Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP,  karya dari siswi smp bernama Putri Annisa Tyara Anggie siswi kelas 9 dari SMP Negeri 1 Surabaya membuat inovasi bagi para penyandang disabilitas, khususnya untuk kaum tuna netra.

Inovasi Keyboard Braille Karya Pelajar SMP

Keyboard Braille ini berbasis output suara dan menggunakan enam tombol sesuai standar tuna netra. Inspirasi pembuatan inovasi Keyboard Braille ini adalah ketika  Anggie mengikuti lomba Tahfidz, dan bertemu dengan temannya yang merupakan penyandang tuna netra.

Inovasi Keyboard Braille buatan Anggi merupakan  pembuatan yang cuku p sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan. Dan keyboardnya digunakan keyboard bekas yang sudah tidak dipakai lagi. Anggie juga menggunakan layar display untuk memperlihatkan hasil dari tulisan yang diketik.



Pada tahun 2019, Inovasi Keyboard Braille  mendapatkan  penghargaan medali emas dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia.

Kemudian pada Januari 2020, Keyboard Braille tersebut resmi dipatenkan. Dan Keyboard Anggie juga direncanakan akan diproduksi dan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang ada di Surabaya.

Sumber :Liputan6.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Prodi Langka Di Indonesia Tidak Semua PTN Punya

Siat Geni Perang Api Para Pemuda Bali

Makanan Yang dapat Meningkatkan Daya Ingat
Makanan Yang dapat Meningkatkan Daya Ingat

Close