Sebulan Lagi Pendafaran CPNS 2021 Akan Dibuka. Memasuki bulan Maret 2021, tinggal sebulan lagi pendaftaran seleksi CPNS akan dibuka. Peserta wajib penuhi beberapa syarat dan berkasnya jika ingin lolos tahap demi tahapannya.

Sebulan Lagi Pendafaran CPNS 2021 Akan Dibuka

Pendaftaran seleksi CPNS 2021 telah resmi diumumkan yakni lebih tepatnya akan segera berlangsung pada April hingga Mei mendatang.



Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo resmi membuka 1 juta lebih kuota pendaftaran seleksi CPNS 2021 nanti.

Jadi, calon peserta yang akan daftar seleksi CPNS 2021 bisa siap-siap untuk memenuhi beberapa persyaratannya jika tak ingin gugur di tengah jalan.

Diketahui dari laman resmi BKN, diperkirakan ada 4 formasi penting atau jadi prioritas yang akan dibuka saat seleksi CPNS 2021, kamu bisa memilih di antaranya yakni :

  • Pertama, ada dari sektor kesehatan.
  • Kedua, tenaga pendukung SDM yang dibutuhkan oleh Kementerian atau Lembaga.
  • Ketiga, formasi tenaga kesehatan juga masih menjadi prioritas.
  • Keempat yakni ditambah dengan formasi untuk tenaga-tenaga teknis yang dibutuhkan dalam mendukung pencapaian target-target pembangunan.




Nah, adapun syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon peserta sebelum mendaftar seleksi CPNS 2021 nanti. Sama seperti sebelumnya, calon peserta bisa simak persyaratannya di sini.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Peserta minimal berusia 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun.
  3. Tidak memiliki catatan pidana.
  4. Tak pernah berhenti kerja atas permintaan sendiri ataupun karena dipecat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan untuk pegawai swasta tidak boleh memiliki riwayat pernah dipecat.
  5. Bukan seorang PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang telah terdaftar.
  6. Bukan anggota atau pengurus partai politik maupun terlibat politik praktis.
  7. Pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar.
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Sebulan Lagi Pendafaran CPNS 2021 Akan Dibuka

Terkait informasi tanggal resmi pembukaan seleksi CPNS 2021 akan diumumkan melalui situs atau website resmi kelembagaan seperti di situ bkn.go.id.



Peserta juga wajib perhatikan dengan baik apa saja berkas-berkasnya, berikut daftarnya:

  1. Pas foto latar belakang merah dengan pakaian sopan dan rapi.
  2. File scan ijazah pendidikan asli yang digunakan untuk melamar formasi CPNS.
  3. File scan transkrip nilai asli.
  4. File scan surat pernyataan lima poin dan surat pernyataan yang dipersyaratkan oleh instansi yang digabung menjadi satu file. Jangan lupa dokumen tersebut dibubuhi materai serta ditandatangani oleh peserta seleksi CPNS.
  5. File scan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang masih berlaku pada saat melamar.
  6. File scan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS atau dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan pemerintah.
  7. File scan surat keterangan tidak mengonsumsi/menggunakan narkoba, psikotropika, serta zat-zat adiktif lainnya dari unit pelayanan kesehatan pemerintah.
  8. File scan bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja).
  9. File scan DRH yang harus diunduh di web resmi SSCN dan digabung menjadi satu file Jangan lupa untuk dibubuhi materai serta ditandatangani oleh peserta SSCN.
  10. File scan surat lamaran CPNS yang ditujukan kepada instansi yang Anda lamar.

Terakhir, dokumen lain yang mungkin diprediksi akan dilampirkan pada seleksi CPNS 2021 mendatang yakni surat pernyataan positif Covid-19, contohnya seperti hasil tes swab antigen.

Read previous post:
Daftar Pembiayaan Syariah SIAP HAJI Berhadiah Rp10 Juta
Daftar Pembiayaan Syariah SIAP HAJI Berhadiah Rp10 Juta

Close