Greeone

Tips Cara Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22. Calon peserta Kartu Prakerja harus teliti saat melakukan cara pendaftaran Gelombang 22, agar bisa berhasil lolos seleksi dan mendapatkan insentif.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 22 sebentar lagi akan dibuka. Bagi Anda yang sudah berulangkali tak lolos seleksi pada gelombang sebelumnya, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22.

Baca Yuk :

Tips Cara Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22

Namun sebelum cek sejumlah cara agar berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22, simak terlebih dahulu persyaratan di bawah ini untuk mengikuti pendaftaran Gelombang 22.

1. Calon peserta Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan minimal usia 18 tahun.

3. Calon peserta Kartu Prakerja tidak sedang menempuh pendidikan formal.

4. Calon peserta Kartu Prakerja sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

5. Calon peserta Kartu Prakerja bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.

Pastikan semua syarat di atas terpenuhi. Bagi Anda yang belum mendaftar, disarankan daftar sekarang agar ketika Gelombang 22 dibuka Anda sudah siap untuk mengikutinya.

Untuk lebih jelasnya, klik artikel di bawah ini untuk mengetahu tata cara pendaftaran Kartu Prakerja.

Panduan Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika Kartu Prakerja Gelombang 22 sudah dibuka, Anda tinggal klik “Gabung” untuk mengikuti seleski yakni tes motivasi dan kemampuan dasar.

Lantas bagaimana cara berhasil lolos selesksi tes motivasi dan kemampuan dasar Kartu Prakerja Gelombang 22? Simak sebagai berikut:

1. Pastikan semua data yang terisi sesuai dengan KTP, unggah foto KTP dengan benar, dan cantumkan nomor telepon aktif untuk verifikasi.

2. Pastikan Anda tidak termasuk pada kategori bukan pejabat negara, pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

3. Kerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar dengan benar.

Sebelum mengikuti tes, jangan lupa untuk menyiapkan alat tulis dan kertas serta koneksi internet yang stabil agar tes berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan jangkauan dari program Kartu Prakerja kini telah mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan pelatihan.

“Kita ternyata telah mampu untuk menjangkau seluruh kabupaten/kota se-Indonesia jadi dari Sabang ke Marauke, Miangas sampai Rote ada semua,” kata Deni seperti dikutip Pikiranrakyat-depok.com dari Antara.

Bahkan, kata Denni, terdapat sembilan penerima Kartu Prakerja di wilayah yang merupakan pulau terluar paling utara Indonesia yang berdekatan dengan Filipina. Total 514 kabupaten/kota di Indonesia terdapat peserta yang mendapatkan manfaat program tersebut.

Meski demikian, Denni mengakui permasalahan jaringan internet masih menjadi kendala di beberapa daerah untuk melakukan pelatihan virtual yang ditawarkan dalam pelatihan di program tersebut.

Selain itu, terdapat pula isu bahwa tidak semua orang memiliki peralatan yang mumpuni untuk melakukan pelatihan.

Oleh karena itu, sejak awal program itu dimulai pada 2020 pihaknya telah meminta bantuan kepada Kementerian Dalam Negeri yang diwujudkan dengan pemerintah daerah memfasilitasi pendaftaran bagi peserta dan saat mengikuti pelatihan.

Tips Cara Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22

Sumber : pikiran-rakyat.com

Baca Yuk :

Streaming Now