Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda. Adapun soal-soal ini dirangkum untuk pelajar atau murid SMP kelas VIII atau kelas 2. Setiap pertanyaan juga dilengkapi dengan kunci jawaban. Perbanyak latihan soal untuk menambah wawasan Anda.

Simak contoh soal ulangan Agama Katolik berikut ini. Ada beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar. Anda bisa mempelajarinya dengan seksama untuk persiapan menghadapi ulangan atau ujian kenaikan kelas.

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Soal Ulangan Agama Katolik SMP:

1. Perhatikan kutipan dokumen Gereja Lumen Gentium Art. 1 berikut ini ! TERANG PARA BANGSALAH Kristus itu. Maka Konsili suci ini, yang terhimpun dalam Roh Kudus, ingin sekali menerangi semua orang dengan cahaya Kristus, yang bersinar pada wajah Gereja, dengan mewartakan Injil kepada semua makhluk (lih.Mrk 16: 15). Namun, Gereja itu dalam Kristus bagaikan sakramen, yakni tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. Maka dari itu, menganut ajaran konsili-konsili sebelum ini, Gereja bermaksud menyatakan dengan lebih cermat kepada umatnya yang beriman dan kepada seluruh dunia, manakah hakikat dan perutusannya bagi semua orang. Keadaan zaman sekarang lebih mendesak Gereja untuk menunaikan tugas itu, yakni supaya semua orang, yang dewasa ini tergabungkan secara lebih erat berkat berbagai hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh kesatuan sepenuhnya dalam Kristus. Berdasarkan dokumen Gereja Lumen Gentium Art. 1, dikatakan bahwa Gereja dalam Kristus bagaikan sakramen artinya … .

a. Gereja ada dan lahir di dunia untuk manusia supaya mendapatkan keselamatan
b. tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia
c. kehadiran Gereja dapat membuat orang lain merasa terancam hidupnya
d. melalui Gereja sakramen merupakan tempat keselamatan bagi umat Katolik

2. Ekaristi juga berarti sebagi jaminan akan kemuliaan yang akan datang maksudnya adalah dengan mengikuti perayaan ekaristi merupakan berkat dan rahmat yang memperkuat kita untuk menjalani kehidupan ini yang dipersatukan oleh … .
a. Kristus, Bunda Maria dan Para Rasul
b. Kristus, Gereja dan 7 Sakramen
c. Kristus, Gereja dan Para Rasul
d. Kristus, Gereja dan Bunda Maria

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

3. Dengan pemahaman kesadaran bahwa hendaknya kita dapat mendewasakan iman kita dengan mengetahui cara berdoa yang baik menghormati sakramen mahakudus dan keterlibatan aktif umat beriman dalam Perayaan Ekaristi amat penting, karena untuk mengungkapkan dengan lebih jelas bahwa pada dasarnya Perayaan Ekaristi adalah perayaan umat bersama. Kata Ekaristi berasal dari bahasa Yunani, “Eucharistia” yang berarti … .

a. puji syukur dan kegembiraan

b. keterlibatan aktif umat beriman di Gereja

c. syukur atas kehidupan dari Allah

d. perutusan Yesus kepada umat-Nya

4. Dalam masyarakat masih banyak ditemukan pemahaman tentang sumber-sumber keselamatan bagi manusia. Pemahaman yang benar dalam masyarakat tentang sumber-sumber keselamatan tersebut berasal dari … .
a. patung-patung yang mereka sembah
b. keluarga memiliki banyak harta
c. Allah sebagai asal hidup manusia
d. bentuk berhala-berhala yang lain

5. Untuk menyambut komuni kudus, seseorang yang sudah tergabung dalam Gereja Katolik hendaknya dalam keadaan rahmat yang berarti tidak berdosa apabila dengan sadar melakukan dosa hendaknya melakukan pengakuan dosa terlebih dahulu. Maka sikap yang pantas dalam mengikuti perayaan ekaristi hendaknya … .
a. belum mengikuti pembaptisan tapi ikut menerima komuni dari pastur
b. seenaknya sendiri selama mengikuti perayaan ekaristi berlangsung
c. mengenakan pakaian yang tidak berlebihan tetapi pantas dan bersih
d. satu jam sebelum mengikuti perayaan ekaristi tidak diperkenankan makan

Baca Juga :  Makanan Untuk Penyakit Jantung dan Stroke Untuk Pria

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

6. Perhatikan kutipan Kis 2 : 37 – 41 berikut ini ! 37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?” 38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.”40Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: “Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan
yang jahat ini.”41Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan ….

a. diselamatkan dari angkatan yang jahat
b. mendapatkan pengampunan atas dosa
c. menerima karunia Roh Kudus
d. memperoleh kehidupan kekal abadi

