Phiradio Pindah Ke http://phiradio.tikomdik-disdikjabar.id

Tips Menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal, ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia.

Ginjal merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena jika ginjal mengalami kerusakan atau gangguan, organ tubuh lain akan merasakan dampaknya.

Baca Yuk :

Tips Menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki dua bagian, yaitu ginjal kiri dan kanan. Ukurannya sekitar 10-12 cm atau sebesar kepalan tangan. Organ ini mengandung kurang lebih satu juga nefron yang merupakan saringan darah berukuran sangat kecil.

Mengutip National Kidney Foundation, penyakit ginjal sering tidak terdeteksi di awal dan diketahui saat kondisi sudah sangat parah.

Kebanyakan saat itu, penderitanya sudah membutuhkan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk mendapatkan fungsinya.

Mengutip Healthline, ginjal adalah salah satu organ vital manusia yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah yang dikeluarkan melalui urin.
  • Mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh.
  • Menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.
  • Mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Fungsi Ginjal

Fungsi ginjal adalah untuk menjaga sistem ekskresi pada makhluk hidup. Fungsi utama organ tubuh ini adalah membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, segala hal yang perlu dibuang tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin.

Tak hanya itu, ginjal juga berperan menghasilkan berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Mengutip dari alodokter.com, berikut beberapa fungsi ginjal dalam tubuh manusia.

  1. Menyaring Darah
    Salah satu fungsi dari organ ginjal adalah untuk menyaring darah. Proses penyaringan akan menghasilkan zat sisa dan cairan berlebih yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Zat tersebut nantinya akan dikeluarkaan melalui urine.
  2. Menyaring serta Membuang Limbah
    Fungsi lain dari ginjal yaitu untuk menyaring dan membuang limbah. Zat limbah yang dimaksudnya yakni racun, garam berlebih, dan urea yang merupakan limbah dengan kandungan nitrogen hasil metabolisme. Urea dari dalam tubuh nantinya akan diangkut melalui darah ke ginjal lalu dibuang. Jika fungsi ginjal ini berjalan dengan lancar, maka bisa menyebabkan limbah dan racun tersebut menumpuk dalam darah. Akibatnya akan terjadi beragam masalah kesehatan.
  3. Menyeimbangkan Kadar Air dalam Tubuh
    Ginjal juga berfungsi untuk memastikan kadar air dalam tubuh tetap seimbang. Organ ini akan memberikan reaksi jika terjadi perubahan kadar air. Apabila asupan air kurang, maka ginjal akan menahan air tersebut dan tidak membuangnya terlebih dahulu.
  4. Mengatur Tekanan Darah dan Kadar Garam dalam Darah
    Fungsi ginjal lainnya yaitu membantu tubuh untuk mengatur tekanan darah dan kandungan garam dalam darah. Fungsi ini didukung oleh enzim renin yang dihasilkan oleh ginjal. Hal tersebut jugalah yang menjadikan ginjal butuh tekanan dan aliran darah yang stabil untuk menyerang darah.
  5. Mengatur Sel Darah Merah
    Ketika tubuh tidak memperoleh oksigen dalam kadar yang cukup, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin. Hormon ini berguna untuk merangsang produksi sel darah merah agar membawa oksigen lebih banyak. Ketiga jumlah oksigen sudah normal, maka produksi hormon ini akan terhenti secara otomatis.
  6. Mengatur pH dalam Darah
    Fungsi ginjal selanjutnya yaitu membantu mengatur pH atau keseimbangan asam basa dalam darah. pH yang normal sangat diperlukan agar metabolisme sel berjalan dengan baik. pH normal berada di angka 7,23-7,45.
  7. Menjaga Kadar Mineral dan Elektrolit
    Ginjal juga berfungsi untuk menjaga kadar mineral dan elekrolit dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, dan kalsium. Elektrolit ini berguna untuk mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh seperti saraf dan otot.
  8. Memproduksi Bentuk Aktif dari Vitamin D
    Fungsi ginjal yang terakhir yaitu menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D untuk kesehatan tulang dan menyeimbangkan zat kimia dalam tubuh.

