Apa itu Peserta P1/TL di CPNS 2021? Apakah akan ada lagi peserta P1/TL di CPNS 2021? Ya, pada perhelatan CPNS 2019 lalu memang ada sebuah langkah dari Kemenpan RB di mana mengeluarkan aturan peserta bersatus P1/TL pada CPNS 2018 boleh menggunakan nilai SKD di CPNS 2018 untuk menentukan lulus atau tidak di SKD CPNS 2019.

Apa itu Peserta P1/TL di CPNS 2021?

Saat itu peserta P1/TL harus memilih sejak awal apakah akan mengikuti SKD atau tidak. Jika memilih tidak ikut SKD CPNS 2019, maka yang akan dipakai adalah nilai SKD 2018.



Sedangkan jika memilih ikut SKD CPNS 2019, maka yang akan diambil adalah nilai terbaiknya. JIka lebih baik nilai SKD CPNS 2018, maka yang akan dipakai nilai itu, begitu juga jika yang lebih baik adalah nilai SKD CPNS 2019.

Nah, pertanyaannya, apakah peserta P1/TL akan kembali ada di seleksi CPNS 2021? Kepala BIro Humas BKN, Paryono, belum bisa menjawab hal ini.

Sebab ketentuan itu nantinya akan ada di Permenpan RB yang sekarang tengah disusun.

Jadi mereka yang nilainya baik pada CPNS 2019, bersabar saja dulu. Berdoa saja mudah-mudahan kembali ada aturan peserta P1/TL di CPNS 2021.

APA ITU IMT?

Apa itu IMT? Ternyata jadi salah satu syarat di CPNS 2021. Ya, ada beberapa formasi jabatan di CPNS 2021 yang memberi syarat IMT.




Nah, lalu apa itu IMT?

IMT adalah indeks massa tubuh untuk menentukan seseorang memiiliki badan ideal atau tidak. Lalu bagaimana cara menghitung IMT ideal?

Pada CPNS 2019, salah satu formasi jabatan yang mensyaratkan pendaftarannya memiliki IMT ideal adalah Polisi Hutan. Inilah tutorial bagaimana cara menghitung IMT ideal.

Rumus menghitung IMT adalah seperti di bawah ini:

IMT = Berat badan (dalam kg) : Tinggi badan (dalam m)²

Sementara itu, rentang nilai indeks massa tubuh untuk perempuan dewasa adalah sebagai berikut :



Kurus: < 17 kg/m²

Normal: 17 – 23 kg/m²

Kegemukan: 23 – 27 kg/m²

Obesitas: > 27 kg/m²

Sedangkan rentang nilai indeks massa tubuh untuk laki-laki dewasa adalah sebagai berikut :

Kurus: < 18 kg/m²

Normal: 18 – 25 kg/m²

Kegemukan: 25 – 27 kg/m²

Obesitas: > 27 kg/m²

CPNS 2021 Lebih Cepat

Sementara itu, tampaknya para peminat CPNS 2021 harus lekas mempersiapkan diri. Pelaksanaan CPNS 2021 ternyata bisa saja dimulai lebih cepat dari waktu perkiraan.



Atau setidaknya pelaksanaan CPNS 2021 akan dilaksanakan di waktu yang paling pertama dari waktu perkiraan. Tentu saja ini kabar bahagia baru mereka yang gagal di CPNS 2019 dan hendak mencoba lagi di CPNS 2021.

Lalu seperti apa yang disebut pendaftaran CPNS 2021 akan lebih cepat dari waktu perkiraan.

Sebelumnya ramai disebut bahwa pendaftaran CPNS 2021 akan dimulai pada bulan April, Mei, atau Juni 2021.Bahkan kemudian muncul informasi lagi bahwa pelaksanaan CPNS 2021 setidaknya baru bisa dimulai antara Mei atau Juni 2021.

Kabar bahagia itu datang dari Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan RB.

Sebelumnya seperti kita ketahui bahwa pendaftaran CPNS 2021 disebut baru akan dimulai pada bulan April, Mei, atau Juni 2021.

Tapi ternyata pendaftaran CPNS 2021 dan pelaksanaan CPNS 2021 bisa lebih cepat dari bulan tersebut atau setidaknya di perkiraan waktu yang paling cepat.



Hal tersebut diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Teguh Widjinarko mengatakan data formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2021 akan diumumkan pada kisaran akhir Maret.

Setelah itu maka ada peluang dimulainya pendaftaran penerimaan.

“Kira-kira seperti itu (April dimulai pendaftaran seleksi CPNS). Tergantung dari selesainya pertimbangan teknis Kemenkeu dan BKN,” katanya dihubungi Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Nah, jika memang dimulai April, ini berarti masih ada dalam waktu perkiraan dan ini merupakan waktu perkiraan tercepat jika jadi dilaksanakan pada April.

“Untuk formasi tahun 2021 dan instansi mana saja yang membuka peluang, kami masih mengolah data yang masuk. paling cepat akan diumumkan pada akhir Maret,” sambung Teguh.




Terkait tenaga honorer terbatas untuk menjadi PNS, dirinya menepis hal tersebut.

Tenaga honorer tetap bisa mengikuti seleksi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), asalkan memenuhi persyaratan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Sebenarnya semua warga negara memiliki hak untuk mengikuti seleksi baik CPNS maupun calon PPPK, sepanjang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Kita tidak mengarahkan honorer ke PPPK, tetapi dipersilahkan pula mereka yang memenuhi persyaratan untuk ikut dalam seleksi CPNS,” jelas dia.

Dia mengatakan, pemerintah mengarahkan para tenaga honorer beralih status menjadi PPPK karena tenaga honorer rata-rata berusia di atas 35 tahun.

Sedangkan syarat usia untuk menjadi PNS adalah di bawah itu.

Namun, khusus untuk jabatan guru, sesuai dengan kesepakatan Mendikbud, Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri dan BKN akan merekrut melalui seleksi PPPK hingga 1 juta formasi tahun ini.

Sebagai informasi, pada Januari-Februari 2021, akan dilakukan verifikasi dan validasi ulang terhadap usulan jumlah formasi yang masuk tersebut.

Diharapkan pada akhir Maret ini, formasi sudah bisa ditetapkan dan diumumkan. Kemudian, Kementerian PANRB akan menyusun dan menetapkan Peraturan Menteri PANRB sebagai dasar hukum pelaksanaan rekrutmen ASN tahun 2021, dari jalur CPNS maupun jalur PPPK.

Sumber Apa itu Peserta P1/TL di CPNS 2021? : https://wartakota.tribunnews.com/2021/03/05/apa-itu-peserta-p1tl-di-cpns-apakah-akan-ada-lagi-peserta-p1tl-di-cpns-2021-ini-jawabannya?page=4


Read previous post:
Sinopsis Ikatan Cinta 5 Maret 2021 di RCTI Andin Tiba-Tiba Hilang
Sinopsis Ikatan Cinta 6 Maret 2021 Awalnya Ingin Rujuk, Ternyata Elsa Buat Nino Tambah Kecewa

Close