7. Sarana pokok dalam pembaptisan adalah air dan dalam perjanjian lama air dilihat sebagai sumber kehidupan dan kematian, contohnya dalam kisah bahtera Nuh yang diselamatkan lewat air, dalam kisah penyebrangan Laut Merah yang membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir, semua pralambang dalam perjanjian lama ini digenapkan dalam diri Yesus, dikayu salib, air dan darah keluar dari lambung yang ditikam, maka air dalam perjanjian baru mempunyai makna … .

a. ikut penderitaan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir

b. membersihkan diri dari segala kotoran baik sik maupun rohani

c. ikut dalam penderitaan Yesus

d. membersihkan dosa-dosa yang diperbuat manusia

8. Ekaristi adalah sumber dan puncak seluruh hidup kristiani (LG11) berarti bahwa dalam seluruh pelayanan Gereja dirayakan dengan sakramen Ekaristi. Di sinilah tampak jelas bahwa perayaan ekaristi adalah tindakan Kristus sendiri dimana Kristus telah mempersembahkan diri-Nya kepada Bapa untuk kita, agar kita pun ikut ambil bagian dalam pengorbanan diri-Nya, dan Dia telah memberikan diri-Nya bagi kita sebagai … .
a. syukur atas rahmat pemberian dari Allah melalui Yesus Kristus
b. roti hidup sepanjang ziarah kita di dunia ini menuju kepada Bapa
c. peringatan akan kenangan yang terakhir bersama Yesus
d. cara berdoa yang baik menghormati sakramen mahakudus

9. Perjamuan Kudus didasari pada makan malam terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya pada malam sebelum Ia ditangkap dan disalibkan menurut (Markus 14:12-21) dan (KGK 1358) Makna dari perayaan Ekaristi bagi umat katolik sekarang ini adalah … .

Baca Juga :  Top 4 SMA Terbaik di Kota Batu Jatim Versi LTMPT 2024

a. mengenangkan peristiwa Yesus mengutus keduabelas rasul untuk mewartakan sabda
b. melanjutkan karya para rasul di dunia modern sekarang ini
c. meneruskan karya-karya Yesus di dunia sebagai garam dan terang dunia
d. mengenangkan sekaligus menghadirkan kembali tindakan penyelamatan oleh Yesus

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

10. Menurut Kitab Hukum Kanonik No. 872 adalah Hendaknya calon baptis didampingi oleh wali baptis, yang bertugas untuk mendampingi calon baptis dewasa dalam insiasi kristiani, dan bersama orang tua calon baptis bayi untuk dibaptis, dan juga mengusahakan agar yang dibaptis hidup secara kristiani yang sesuai dengan baptisnya serta memenuhi dengan setia kewajiban-kewajiban yang melekat pada baptis itu” Berdasarkan Kitab Hukum Kanonik No. 872, maka tugas wali baptis adalah … .
a. mengantar calon baptis menjadi anggota Gereja yang berani
b. mendampingi orang tua calon baptis
c. memdampingi saat pembaptisan berlangsung saja
d. mengantar calon baptis sampai menjadi anggota Gereja yang sejati

11. Perhatikan penggalan kutipan Lumen Gentium Art. 9 berikut ini ! Adapun seperti Israel menurut daging, yang mengembara di padang gurun, sudah disebut Gereja (Jemaat) Allah (lih. Neh 13: 1; Bil 20: 4; Ul 23: 1 dst), begitu pula Israel baru, yang berjalan dalam masa sekarang dan mencari kota yang tetap di masa mendatang (lih. Ibr 13: 14), juga disebut Gereja Kristus (lih. Mat 16:18). Sebab Ia sendiri telah memperolehnya dengan darah-Nya (lih. Kis 20:28), memenuhinya dengan Roh-Nya, dan melengkapinya dengan sarana-sarana yang tepat untuk mewujudkan persatuan yang tampak dan bersifat sosial. Allah memanggil untuk berhimpun mereka, yang penuh iman mengarahkan pandangan kepada Yesus, pencipta keselamatan serta dasar kesatuan dan perdamaian. Ia membentuk mereka menjadi Gereja, supaya bagi semua dan setiap orang menjadi sakramen kelihatan, yang menandakan kesatuan yang menyelamatkan itu. Gereja, yang harus diperluas ke segala daerah, memasuki sejarah umat manusia, tetapi sekaligus melampaui masa dan batas-batas para bangsa. Dalam perjalanannya menghadapi cobaan- cobaan dan kesulitan-kesulitan Gerejaditeguhkan oleh daya rahmat Allah, yang dijanjikan oleh Tuhan kepadanya. Berdasarkan kutipan Lumen Gentium Art. 9 tersebut dapat disimpulkan bahwa Gereja
menyalurkan rahmat keselamatan kepada manusia melalui … .

a. kegiatan ziarah di lingkungan
b. perayaan ekaristi tiap hari minggu
c. 7 ( tujuh ) sakramen dalam Gereja
d. sakramen-sakramen inisiasi

