Salah satu alasan para pelancong datang ke Bandung selain karena pemandangan alam yang bagus, yakni kuliner di Bandung yang serba unik dan enak. Bahkan beberapa kuliner jajanan aci khas Bandung menjadi menu favorit jajanan yang ramah di kantong dengan bahan dasar yang sederhana.

Serba-Serbi Jajanan Aci Khas Bandung

Sebagai contoh jajanan aci khas Bandung dengan bahan dasar dari tepung tapioka atau yang dikenal dengan tepung aci. Apa saja Sobat Phi jajanan dari Bandung yang terbuat dari aci, simak yuk!



Cilok

Cilok menjadi satu dari sekian banyak jajanan aci khas Bandung yang populer dan paling digemari, bahkan tidak hanya di Bandung. Cilok terbuat dari tepung tapioka atau tepung aci dalam bahasa sunda. Cilok dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso dan dikukus hingga matang. Cilok biasanya diisi dengan daging cincang dan  disajikan dengan kecap, saos, dan juga bumbu kacang.

cilok

Nama Cilok diambil dari paduan kata aci (tepung tapioka) dan dicolok (ditusuk), karena memang cara memakannya yaitu dengan dicolok atau ditusuk.

Cireng

Cireng pada dasarnya sama-sama terbuat dari tepung aci alias tapioka. Jika Cilok memiliki kepanjangan dari Aci Cicolok, lain halnya dengan Cireng. Cireng memiliki kepanjangan ‘Aci Digoreng’ yang mana adonan aci dimasak dengan cara digoreng.

Biasanya Cireng dibentuk pipih, tidak bulat seperti cilok. Selain itu cireng juga bisa diisi dengan kornet, sosis, keju, daging ayam dan daging sapi.

Cimol

Jajanan yang satu ini hampir mirip dengan Cilok, hanya saja proses membuat Cimol tidak dikukus melainkan digoreng seperti Cireng. Tekstur Cimol dibuat kenyal dengan kulit luar tetap kokoh.

cimol

Cimol tidak diisi apapun didalamnya, namun biasanya Cimol akan disajikan dengan bumbu berbagai rasa seperti barbeque, keju, asin, dan juga pedas. Aci Digemol (dibentuk bulat-bulat) adalah nama asli dari jajanan yang satu ini.

Cilung

Sobat Phi bisa menebak kepanjangan dari jajanan yang satu ini? Ya, Cilung berasal dari kalimat ‘Aci Digulung’. Cilung dibuat hampir mirip dengan sate, namun uniknya adonan Cilung berbentuk cair.

cilung

Proses memasaknya dimulai dengan memecahkan sebutir telur puyuh di atas teflon kemudian diratakan. Lalu adonan cilung dituang sedikit demi sedikit, setelah itu diberi bumbu dan digulung bersamaan dengan telur. Sekilas bentuknya mirip dengan telur gulung.

Cipuk

Jajanan yang satu ini belum cukup familiar untuk Sobat Phi yang berada di luar Bandung atau Jawa Barat. Namanya adalah Cipuk, perpaduan dari Aci dan Kerupuk.

cipuk

Cipuk memiliki tekstur agak keras, berbentuk kotak, dan berwarna jingga atau oranye. Cipuk disajikan dengan cara digoreng. Cipuk memiliki berbagai varian rasa seperti terasi, cumi, bawang ataupun pedas. Biasanya Cipuk telah dikemas dalam plastik dan dijual mentah, sehingga Sobat Phi hanya tinggal menggorengnya saja.

( Prabowo Wisnu Dwiyono Asmoro )

Sumber : Boombastis | Kumparan

Chat Bersama Kami
Read previous post:
HARI-BAHASA-IBU-INTERNASIONAL
Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari 2020

Pantai Indah di Jawa Barat
Pantai Indah di Jawa Barat

Download Soal Ekonomi IPS SMA 2019
Download Soal Ekonomi IPS SMA 2019

Close