun @Sssssss74227531.

“Sampe trending, aa masih rada was-was kaget banget bunyi ama getarannya kenceng bener,” tulis akun @trfasa.

“Pekanbaru gempa? Dunia udah ga baik-baik aja,” kata akun @skyccynn.

“Guys disini gempa kenceng banget aku gemetaran gempanya di Sumbar tapi rumahku di Pekanbaru goncang kenceng banget rumahku sampe goyang banget,” ujar akun @choij8ngho.

Gempa bumi magnitudo (M) 6,2 terjadi di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Gempa tersebut dirasakan hingga ke Malaysia.

“Para petugas Pertubuhan Berita Nasional Malaysia (BERNAMA), Perpustakaan Negara dan bangunan berhampiran keluar dari premis masing-masing berikutan dipercayai berlaku gempa bumi di 76 kilometer barat laut Payakumbuh, Indonesia,” tulis akun Twitter media Malaysia, Bernama, seperti dikutip, Jumat (25/2/2022).

Gempa ini juga dirasakan kuat di Gunungsitoli dan Nias Selatan. Gempa yang dirasakan di Gunungsitoli berskala MMI II-III. Sementara di Nias Selatan dirasakan dengan skala MMI II.

Skala MMI II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala MMI III berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sumber :

  1. https://www.medcom.id
  2. https://detik.com
  3. https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com
  4. https://pikiran-rakyat.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,