12. Orang yang telah menerima Sakramen Penguatan membawa konsekuensi: bertanggung jawab menjadi saksi Kristus baik dalam Gereja sendiri, dalam keluarga, di sekolah, di tempat kerja, dan di lingkungan masyarakat yang lebih luas. d. Untuk menerima penguatan/sakramen Krisma, orang harus berada dalam suasana rahmat. Karena itu dihimbau supaya mereka menerima sakramen …
a. ekaristi
b. tobat
c. imamat
d. baptis

13. Sakramen krisma atau penguatan adalah sakramen kedewasaan, pemantapan. Dengan menerima sakramen ini orang dianggap sudah dewasa dalam iman. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat bahwa ciri-ciri orang yang dewasa antara lain adalah … .
a. mudah terbawa arus tidak punya pendirian
b. tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri
c. mengambil keputusan dengan semaunya sendiri
d. mampu membedakan yang baik dan jahat

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Baca Juga :  Cek Bansos BPNT Februari-Maret 2024 Rp 400.000 Melalui Kartu KKS BNI

14. Ketika Petrus akan tenggelam ia berseru: “ Tuhan, tolonglah aku ! ” Segeralah Yesus mengulurkan tangan-Nya (Matius 14 : 30 – 31). Dalam hal tersebut keselamatan diartikan … .
a. kasih karunia Tuhan
b. sembuh dari penyakit dan penderitaan
c. bebas dari kematian
d. terhindar dari bahaya

15. Karya keselamatan Allah yang dilaksanakan dalam dan melalui Yesus Kristus mengikut sertakan Maria sebagai perantara terlaksananya karya itu . Ia mulai berperan ketika menyatakan bersedia dan taat kepada Allah untuk mengandung Yesus ( Luk1: 26-38). Sejak awal perjalananya Bunda Maria tahu bahwa ia juga akan memperoleh kegembiraan sebagai orang pilihahan. Namun, Maria juga akan memperoleh tantangan-tantangan yang cukup berat (Luk 2: 33-35). Berdasarkan pernyataan tersebut alasan Gereja Katolik menghormati Bunda Maria adalah … .
a. mengajarkan doa Novena 3x salam Maria
b. menciptakan doa Rosario dan peristiwanya
c. terlibat dalam karya keselamatan Allah
d. setia mendampingi Yesus sampai Golgota

16. Pembaptisan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: 1) Baptisan dewasa dan 2) Baptisan bayi, untuk baptisan dewasa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah mengikuti pelajaran calon katekumen baptis sekurang-kurangnya lamanya … .

a. 9 bulan
b. 6 bulan
c. 12 bulan
d. 15 bulan

17. Perhatikan data berikut ini !
1. Berumur 14 tahun
2. Dibaptis secara katolik
3. Ikut pembekalan krisma
4. Anggota keluarga Katolik
Berdasarkan tersebut syarat- syarat untuk menerima sakramen krisma atau penguatan terdapat pada nomor … .
a. 4, 5, 1
b. 3, 4, 5
c. 1, 2, 3
d. 2, 3, 4

18. Dalam Gereja Katolik dikenal 7 (tujuh) sakramen yakni sakramen baptis, sakramen ekaristi, sakramen penguatan (krisma., sakramen tobat dan sakramen pengurapan orang sakit, sakramen imamat dan sakramen perkawinan, yang dimasukkan dalam sakramen inisiasi adalah sakramen …

a. baptis, ekaristi, penguatan (krisma.
b. ekaristi, penguatan (krisma., imamat
c. tobat, pengurapan orang sakit, perkawinan
d. imamat, perkawinan, penguatan (krisma.

19. Pengertian sakramen dalam Gereja Katolik merupakan tanda dan sarana kehadiran Allah untuk menyelamatkan manusia. Sakramen berasal dari bahasa latin yaitu … .
a. sakramenzo
b. sakramentum
c. sakramentali
d. sakramenum

20. Ekaristi memiliki makna sebagai jaminan akan kemuliaan yang akan datang. Dengan mengikuti Perayaan Ekaristi merupakan berkat dan rahmat yang memperkuat kita untuk menjalani kehidupan yang dipersatukan oleh Kristus, Gereja dan Bunda Maria melalui … .
a. Syukur Agung
b. Pernyataan Tobat
c. Komuni Kudus
d. Berkat Penutup

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

KUNCI JAWABAN : 

1. B

2. D

3. A

4. C

5. C

6. C

7. D

8. B

9. D 

10. D

11. C

12. B

13. D

14. D

15. C

16. C

17. C

18. A

19. B

20. A

Soal Ujian Agama Katolik Kelas 8 SMP Semester 2 2023 Lengkap Kunci Jawaban Pilihan Ganda

Sumber :