Syarat BLT Untuk Pelajar SD SMP SMA. Program perlindungan sosial telah disalurkan pemerintah kepada masyarakat pada 4 Januari 2021, penyalurkan program pemerintah ini dilakukan secara serentak. Presiden RI Jokowi menargetkan anggaran bagi program perlindungan sosial sebesar Rp 110 triliun.

Syarat BLT Untuk Pelajar SD SMP SMA

Program pemerintah ini merupakan solusi untuk masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19 secara ekonomi. Dengan rincian Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp28,7 triliun, Kartu Sembako Rp45,1 triliun, BLT Dana Desa Rp14,4 triliun, Kartu Prakerja Rp10 triliun dan subsidi listrik selama 6 bulan sebesar Rp3,78 triliun.





Kali ini Kementerian Sosial (Kemensos) sudah menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Berbagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) pun diberikan untuk melindungi masyarakat yang terdampak virus Covid-19. Melalui PKH tahun ini pemerintah memberikan BLT bagi para pelajar.

BLT pendidikan ini diberikan atas kerjasama antara Kemensos, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama. Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Rachmat Koesnadi mengatakan sudah menyalurkan BLT untuk pelajar sejak tanggal 7 Januari 2021, serta dikabarkan akan kembali dicairkan pada Februari 2021 secara bertahap.

BLT bagi para pelajar tersebut disalurkan dalam kurun waktu satu tahun dengan empat kali masa pencairan di mulai Januari, April, Juli, dan Oktober 2021.

Untuk BLT pelajar ini akan diberikan berdasarkan tingkat pendidikannya.

Untuk pelajar Sekolah Dasar (SD)/MI sebesar Rp225.000, untuk pelajar tingkat menengah pertama (SMP)/MTs sebesar Rp375.000 dan pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA)/SMK/MA sebesar Rp500.000.

Jika ditotalkan dalam setahun untuk pelajar SD bisa mendapatkan Rp900.000, sedangkan pelajar SMP bisa dapat BLT mencapai Rp1,5 juta dan BLT untuk pelajar SMA bisa mencapai Rp2 juta.





Berikut ini syarat untuk mendapatkan BLT dari pemerintah untuk para pelajar.

  1. Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP tetap berhak mendapatkan BLT dengan melakukan pendaftaran dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas sosial terdekat.
  2. Bagi siswa yang tidak punya KKS tidak perlu khawatir, orang tua siswa bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan masing-masing sebagai syarat mendaftarkan ke dinas sosial.

Syarat BLT Untuk Pelajar SD SMP SMA

Masyarakat yang ingin mengetahui apakah keluarganya termasuk penerima bansos ini atau tidak, bisa silahkan cek online daftar penerima dengan login di link https://dtks.kemensos.go.id menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP.

CEK PENERIMA BLT

Sumber : https://fixindonesia.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-361270964/blt-bagi-pelajar-sudah-cair-berikut-syarat-dan-rincian-besarannya?page=3

 


Read previous post:
program-indonesia-pintar
Cek Penerima PIP Bantuan Tunai Siswa SD SMP SMA 2021 di pip.kemdikbud.go.id

Close