Tips Beli Kolang-Kaling Yang Bagus, Apa Cirinya?. Penjual kolang-kaling juga mudah ditemukan selama bulan puasa. Harganya relatif naik pada awal Ramadhan. Isa, salah satu penjual kolang-kaling di Pasar Serpong, menjelaskan tiga ciri kolang-kaling yang bagus berikut ini.

Mulai dari es campur hingga kolak, kamu bisa menambahkan kolak-kaling ke dalam aneka sajian manis. Sebelum membelinya ke pasar, kamu perlu mengetahui ciri-ciri kolang-kaling yang bagus agar tidak salah memilih.

Kolang-kaling adalah jenis buah yang berasal dari pohon kelapa gading atau Arenga pinnata. Buah ini memiliki kulit keras dan berwarna coklat kehitaman, serta memiliki biji di dalamnya yang bisa dimakan. Kolang-kaling biasanya dimakan sebagai camilan atau digunakan sebagai bahan dalam pembuatan makanan atau minuman manis, seperti es campur, kolak, atau dodol. Selain itu, kolang-kaling juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, vitamin, dan mineral.

Tips Beli Kolang-Kaling Yang Bagus, Apa Cirinya?

1. Air rendamannya masih kental

Baca Juga :  Penyakit Kanker Sarkoma, Simak Gejala dan Cara Penanganannya

Kolang-kaling segar selalu dijual dalam kondisi basah. Isi buah aren ini direndam dengan cairan asli yang juga berasal dair dalam buahnya.

“Kalau air rendamannya masih kental banget, artinya bagus, tekstunya kenyal pas dimasak,” ujar Isa saat ditemui Kompas.com di Pasar Serpong, Jumat (24/3/2023).

Ia mengatakan, air kolang-kaling malahan sangat kental dan lengket ketika baru datang. Meski bagus, cairan ini harus diganti berkala agar tidak mengubah warna buahnya.

2. Warna kolang-kaling alami

Tidak selalu putih bersih, kolang-kaling yang bagus biasanya berwarna putih natural cenderung bening. “Tergantung cara masak kolang-kalingnya. Biasanya ada yang dibakar dulu, jadi buahnya berwarna kecoklatan. Kalau direbus, dia akan berwarna agak bening,” jelas Isa.

3. Aromanya segar

Ciri kolang-kaling yang bagus juga dapat dirasakan dari baunya. Jika sudah mengarah ke asam, sebaiknya jangan dibeli. Kolang-kaling yang bagus seharusnya beraroma netral dan segar. Bau asam menandakan buah ini sudah terlalu lama disimpan.

Baca Juga :  Puasa Bisa Mengurangi Penyakit Asam Lambung, Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Harga Kolang-kaling

Harga kolang-kaling bisa berbeda-beda tergantung pada tempat dan waktu pembelian, serta ketersediaan pasokan di daerah tersebut. Di Indonesia, harga kolang-kaling biasanya berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per kilogram, tergantung pada kondisi dan kualitas buah. Harga kolang-kaling juga bisa berubah-ubah tergantung pada musim panen dan pasokan di pasar.

Manfaat Kolang-kaling

Kolang-kaling memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain:

  1. Sumber serat: Kolang-kaling kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Serat juga membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh.
  2. Sumber antioksidan: Kolang-kaling mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolat, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  3. Menurunkan tekanan darah: Kolang-kaling mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.
  4. Menjaga kesehatan kulit: Kolang-kaling mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.
  5. Sumber energi: Kolang-kaling mengandung karbohidrat dan gula alami yang dapat memberikan energi bagi tubuh.
  6. Menjaga kesehatan tulang: Kolang-kaling mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  7. Menjaga kesehatan ginjal: Kolang-kaling mengandung senyawa fenolik yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.
Baca Juga :  Download Aplikasi Fitness Erakulis Bikinan Pesepakbola Cristiano Ronaldo Terdapat Fitur Kesehatan Mental

Namun, perlu diingat bahwa kolang-kaling juga mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga perlu dikonsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan, terutama bagi penderita diabetes.