Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Menurunkan Risiko Diabetes,Turunkan Risiko Kanker hingga Stroke, tahukah anda bahwa sebenarnya kopi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh?.

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Menurunkan Risiko Diabetes,Turunkan Risiko Kanker hingga Stroke

Baca Yuk :

Apakah anda termasuk orang yang suka menikmati minuman kopi? Kopi terkenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan bisa meningkatkan fokus. Manfaat kopi ternyata cukup banyak termasuk untuk kecantikan kulit dan wajah.

Sudah banyak penelitian yang mengamati berbagai manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi mengandung banyak zat yang mampu melindungi tubuh dari berbagai kondisi, termasuk penyakit jantung dan Alzheimer.

Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari konsumsi kopi adalah mempertahankan berat badan ideal, bahkan mungkin membantu menurunkannya.

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga kaya akan antioksidan dan nutrisi yang sangat menyehatkan. Dalam satu cangkir kopi disebut mengandung vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, magnesium, serta niasin.

Melansir WebMD, satu porsi kopi hitam tanpa gula (+- 230ml) terdapat beberapa kandungan nutrisi, yakni sebagai berikut:

  • 2 kalori
  • 0 gram lemak
  • 0 gramkarbohidrat
  • 0 gram serat
  • 5 miligram natrium
  • Vitamin B2
  • Kafein
  • Magnesium

Kopi hitam dipercaya sebagai salah satu sumber antioksidan terbesar, di antaranya quinines, hydrocinnamic acid dan polyphenols yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas.

Terdapat manfaat kopi tanpa gula, diantaranya adalah sebagai berikut:

Meminimalisir resiko diabetes

Studi yang di lakukan di Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat beberapa studi yang membuktikan bahwa konsumsi kopi, baik yang mengandung kafein atau tidak, mungkin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minum kopi tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.

Sebuah studi juga dilakukan oleh Harvard menjelaskan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam lebih dari 1 cangkir setiap harinya memiliki peluang diabetes sebesar 11% lebih rendah.

Meningkatkan fokus

Untuk dapat meningkatkan tingkat fokus, otak membutuhkan neurotransmitters. Siklus tersebut terjadi akibat janting terstimulasi jantung dan metabolisme karena kafein yang terkandung di dalam kopi.

Mengandung vitamin dan mineral

B2, B3 dan B5, mangan, potassium dan magnesium adalah beberapa jenis vitamin dan mineral yang terdapat pada kopi hitam. Seluruh kandungan di atas merupakan kebutuhan wajib bagi organ tubuh kita.

Menurunkan Risiko Stroke

Menurut penelitian 0,5 hingga 3 cangkir kopi per hari secara independen dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah,

Mengonsumsi satu gelas kopi per hari dapat mengurangi risiko seseorang untuk mengidap stroke. Stroke merupakan penyakit nomor empat yang menyebabkan kematian pada wanita

Menurunkan berat badan

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopiKopi dapat menjadi salah satu minuman yang tepat untuk dikonsumsi. Kamu dapat mengonsumsi kopi setelah maupun sebelum berolahraga. Faktanya, kopi dapat membantu mempercepat proses pembakaran lemak yang terjadi di dalam tubuh.

Meminimalisir risiko penyakit jantung

Penumpukan lemak dan kolesterol menjadi penyebab utama terjadinya arteri tersumbat. Selain itu, kopi hitam juga dapat meminimalisir terjadinya peradangan penyebab kardiovaskular.

Mencegah kanker

Perlu diketahui bahwa salah satu kandungan yang terdapat pada kopi hitam dapat melindungi tubuh anda dari sel-sel kanker.

Situs Harvard School of Public Health juga menyebutkan bahwa kopi dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya.

Kandungan kafein dalam kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cancer Society menyebutkan terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kopi mungkin dapat menurunkan beberapa jenis kanker, termasuk:

  • kanker prostat,
  • kanker hati,
  • kanker endometrium, dan
  • beberapa kanker mulut dan tenggorokan.

Membersihkan perut

Manfaat kopi tanda gula berikutnya adalah detoks dari bakteri dan racun yang terdapat di dalam perut. Kopi dapat membantu perut bersih dari bakteri dan parasite yang mungkin menimbulkan masalah kesehatan.

Meningkatkan daya ingat dan fungsi otak

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Artinya, asupan kopi dan kafein setiap hari aman untuk dimasukkan ke dalam diet yang seimbang dan sehat.

Bahkan, asupan kopi juga tidak perlu dihentikan pada orang lanjut usia (lansia).

Kafein yang ada pada kopi hitam tanpa gula dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk kreativitas dan tingkat fokus.

Kopi meningkatkan suasana hati

Khasiat kafein dalam kopi mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu menurunkan depresi. Bahkan, riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Efek minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 3 sampai 4 mm/Hg. Biasanya efeknya ringan dan hilang jika minum kopi secara teratur.

Beberapa bukti memperlihatkan, khasiat minum kopi dapat menurunkan risiko stroke pada wanita yang minum kopi.

Sementara itu, penelitian tahun 2013 menunjukkan, peminum kopi memiliki risiko stroke 20 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Khasiat kopi memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi konsumsi dalam jumlah berlebihan justru berpotensi memengaruhi kesehatan.

Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi kopi berhubungan dengan hadirnya emosi positif, termasuk kepuasan, keramahan, kasih sayang, rasa tenang, dan kebahagiaan. Ditemukan pula bahwa tidak ada emosi negatif yang berhubungan dengan konsumsi kopi.

Menambah energi

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan lebih berenergi. Bahkan, kafein adalah bahan psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia.

Setelah minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Banyak penelitian terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, sampai tingkat energi.

Dalam artikel berjudul Coffee Is No. 1 Source of Antioxidants, yang dipublikasikan WebMD, Disebutkan bahwa antioksidan sendiri merupakan zat yang bermanfaat bagi tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Itulah tadi manfaat dari Minum Kopi Tanpa Gula, selain nikmat kopi juga kaya akan manfaat.

(klikdokter.com, hellosehat.com, detik.com)

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , ,

Streaming Now