Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI). Filter AI tersebut bernama Filter AI Yearbook. Sesuai dengan namanya filter ini mengubah foto menjadi seperti di era 90-an mulai dari pakaian, gaya rambut, hingga latar belakang biru dan abu-abu yang merupakan tren pada saat itu.

Belakangan sedang tren membagikan kolase foto ala-ala buku tahunan sekolah era 90-an di media sosial. Diketahui foto-foto tersebut hasil filter AI (artificial intelligence).

Ternyata, foto-foto tersebut dibuat dengan bantuan filter artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Trend berbagi foto ala buku tahunan sekolah era 90-an menggunakan Filter AI Yearbook bahkan sudah menarik perhatian beberapa artis, termasuk Dian Sastro dan Adipati Dolken.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Baru-baru ini, ada tren yang sedang booming di media sosial, yaitu berbagi kolase foto yang mengingatkan kita pada gaya buku tahunan sekolah era 90-an.

Filter AI ini dikenal dengan sebutan Filter AI Yearbook. Sesuai dengan namanya, filter ini memiliki kemampuan untuk mengubah foto-foto menjadi seakan-akan diambil dari era 90-an, mulai dari pakaian, gaya rambut, hingga latar belakang biru dan abu-abu yang populer pada masa itu.

Artificial Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan dalam bahasa Indonesia, adalah bidang dalam ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer yang mampu melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecerdasan manusia. Tujuan utama dari AI adalah untuk membuat mesin atau program komputer mampu berpikir, belajar, dan bertindak seperti manusia dalam beberapa aspek tertentu.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

AI melibatkan penggunaan algoritma dan teknik komputasi yang canggih untuk mencapai berbagai tujuan, seperti:

  1. Pemahaman Bahasa Alami: Membuat sistem yang dapat memahami bahasa manusia, baik dalam bentuk lisan atau tulisan. Ini termasuk pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing) untuk menerjemahkan, merangkum, atau memahami teks manusia.
  2. Penglihatan Komputer: Mengembangkan sistem yang mampu “melihat” dan memahami dunia fisik melalui analisis gambar dan video. Ini mencakup pengenalan pola, pengenalan wajah, dan deteksi objek.
  3. Pengambilan Keputusan: Menciptakan sistem yang mampu mengambil keputusan cerdas berdasarkan data yang ada. Ini termasuk sistem yang memanfaatkan machine learning untuk memprediksi hasil berdasarkan data historis.
  4. Pengenalan Suara: Membuat sistem yang mampu mendengar dan memahami ucapan manusia melalui pengenalan suara dan pengolahan sinyal audio.
  5. Pengembangan Robotika: Membangun robot yang mampu bergerak, berinteraksi dengan lingkungannya, dan mengambil keputusan berdasarkan informasi yang mereka peroleh.
  6. Belajar Mesin: Menciptakan algoritma dan model komputer yang dapat belajar dari data dan pengalaman, dan memperbaiki kinerja mereka seiring berjalannya waktu.
  7. AI Kuat vs. AI Lemah: AI kuat (strong AI) adalah konsep AI yang memiliki kecerdasan setara dengan manusia dan dapat berpikir secara mandiri. Sementara AI lemah (weak AI) adalah sistem AI yang hanya memiliki kecerdasan terbatas dalam domain khusus.
Baca Juga :  Kode Redeem Game Top War Battle 25 Maret 2024 Terbaru Valid, Simak Tips Cara Main

AI digunakan dalam berbagai bidang, termasuk kedokteran, keuangan, otomotif, hiburan, dan banyak lagi. Pengembangan AI terus berkembang pesat, dan aplikasinya semakin luas. Meskipun AI telah mencapai pencapaian yang mengesankan, pengembangan lebih lanjut terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuannya dan memahami lebih dalam tentang kecerdasan buatan.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Pengertian “Filter AI Yearbook” tidak umum dalam literatur atau terminologi yang umum terkait dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Namun, saya dapat memberikan beberapa spekulasi tentang apa yang dimaksud dengan istilah ini:

  1. Yearbook AI Filter: Mungkin merujuk pada alat atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur, mengelompokkan, atau mengindeks tahun buku (yearbook) dengan menggunakan teknologi AI atau pemrosesan citra. Misalnya, alat ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi orang-orang dalam foto tahun buku dan mengelompokkannya berdasarkan nama atau tahun.
  2. AI Yearbook Database Filter: Ini mungkin mengacu pada perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menyaring atau mencari data dalam basis data tahun buku (seperti foto, nama, kelas, atau tahun) dengan menggunakan teknologi AI untuk pencarian yang lebih cerdas.
  3. Yearbook Content Moderation AI Filter: Filter AI Yearbook juga bisa mengacu pada alat yang digunakan untuk memoderasi atau menyaring konten dalam tahun buku, terutama untuk menghindari konten yang mungkin melanggar kebijakan atau norma tertentu.
Baca Juga :  Kode Redeem Clash of Clans (COC) 25 Maret 2024 Terbaru Valid

Penting untuk diingat bahwa istilah seperti ini mungkin adalah istilah khusus yang digunakan dalam konteks atau aplikasi tertentu, dan maknanya dapat berbeda tergantung pada konteks penggunaan. Jika ada konteks spesifik yang lebih mendalam, akan membantu untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Menurut informasi dari Fast Company, Filter AI Yearbook adalah salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi pengeditan foto bernama EPIK, yang dapat diunduh secara gratis.

Namun, sayangnya, pengguna harus membayar untuk dapat menggunakan Filter AI Yearbook ini. Harganya berkisar antara Rp69 ribu hingga Rp99 ribu, tergantung pada versi yang dipilih.

Baca Juga :  KODE REDEEM Mobile Legends 25 Maret 2024 Terbaru

Ada dua opsi yang tersedia, yaitu versi Standar (Rp69 ribu) dan opsi Express dengan harga Rp99 ribu.

Dengan memilih salah satu dari opsi tersebut, pengguna akan mendapatkan 60 foto hasil editan Filter AI Yearbook yang menghadirkan nuansa buku tahunan sekolah era 90-an.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Filter AI Yearbook:

  • Buka aplikasi EPIK. Jika belum memiliki, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store atau App Store.
  • Pilih fitur AI Yearbook dan klik ‘Lanjutkan’.
  • Pilih 8 hingga 12 foto selfie yang sesuai dengan syarat.
  • Tentukan jenis kelamin Anda untuk menghasilkan foto dengan gaya yang sesuai.
  • Pilih opsi Standar atau Express, lalu klik ‘Buat Gambar Yearbook’.
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang tersedia.
  • Setelah pembayaran berhasil, proses pembuatan foto AI Yearbook akan dimulai.
  • Tunggu hingga proses selesai. Proses ini bisa memakan waktu hingga puluhan menit.
  • Setelah foto AI Yearbook berhasil dibuat, Anda dapat mengunduhnya dan membagikannya di media sosial.

Tips Cara Buat Foto Buku Tahunan Sekolah Era 1990-an Menggunakan Artificial Intelligence (AI)

Sumber : https://www.medcom.id/