Tips Belajar Lolos Persiapan Tes PPPK 2023. Khusus untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), jumlah pelamar PPPK Guru per 9 Oktober 2023 pukul 6.00 WIB sebanyak 431.538 pendaftar, PPPK Nakes 401.118, dan PPPK Teknis 738.865 pendaftar.

Jika kalian berencana untuk mengikuti tes PPPK 2023, berikut beberapa tips dan sumber belajar yang efektif dari CEO Aplikasi Jadi PPPK Alif Hijriah, untuk membantu mempersiapkan diri dengan baik.

Pendaftaran CPNS dan PPPK akan ditutup hari ini, 9 Oktober 2023. Hingga saat ini jumlah pelamar untuk menjadi abdi negara ini sudah mencapai 2 juta lebih.

Tips Belajar Lolos Persiapan Tes PPPK 2023

Tes PPPK merupakan salah satu pintu masuk untuk menjadi abdi negara di sektor pendidikan, kesehatan, dan posisi pejabat pemerintah lainnya. Sama seperti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tes PPPK memerlukan persiapan yang matang.

Tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah serangkaian tes yang diadakan untuk memilih calon pegawai negeri sipil di Indonesia. Tes CPNS mencakup beberapa tahap evaluasi yang dirancang untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi calon pegawai. Berikut adalah beberapa tahapan umum dalam tes CPNS:

  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD): Ini adalah tahap awal dalam tes CPNS. TKD mencakup tiga jenis tes, yaitu:
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): Menguji pengetahuan dan pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, sejarah, dan budaya Indonesia.
    • Tes Intelegensi Umum (TIU): Menguji kemampuan kognitif, seperti logika, matematika, dan pemahaman verbal.
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP): Menguji karakteristik pribadi, seperti integritas, motivasi, dan komitmen.
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB): Tes ini berfokus pada pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan jabatan yang dilamar. Tes ini bervariasi tergantung pada instansi yang mengadakan tes.
  3. Tes Psikotes: Beberapa instansi mungkin mewajibkan tes psikotes, yang digunakan untuk mengevaluasi aspek-aspek psikologi calon pegawai, seperti kepribadian, minat, dan keterampilan kognitif.
  4. Tes Kesehatan: Tes kesehatan fisik dan psikologi dilakukan untuk memastikan bahwa calon pegawai memenuhi persyaratan kesehatan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut.
  5. Tes Bahasa Asing (opsional): Jika posisi memerlukan kemampuan berbahasa asing, tes kemampuan berbahasa asing seperti Bahasa Inggris mungkin diperlukan.
  6. Wawancara (opsional): Beberapa instansi juga dapat melibatkan wawancara sebagai bagian dari proses seleksi CPNS untuk menilai kemampuan komunikasi, motivasi, dan kecocokan dengan posisi yang dilamar.
Baca Juga :  Kode Redeem Game Modern Warships 25 Maret 2024 Valid Terbaru, Simak Tips Cara Main

Tips Belajar Lolos Persiapan Tes PPPK 2023

Setiap instansi pemerintah di Indonesia dapat memiliki metode dan persyaratan yang sedikit berbeda untuk tes CPNS mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi calon pegawai untuk memeriksa pengumuman resmi dan petunjuk yang dikeluarkan oleh instansi yang bersangkutan untuk memahami persyaratan dan tahapannya secara spesifik. Selain itu, persiapkan diri Anda dengan belajar dan berlatih untuk setiap jenis tes yang akan Anda hadapi.

1. Pahami Jenis Tes PPPK

Tes PPPK terdiri dari beberapa jenis tes, termasuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Setiap jenis tes memiliki materi yang berbeda, oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis tes ini agar kalian dapat belajar dengan lebih efektif.

2. Gunakan Sumber Belajar yang Tepat

Untuk mempersiapkan diri dengan baik, kamu juga memerlukan sumber belajar atau memilih bimbel PPPK 2023 yang tepat. Ada berbagai buku dan sumber belajar online yang dapat membantu kalian memahami materi tes PPPK.

Baca Juga :  Kisi-kisi Tes Kesehatan IPDN 2024, Pahami Sebelum Daftar

Pastikan untuk memilih sumber belajar atau Bimbel PPPK yang terpercaya dan sesuai dengan jenis tes yang akan diikuti.

Menurut Alif, sumber belajar yang tepat dapat membantu pelamar memahami soal tes PPPK dengan mudah. Ia mengatakan, sudah banyak platform online yang bisa membantu calon pelamar belajar memahami soal tes. Aplikasi JadiPPPK bisa menjadi salah satu opsi.

Menurutnya, aplikasi ini cocok bagi pelamar yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang yang banyak. “Ada ratusan Paket Latihan Soal PPPK 2023 Soal yang kami sediakan sudah disesuaikan dengan soal PPPK 2023 latsol ini cocok buat kalian yang sibuk, hanya meluangkan waktu 10 menitan saja untuk mengerjakannya,” katanya, melalui siaran pers, Senin (9/10/2023).

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Surat Pernyataan Diri dan Surat Lamaran CPNS dan PPPK 2023

3. Ikut Kursus Persiapan PPPK

Kursus persiapan tes PPPK dapat menjadi pilihan yang baik, terutama jika kalian membutuhkan panduan dan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman. Kursus ini biasanya menyediakan simulasi tes dan latihan soal yang dapat membantu kalian familiar dengan format tes sebenarnya.

Salah satu lembaga kursus yang banyak diminati saat ini adalah kursus daring. Selain efektif, ujar Alif yang aplikasinya sudah tersedia di Playstore atau App Store ini, dengan kursus secara daring bisa memangkas biaya yang lumayan.

Tips Belajar Lolos Persiapan Tes PPPK 2023

4. Berlatih Mengerjakan Soal

Salah satu kunci kesuksesan dalam tes PPPK adalah berlatih mengerjakan soal-soal latihan. Anda dapat menemukan soal-soal latihan online atau menggunakan buku-buku latihan khusus untuk tes PPPK. Berlatih secara rutin akan membantu Anda meningkatkan kemampuan menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Baca Juga :  Syarat Beasiswa KIP 2024 serta Manfaat Prioritas Penerima PIP

Alif mengatakan salah satu belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK adalah dengan berlatih mengisi soal dengan cepat dan efektif. Menurutnya, JadiPPPK memberikan metode blajar mengisi soal dengan efektif.

5. Atur Jadwal Belajar

Tentukan jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Cobalah untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk belajar, berlatih soal, dan memahami materi. Ini akan membantu pelamar PPPK memaksimalkan persiapan Anda. Berlatih tidak hanya di lembaga Bimbel PPPK, bisa juga dilakukan di rumah

6. Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik

Selain belajar, penting juga untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik. Pastikan kalian mendapatkan istirahat yang cukup, makan dengan baik, dan tetap aktif secara fisik.

Kesehatan yang baik akan membantumu tetap fokus dan berenergi selama persiapan tes dan saat mengikuti tes sebenarnya.

“Ingatlah bahwa persiapan tes PPPK memerlukan komitmen dan usaha yang konsisten. Dengan persiapan yang baik dan sumber belajar yang tepat, Anda akan memiliki peluang lebih baik untuk berhasil dalam Tes PPPK 2023,” pungkasnya.

Tips Belajar Lolos Persiapan Tes PPPK 2023

Semoga Bermanfaat 🙂