Greeone

Tempat Wisata Gunung Guntur, Tempat Hilangnya Pendaki Gibran.  Gunung Guntur kini jadi perbincangan setelah salah seorang pendaki bernama Gibran hilang misterius di sana. Dari dulu gunung ini memang penuh misteri.

Di balik beragam ceritanya yang bikin merinding, Gunung Guntur memiliki pemandangan juara yang memikat mata setiap pendaki.

Baca Yuk :

Gunung dengan tinggi 2.249 meter di atas permukaan laut ini terletak di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Gunung ini jadi salah satu ikon Garut selain dodol, baso aci dan domba.

Gunung Guntur jadi magnet bagi wisatawan dan para pendaki. Gunung ini selalu mendapat tempat di hati pecinta ketinggian karena pemandangannya yang indah.

Hamparan tanah berbatu, padang rumput hingga bunga edelweis bisa ditemukan di Gunung Guntur. Pohon pinus yang tumbuh liar biasa dimanfaatkan sebagai spot fotografi.

Bahkan tak sedikit yang memanfaatkan spot di Gunung Guntur untuk berpose pre-wedding.

Selain indahnya pemandangan, Gunung Guntur dicintai karena dianggap cocok sebagai track pendakian untuk pemula karena medannya yang tak terlalu sulit.

“Gunung Guntur sering jadi track latihan lah istilahnya, karena tidak terlalu sulit. Khususnya untuk pemula,” ujar Ahmad Muhram (35) salah seorang warga Garut yang beberapa kali mendaki Gunung Guntur.

Panorama Gunung Guntur sangat indah untuk dilihat, terutama saat pagi hari. Saat matahari bersinar terang, bagian puncak gunung terlihat berlubang bekas letusan. Lereng yang melekuk dan bergelombang terlihat sangat jelas.

Di bagian samping Gunung Guntur terdapat Gunung Putri yang ukurannya lebih kecil.Gunung Guntur menghadap langsung ke pemukiman warga di Garut.

Udara di kawasan kaki Gunung Guntur sangatlah dingin saat pagi. Suhunya bisa mencapai 14 hingga 10 derajat celcius.

Gunung berapi yang saat ini dikelola oleh Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) serta Dinas Perhutani Garut ini statusnya masih aktif. Warga bahkan sempat geger kala Gunung Guntur diisukan akan meletus tahun 2013 lalu.

Di balik keindahannya, Gunung Guntur menyimpan beragam mitos yang hingga kini masih dipercayai masyarakat setempat.

Salah satunya adalah mitos larangan meniup suling atau bersiul hingga legenda maung (macan) bungkeuleukan. Beberapa masyarakat setempat hingga saat ini masih mempercayai mitos tersebut.

Selain adanya mitos tersebut, Gunung Guntur juga sarat cerita mistis setelah adanya kejadian pendaki hilang akhir-akhir ini.

Yang pertama hilangnya pendaki bernama Afrizal (16) yang hilang kemudian ditemukan dalam keadaan telanjang hanya menggunakan celana dalam tahun 2020 lalu.

Yang kedua, hilangnya pendaki bernama Gibran (14) minggu lalu. Gibran ditemukan setelah lima hari hilang. Dia mengaku banyak mengalami kejadian aneh selama menghilang. Seperti tak melihat malam, hingga didatangi lima sosok misterius.

Kendati demikian, Gunung Guntur merupakan objek wisata yang ramah untuk dikunjungi wisatawan dari mana pun, dengan catatan memperhatikan ketentuan dan aturan masyarakat yang berlaku.

Tempat Wisata Gunung Guntur, Tempat Hilangnya Pendaki Gibran

Sumber : detik.com

Baca Yuk :

Streaming Now