Menjelang pendafraran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tanggal 14-27 Februari 2020, para calon mahasiswa baru mulai gencar menetapkan pilihan mereka pada program studi (prodi) kuliah yang diinginkan.

Banyak prodi ‘langka’ yang belum begitu ramai diketahui oleh para calon mahasiswa baru lho Sobat Phi. Pasalnya, banyak calon mahasiswa yang menginginkan masuk ke prodi-prodi bergengsi yang banyak diminati.

Dilansir dari kompas.com, Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo menyatakan tidak adanya pergeseran minat prodi yang berarti hingga 2019 lalu. Tentunya, program studi-program studi langka belum masuk ke dalam daftar program studi favorit calon mahasiswa.

Misalnya di kelompok Saintek, prodi Kedokteran dan Teknologi Informasi masih menjadi favorit. Diikuti dengan prodi-prodi di bidang teknk seperti Teknik Industri, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro.

Sementara itu di kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) masih didominasi oleh bidang ilmu Ekonomi, seperti Manajemen dan Akuntasi. Selanjutnya di bidang sosial dan ilmu politik diikuti dengan prodi Hubungan Internasional, Komunikasi, Hukum, dan Psikologi sebagai prodi favorit calon mahasiswa.

Nah Sobat Phi, ternyata beberapa universitas di Indonesia sendiri memiliki prodi langka yang memiliki peluang kerja tidak kalah bergengsi dengan keahlian lain. Prodi langka berikut ini bisa dijadikan referensi Sobat Phi untuk memilih jurusan lho.



Kriminologi

Kriminologi berasal dari kata crimen yang artinya kejahatan dan logos yang berarti ilmu. Jadi, kriminologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang kejahatan dan tindak kriminal. Mulai dari identifikasi masalah hingga penanganannya.

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki prodi Kriminologi sebagai salah satu pilihan jurusan. Dilansir dari web UI (ui.ac.id), mereka mengarahkan lulusannya untuk menguasai dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi kriminologi. Sehingga mampu merumuskan alternative kebijakan pencegahan dan penanggulangan kejahatan sebagai masalah sosial.

Selain UI, Universitas Budi Luhur dan Universitas Islam Riau juga menyediakan pilihan jurusan Kriminologi.

Manajemen Industri Katering

Salah satu prodi langka datang dari bidang pariwisata yang berfokus di bidang kuliner. Di prodi langka yang satu ini, mahasiswa diajarkan pengetahuan dasar bidang kuliner local hingga internasional, manajemen operasional usaha kuliner, serta perencanaan, pengelolaan, hingga pemasarannya.

Di Indonesia sendiri Universitas Pendidikan Indoneia (UPI) menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki prodi ini. Manjemen Industri Katering di UPI sendiri didirikan pada 16 Maret 2005 di bawah Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS).

Ilmu Keluarga dan Konsumen

Prodi yang hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini remi berdiri pada 10 Januari 2005 di bawah Fakultas Ekologi Manusia. Dikutip dari website resminya (ikk.fema.ipb.ac.id), akreditasi prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB adalah A, sesuai keputusan BAN PT No 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Bidang pembelajarannya seputar pengembangan dan pemberdayaan keluarga.

Mahasiswa akan mempelajari tentang upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Astronomi

Prodi langka lain yang hanya dimiliki satu universitas saja adalah Astronomi. Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi penyelenggara pendidikan Astronomi satu-satunya di Indonesia. Di ITB sendiri, prodi Astronomi telah dibuka untuk jenjang S1 hingga S3.

Mengutip kompas.com, ilmu Astronomi sendiri mempelajari tentang benda-benda langit dengan menitikberatkan penerapan ilmu fisika terhadap benda langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta kosmologi.

Sains Atmosfir dan Keplanetan

Institut Teknologi Sumetara (Itera) menjadi pelopor prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan di Indonesia, dan menjadi satu-satunya hingga saat ini. Dikuti dati website Itera (aps.itera.ac.id), fokus kajian prodi ini ada pada bidang ilmu sains atmosfer dan astrofisika.

Sains atmosfer menitikberatkan kajian mengenai atmosfer antariksa dekat dan atmosfer antariksa jauh. Sedangkan bidang astronimi mempelajari mengenai eksoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang dan lintasan orbit benda-benda langit.

Teknik Nuklir

Jika berbicara tentang nuklir selalu diindentikkan dengan perang, maka kita perlu tau bahwa nuklir sendiri di Indonesia dipelajari sebagai sumber energy. Untuk mempelajari nuklir secara mendalam, Universitas Gadjah Mada (UGM) menyediakan prodi Teknik Nuklir.

Prodi ini juga menjadi satu-satunya prodi Teknik Nuklir di Indonesia. Dikutip dari website Fakultas Teknik UGM (tf.ugm.ac.id), bidang keahlian teknik nuklir meliputi aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya, aplikasi radiasi dan radiosotop di industry, dan aplikasi yang mendukung radiologi klinik.

Berdasarkan keputusan BAN PT No.2272/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018, Teknik Nuklir ITB terakreditasi A.

(Ismi Hakim Azzahrah)

 

 

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Siat Geni Perang Api Para Pemuda Bali

Makanan Yang dapat Meningkatkan Daya Ingat
Makanan Yang dapat Meningkatkan Daya Ingat

Hari Pers Nasional 2020
Hari Pers Nasional 2020

Close