Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Sirkuit Mandalika Akan Jadi Ajang Besar Balapan WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika telah selesai digelar pada akhir pekan lalu. Balapan perdana itu mengundang pujian dari banyak pihak meski bukan tanpa kendala.
Hal ini lantaran ada penundaan yang terjadi untuk Race 1 dan Race 2 WSBK Mandalika 2021. Meski begitu, balapan di sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 km itu tetap bisa rampung dengan menobatkan pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu sebagai juara dunia WSBK 2021.

Baca Yuk :

Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla memberikan apresiasi atas kerja semua pihak sehingga balapan di Sirkuit Mandalika bisa digelar. Ia juga mengatakan merasa senang dengan antusiasme besar yang ditunjukkan oleh penggemar balap motor di Indonesia.

Lavilla pun meyakini balapan di Sirkuit Mandalika akan semakin besar di masa depan. Hal ini tidak terlepas dari basis massa penggemar yang luar biasa di Indonesia.

Berikut wawancara eksklusif CNNIndonesia bersama Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla, yang juga pernah menekuni balap motor profesional:

Apa arti Indonesia dan Sirkuit Mandalika untuk WSBK?

Saya pikir sangat penting untuk kejuaraan ini datang ke negara ini, karena banyak orang bergairah dengan balap motor. Saya pikir ini salah satu sudut pandang kejuaraan yang penting, kami sadar akan pentingnya kehadiran pabrikan untuk industri motor di sini.
Saya pikir kami sangat antusias untuk membawa kejuaraan ini dan memperlihatkan bagaimana cara dari mesin itu bekerja. Semua orang merasa antusias berada di sini.

Bisa Anda ceritakan awal bagaimana Sirkuit Mandalika bisa masuk kalender WSBK?

Seperti diketahui, kejuaraan kami di dalam grup Dorna. Dorna Grup punya relasi stabil dan punya kerja sama kontrak dengan Mandalika untuk MotoGP dan Superbike. Jadi ketika kami memahami punya proyek ini, hanya tinggal kesepahaman dan soal kemungkinan untuk trek difinalisasi dan siap untuk menggelar event untuk kali pertama.

Kami punya kontrak dan hanya tinggal melihat semuanya sudah siap untuk menggelar event. Pada akhirnya, dengan segala tantangan dan situasi yang tidak mudah karena pandemi, bukan hanya untuk perjalanan, saya juga memahami banyak pekerja yang seharusnya datang ke sini [Sirkuit Mandalika] bukan hal mudah. Tetapi semua bekerja dengan hebat dan sekarang semua sudah siap.

Berapa lama kontrak yang disepakati antara Mandalika dan WSBK?

Kami punya kontrak lima musim, kini bakal diperpanjang lima musim lagi. Jadi kesepakatannya bisa menjadi 10 tahun.

Bagaimana Anda melihat Sirkuit Mandalika sebagai seorang mantan pembalap?

Saya suka, sangat menyukainya. Sejujurnya, saya mencoba beberapa lap dengan mobil tetapi tentu dengan kecepatan rendah karena masih ada para pekerja.

Persepsi saya ini fast flowing track, pengecualian ada tikungan yang agak sempit, dan sektor terakhir akan sangat menantang dengan fast entry corner yang pelan. Dan, tikungan terakhir sangat penting untuk menentukan hasil balapan.

Apakah Mandalika akan jadi penutup seri WSBK musim depan?

Kami sedang bekerja saat ini, yang ada dalam kalender, tetapi kemungkinan kalender musim depan akan sama dengan kalender musim ini.

Popularitas WSBK mulai meningkat di Indonesia. Apa yang akan dilakukan oleh WSBK di masa depan untuk bisa menyamai MotoGP?

Kami perusahaan yang sama, tetapi dengan dua produk yang berbeda. Pada dasarnya, kami balapan dengan motor yang diproduksi dengan tipe hampir mirip dengan yang ada di pasaran.

Kami tentu ingin meningkatkan popularitas balap motor di suatu negara dan menghidupkan atmosfernya, di mana setiap orang bisa merasa ikut dalam aksi balap, melihat mesinnya, melihat pembalapnya, dari dekat.

Indonesia hanya punya Galang Hendra di Supersport. Apakah Anda punya nasehat untuk pembalap Indonesia?
Di dalam grup Dorna ada banyak proyek, termasuk Talent Cup. Dalam artian, kami ingin menjangkau banyak pembalap dari banyak negara.

Galang berasal dari Supersport 300, kejuaraan kami. Dia bersaing di kelas tersebut dan tidak mudah untuk keluar dari [Supersport] 300. Jadi harus satu per satu. WSBK berada di sini, di negara ini, akan membantu pada masa mendatang agar ada pembalap lainnya yang akan tampil di kejuaraan dunia.

Ada sejumlah pembalap top WSBK seperti Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea yang dikaitkan dengan MotoGP. Apakah Anda mengikuti beritanya?

Saya tidak tahu dengan rumor tersebut. Saya menaruh respek untuk keputusan setiap pembalap terhadap karier mereka. Kami senang punya mereka di sini dan begitu juga apabila mereka membuat keputusan untuk berganti kelas [dari Superbike ke MotoGP], sesuatu yang membuat mereka merasa baik maka kita harus menghormati keputusan itu.

Ada beberapa insiden yang terjadi pekan ini. Ada kargo Ducati yang dibongkar secara ilegal hingga balapan Asia Talent Cup harus tertunda. Apakah insiden-insiden ini bisa ditoleransi?

Buat saya yang terjadi [insiden] tidak terlalu penting. Apa yang terjadi di kargo hanya seseorang yang sangat bergairah untuk mengambil foto. Saya sudah berbicara langsung dengan pihak pabrikan dan mereka tidak terganggu. Tidak ada yang terjadi dengan kargo.

Saya melihatnya sebagai sinyal positif. Antusiasmenya sangat tinggi bahkan orang-orang ingin mengambil foto [dalam kejadian ini] . Terkait penundaan, kami juga pernah banyak mengalami penundaan balapan tapi tidak di sini, di seluruh dunia.

Kami mengalami kesulitan mengirim material ke seluruh dunia karena hanya ada sedikit pengiriman kargo dan hal lainnya. Yang terpenting adalah kami sudah ada di sini, kami siap menggelar balapan.

Seperti apa Anda melihat balapan di Sirkuit Mandalika dalam 5 tahun ke depan?

Ini akan menjadi ajang yang besar, karena saat semuanya siap dan selesai, seperti saya katakan, basis suporter dan popularitasnya akan semakin besar. Ini akan menjadi salah satu ajang yang terbesar.

Valentino Rossi telah pensiun. Seberapa besar pengaruh The Doctor untuk dunia balap motor?

Untuk sepeda motor secara umum, ia adalah ikon. Banyak orang mengikuti dunia balap motor karena Rossi dan jelas dia telah membantu mengangkat popularitas dunia balap motor ke seluruh dunia. Saya menaruh respek dan mendoakan kesuksesan untuknya di masa depan.

Sirkuit Mandalika Akan Jadi Ajang Besar

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , ,

Streaming Now