Tips Agar Lolos Tes SKD CPNS 2021. Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dikabarkan akan dibuka pada awal Maret 2021. Pengumuman ini telah dikonfirmasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu. Untuk mengikuti proses rekrutmen PNS ini nantinya kamu bisa mengakses portal SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id.



Jika ingin lolos, Sobat Phi harus belajar dan mengikuti beberapa tips khusus agar lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021. Berikut ini Phi Radio melansir 10 tips lolos tes SKD dari berbagai sumber. Simak, yuk!

Tips Agar Lolos Tes SKD CPNS 2021

  1. Kecepatan dan Ketepatan

Untuk mengisi jawaban saat tes diperlukan kecepatan dan ketepatan. Ini diperlukan untuk bisa memenuhi ambang batas waktu yang telah ditentukan.

  1. Banyak Berlatih Soal

Pelamar CPNS harus lebih rajin-rajin untuk mempelajari soal-soal CPNS terdahulu anda bisa googling atau mencari disitus pencarian. Pelajari soal yang random seperti Matematika SD, SMP, SMA dan belajar sensus dan cari soal tentang deret angka.

  1. Latihan Membaca

Untuk soal Tes Intelegensi Umum (TIU), setiap peserta dianjurkan untuk sering melakukan latihan membaca serta mengamati pola pertanyaan dan jawaban dari soal sebelumnya. Hal ini dikarenakan rata-rata soal yang diberikan memiliki pola yang hampir sama.

  1. Belajar dari Buku dan Aplikasi

Sobat Phi bisa mencari buku-buku latihan soal SKD dan aplikasi yang kini banyak beredar di Google Play Store. Tapi hati-hati dalam memilih aplikasi, ya! Cari yang bagus dan pastinya sesuai dengan soal yang pernah keluar di tes sebelumnya.




  1. Pelajari Makna Pancasila dan Undang-Undang

Untuk soal tes Wawasan Kebangsaan (TWK), peserta harus sering membaca tentang Undang-Undang, Pancasila, serta penerapannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Wah pengetahuan sekolah dasar dan menengahmu benar-benar diuji di sini.

  1. Posisikan Diri sebagai PNS saat Mengerjakan soal TKP

Saat mengerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Sobat Phi harus memposisikan diri sebagai ASN. Yaitu memiliki karakteristik yang profesional, berintegritas, siap mengabdi pada negara, dan mengutamakan kepentingan publik sebelum kepentingan pribadi.

  1. Tenang dan Teliti dalam Mengerjakan Soal

Saat mengerjakan soal sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Jangan lupa juga untuk selalu memahami materi tes. Untuk strategi pengerjaan soal, peserta tetap harus berhati-hati dan harus teliti. Jika telah selesai cek kembali jawaban yang telah kamu isi dengan teliti.

  1. Jaga Kesehatan

Usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, serta berolahraga ringan secara teratur. Terlebih saat seminggu sebelum tes dilaksanakan.

9 Survei Lokasi Ujian

Tidak ada salahnya kamu menyurvei lokasi tempat kamu ujian. Dan pastikan kamu menguasai medan pertempuran seperti lokasi tempat sholat makan, atau transportasi menuju ke lokasi ujian.



  1. Luangkan Waktu Khusus

Kamu harus meluangkan waktu dalam mempelajari latihan soal tes SKD. Luangkan waktu khusus untuk belajar dan jangan lupa suasana belajar yang tenang dan nyaman akan membuat kamu lebih cepat fokus dalam mengerjakan soal.

Itulah beberapa tips yang bisa Sobat Phi praktikkan jika ingin lulus tes SKD CPNS 2021. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tips Agar Lolos Tes SKD CPNS 2021

//sumber: https://ringtimesbali.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-28922544/cpns-2021-dibuka-awal-maret-ini-10-tips-khusus-agar-lolos-tes-skd

Read previous post:
Info Beasiswa Kuliah Di Singapura Goh Keng Swee (GKS) Tahun 2021
Info Beasiswa Kuliah Di Singapura Goh Keng Swee (GKS) Tahun 2021

Close