Tips Menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal

Dikutip dari hellosehat.com, berikut ini adalah Tips Menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal untuk mencegah penyakit, yaitu:

  • Pola makan sehat
    Pola makan yang sehat telah terbukti memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, termasuk kesehatan ginjal.
    Anda bisa mulai dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ada beberapa jenis sayur dan buah yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal, seperti:
    1. buah ceri yang rendah kalium dapat mengendalikan keasaman di tubuh
    2. sayuran rendah kalium, seperti kol, lobak, dan terong untuk menyeimbangkan mineral kalium
    3. apel yang kaya akan antioksidan dan rendah kalium tidak memberatkan kerja ginjal
      Jika memungkinkan, usahakan menghindari makanan yang mengandung lemak dan purin, seperti jeroan. Pasalnya, makanan yang tinggi purin dapat meningkatkan kadar asam urat yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi ginjal.
  • Penuhi kebutuhan cairan
    Memenuhi kebutuhan cairan dengan air putih ternyata membantu melancarkan proses menyaring darah saat membuang limbah beracun. Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, kemampuan ginjal yang sehat untuk menyaring sekitar 150 liter darah per hari. Melalui penyaringan ini, ginjal membuang limbah (zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh) dalam darah, seperti natrium, kalium, fosfor, kalium. Air dalam tubuh akan membantu menjaga pembuluh darah terbuka, sehingga darah dapat melewati ginjal dengan lancar.
    Minum air putih yang cukup juga dapat menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Pasalnya, ginjal berperan penting dalam menjaga keseimbangan air dan mineral dalam tubuh. Keseimbangan tersebut yang membuat saraf, otot, dan jaringan berfungsi dengan normal.
  • Rutin berolahraga
    O
    lahraga teratur dapat membantu tubuh mengontrol tekanan darah, glukosa, dan kadar kolesterol. Ketiganya komponen tersebut adalah hal yang perlu dikendalikan untuk mencegah penyakit ginjal. Cobalah untuk menemukan olahraga yang membuat Anda senang sekaligus menyehatkan bagi tubuh.
  • Tidak sembarang minum obat dan vitamin
    Penggunaan obat yang terlalu sering dalam jumlah banyak dapat merusak ginjal Anda. Hal ini karena ginjal berperan dalam pembuangan sisa-sisa obat dari tubuh. Obat-obatan seperti obat NSAID dan pencahar perlu diminum seusai dengan rekomendasi dokter demi menjaga kesehatan ginjal Anda.
  • Berhenti merokok
    Bagi para perokok mungkin sudah saatnya untuk berhenti karena kandungan dalam rokok memang terbukti dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Begini, zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal.
  • Membatasi minum minuman beralkohol
    Bahaya dari alkohol memang berdampak cukup besar terhadap kesehatan. Berbagai kerusakan bisa terjadi jika Anda tidak membatasi alkohol yang masuk ke tubuh, termasuk penurunan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan efek diuretik pada alkohol bisa meningkatkan jumlah urine yang diproduksi. Akibatnya, ginjal sulit mengatur aliran urine dan cairan tubuh, termasuk mengendalikan ion natrium, kalium, dan klorida. Jika hal tersebut terjadi, tubuh mengalami ketidakseimbangan cairan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

Kerusakan pada organ ginjal memang tidak bisa dideteksi dengan mudah. Bahkan, kerusakan ginjal juga terkadang tidak memiliki gejala. Hal inilah yang membuat banyak orang lalai dan tidak memperhatikan kesehatan ginjal. Bahkan, saat seseorang dinyatakan gagal ginjal, kondisinya sudah sangat parah sehingga sulit untuk disembuhkan.

Parahnya, penyakit ginjal kronis ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Pada anak-anak, penyakit ginjal kronis bukan hanya bisa memengaruhi fisik mereka, melainkan juga sosial, emosi, termasuk prestasi belajar di sekolah. Oleh karena itu menjaga dan memelihara ginjal sangat penting untuk Kesehatan tubuh,

Tips Menjaga dan memelihara Kesehatan Ginjal

Referensi:

  • Begini cara sederhana untuk menjaha kesehatan ginjal!, halodoc.com
  • Cara Mudah Menjaga Ginjal Tetap Sehat Tanpa Minum Obat, hellosehat.com
  • 8 Cara menjaga kesehatan ginjal agar tetap berfungsi maksimal sampai usia senja, kontan.co.id
  • Fungsi dan Faktor Risiko Ginjal, p2ptm.kemkes.go.id
  • 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy,healthline.com
Baca Yuk :

Artikel Pilihan :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , ,