Tips Penting untuk Lulusan 2020. Menjadi seorang lulusan di tahun 2020 menuntut kita untuk punya banyak akal. Wajar saja, di tengah pandemi, cukup banyak keterbatasan yang dirasakan oleh generasi ini.  Generasi-generasi sebelumnya, setelah lulus kuliah, bisa segera berjuang untuk mencari pekerjaan. Bagi angkatan 2020, kesempatannya berbeda karena semakin sedikit lowongan yang dibuka.



Tips Penting untuk Lulusan 2020

Bahkan, menurut CNN Indonesia, iklan lowongan kerja menurun hingga 70 persen. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan 2020 dalam mencari kerja. Selain lowongan kerja yang menurun, jumlah pencari kerja juga semakin bertambah. Bukan tak mungkin kamu akan bersaing dengan pelamar yang sudah memiliki pengalaman kerja. Pasalnya, pemutusan hubungan kerja (PHK) cukup masif terjadi.

Cari Tahu Apa yang Bisa Dilakukan di Sini

Nah, kali ini, Phi Radio akan memberikan tips mengenai apa saja hal yang dapat kamu lakukan agar tetap produktif meskipun terdapat beragam keterbatasan. Yuk, simak selengkapnya!

  1. Membuat Konten

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama pandemi ini adalah membuat konten. Dengan adanya pandemi ini, tentu memaksa semua orang untuk tetap di rumah saja. Salah satu cara menghilangkan penat adalah dengan mengonsumsi konten di sosial media atau platform lainnya seperti YouTube.  Nah, ini bisa menjadi kesempatanmu untuk lebih produktif. Sobat Phi bisa, lho, membuat konten-konten ringan di sosial mediamu.

Meski jauh dan di rumah saja, kamu bisa memanfaatkan berbagai hal yang kamu miliki. Tentu, kamu perlu banyak akal di masa pandemi yang penuh keterbatasan ini. Tak perlu dengan kamera mahal, kamu bisa memulai membuat konten menggunakan smartphone-mu. Tak hanya itu, kamu bahkan bisa membuat podcast jarak jauh dengan temanmu.

Mengapa ini menjadi penting di masa pandemi ini?

Membuat konten bisa menjadi daya jualmu ketika kamu melamar kerja. Apalagi, jika kamu membuat konten dengan cukup serius. Tak jarang, dengan membuat konten, kamu bisa mendapat uang tambahan, lho.

  1. Belajar Kemampuan Baru

Cukup banyak kesempatan untukmu belajar skill baru. Terdapat berbagai situs-situs yang menawarkan pelatihan bahkan sertifikasi gratis. Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk mengasah skill adalah dengan mengikuti bootcamp. Perlu diketahui, salah satu pekerjaan yang masih bisa bertahan selama masa pandemi adalah pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi. Oleh karenanya, belajar berbagai kemampuan baru khususnya di bidang teknologi dapat menjadi pertimbanganmu, lho!

  1. Berjualan

Berjualan adalah salah satu wujud banyak akal di masa pandemi yang dapat kamu lakukan. Berbagai produk jualan kreatif dapat kamu contoh dan jadikan inspirasi. Dengan berbagai keterbatasan yang telah disebutkan sebelumnya, berjualan merupakan salah satu cara agar kamu dapat melewati masa pandemi ini.  Produk jualan yang cukup populer di masa pandemi ini adalah kuliner hingga pakaian. Di luar itu, kamu bisa mencoba ide-ide lain untuk dijual, lho!

  1. Ikut Event Internasional

Meskipun pandemi dan kita dituntut untuk membatasi kegiatan, siapa sangka ternyata banyak event internasional yang dapat kamu ikuti secara online. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagus untuk mempercantik CV-mu ke depannya. Dengan mengikuti event internasional, kamu bahkan bisa menambah networking dan memperluas kesempatanmu dalam mengembangkan karier.

  1. Ikut Kompetisi

Hal lain yang dapat kamu lakukan sebagai lulusan 2020 adalah dengan mengikuti kompetisi. Berpartisipasi dalam sebuah lomba adalah kesempatan bagus yang bisa dimanfaatkan saat harus berada di rumah saja. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri karena menandakan bahwa kamu tetap memiliki kegiatan produktif dan positif di tengah pandemi.



Nah, banyak kan yang bisa kamu lakukan di masa pandemi? Memang tidak semua orang merasakan tantangan yang kamu rasakan saat ini. Tentu, caramu menghadapi masa-masa sulit ini akan menjadi cerita yang menarik nantinya.

Tips Penting untuk Lulusan 2020

*sumber: https://glints.com/id/lowongan/banyak-akal-selama-pandemi/

Chat Bersama Kami
Read previous post:
5 Kursus Online Gratis Ini Bisa Bermanfaat setelah Pandemi Usai
5 Kursus Online Gratis Ini Bisa Bermanfaat setelah Pandemi Usai

Daewoong Foundation Beri Beasiswa untuk 55 Mahasiswa
Daewoong Foundation Beri Beasiswa untuk 55 Mahasiswa

Inilah Informasi Beasiswa S3 di Singapura
Inilah Informasi Beasiswa S3 di Singapura

Close