Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Lakukan Jalan Kaki Setelah Makan. Penderita diabetes tipe 1 dan pradiabetes wajib menjaga kadar gula darah tetap normal. Sebab, lonjakan atau penurunan gula darah bisa mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Mengutip dari Eating Well, Roxana Ehsani, RD, CSSD, a ahli gizi ahli diet terdaftar di Miami dan juru bicara media nasional untuk Akademi Nutrisi dan Dietetika menjelaskan gula darah yang seimbang menjaga tingkat energi tetap terkendali dan lebih seimbang.

Jalan kaki setelah makan terbukti bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Orang-orang yang tidak menderita diabetes sebaiknya juga menjaga gula darah tetap stabil. Namun, saat Anda makan kue manis gula darah akan melonjak naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula.

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Lakukan Jalan Kaki Setelah Makan

Mengutip dari Cleveland, gula darah tinggi bisa memicu peningkatan rasa lapar, penglihatan kabur, sakit kepala, dan sering buang air kecil.

Untuk kasus yang lebih parah yakni hiperglikemia bisa memicu muntah, jantung berdetak cepat, kesulitan bernapas, dehidrasi, kebingungan, dan lainnya.

Ada banyak risiko yang muncul saat kadar gula darah tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cara untuk mengendalikan gula darah.

Menurut meta analisis Februari 2022 yang diterbitkan dalam Jurnal Sports Medicine jalan kaki sekitar dua sampai lima menit bisa menuurnkan kadar gula darah setelah makan.

Jadi selain mengonsumsi makanan bergizi, terdapat beberapa hal lain yang dapat Anda terapkan untuk memulai pola hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan rutin beraktivitas fisik seperti jalan kaki di pagi dan sore hari. Meskipun termasuk dalam olahraga ringan, manfaat jalan kaki bagi kesehatan tak boleh disepelekan begitu saja.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Matematika Kelas 8 SMP Halaman 155 Bab 5 Kurikulum Merdeka: Syarat untuk Jajargenjang

Jalan kaki dapat meningkatkan proses metabolisme serta pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan kadar lemak berlebih dan mengontrol berat badan. Mari simak manfaat jalan kaki selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Lakukan Jalan Kaki Setelah Makan

Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang sederhana dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa informasi terkait jalan kaki:

  1. Manfaat Kesehatan:
    • Kesehatan Jantung: Jalan kaki secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
    • Berat Badan: Aktivitas ini membantu membakar kalori dan dapat membantu dalam manajemen berat badan.
    • Otot dan Sendi: Jalan kaki melibatkan banyak otot tubuh, memperkuat kaki, paha, panggul, dan otot inti. Ini juga dapat membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas sendi.
    • Mental dan Emosional: Aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan mengurangi risiko depresi.
  2. Fleksibilitas dan Aksesibilitas:
    • Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang mudah diakses dan memerlukan sedikit persiapan. Anda hanya memerlukan sepatu yang nyaman dan sesuai untuk jalan kaki.
    • Ini bisa dilakukan di sekitar lingkungan tempat tinggal, di taman, atau bahkan di pusat perbelanjaan yang besar.
  3. Durasi dan Intensitas:
    • Sebuah jalan kaki ringan bisa menjadi cara yang baik untuk memulai aktivitas fisik, terutama bagi mereka yang baru memulai rutinitas kebugaran.
    • Idealnya, targetkan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik moderat setiap minggu, seperti jalan kaki cepat.
  4. Teknik Jalan Kaki yang Benar:
    • Pastikan untuk memilih sepatu yang sesuai dan memberikan dukungan yang baik.
    • Pertahankan postur tubuh yang baik, dengan kepala tegak, bahu rileks, dan langkah yang alami.
    • Mulailah dengan langkah-langkah kecil jika Anda baru memulai, dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu.
  5. Rutinitas dan Kreativitas:
    • Anda dapat membuat jalan kaki lebih menarik dengan mengganti rute atau mendengarkan musik, podcast, atau buku audio selama berjalan.
    • Berjalan dengan teman atau keluarga juga dapat membuatnya lebih menyenangkan dan menjadi motivasi tambahan.
  6. Keamanan:
    • Pilih rute yang aman dan hindari daerah yang kurang terang, terutama jika berjalan pada malam hari.
    • Gunakan pakaian yang terlihat dengan baik, terutama jika berjalan di sepanjang jalan.
Baca Juga :  Download Kalender Januari 2024 Lengkap Tanggal Merah, Weton, Hijriah Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama

Jalan kaki dapat menjadi cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sebelum memulai program kebugaran baru, konsultasikan dengan profesional kesehatan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasar.

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Lakukan Jalan Kaki Setelah Makan

Jalan kaki setelah makan menstabilkan gula darah 

Angie Asche, M.S., RD, CSSD, ahli diet terdaftar dan pemilik Eleat Sports Nutrition di Lincoln, Nebraska mengatakan berjalan kaki dan bentuk olahraga lainnya membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang membuat tubuh lebih efisien dalam mengelola gula darah.

Otot membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, hal inilah yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

American Diabetes Association menyebutkan bahwa olahraga satu kali bisa menurunkan gula darah sampai 24 jam setelah selesai, hal ini tentunya bergantung pada intensitas dan durasinya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Halaman 156 Kurikulum Merdeka: Membuat Ringkasan Cerita

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda bisa meluangkan waktu 60-90 menit untuk jalan kaki setelah makan.

Menurut penelitian tahun 2009 dalam European Journal Epidemiology, berjalan kaki yang dilakukan kurang lebih selama 30 menit dalam 5 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 19%. Persentase penurunan risiko tersebut dapat bertambah apabila Anda meningkatkan durasi serta jarak jalan kaki.

Manfaat jalan kaki di atas bisa Anda optimalkan dengan mengimbangi konsumsi makanan sehat dari paket Healthy Catering Homecare yang telah disesuaikan dengan anjuran ahli gizi. Paket tersebut telah termasuk makan siang dan malam, jasa pengiriman, serta satu kali kunjungan perawat.

Selamat Mencoba dan Hidup Sehat 🙂

Tips Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Lakukan Jalan Kaki Setelah Makan

Sumber : https://kesehatan.kontan.co.id/

Live Streaming