Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya. QRIS atau bisa dibaca KRIS diluncurkan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Nah, semua penyelenggara jasa sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR code pembayaran wajib menerapkan QRIS.

QRIS sering kita jumpai di berbagai gerai restoran, supermarket, toko, atau minimarket. Belakangan penggunaan QRIS sudah menyentuh pelaku usaha kecil, seperti warung atau toko kelontong dekat rumah hingga tukang parkir.

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Perlu dicatat bahwa tidak ada biaya tambahan bagi konsumen atau pengguna saat melakukan pembayaran melalui QRIS. Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS adalah standar pembayaran menggunakan metode QR code atau kode barcode dari Bank Indonesia. Hal ini agar transaksi pembayaran lebih mudah dan terjaga.

Dirangkum dari laman resmi Bank Indonesia, pembayaran menggunakan QRIS dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Cara membuat QRIS juga mudah. Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI​. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya.

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Apa Itu QRIS?

Melansir laman Bank Indonesia, QRIS adalah singkatan Quick Response Code Indonesian Standard yang dibaca “KRIS”. Kode ini merupakan penyatuan berbagai jenis QR code yang diterbitkan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran atau PJSP.

Industri sistem pembayaran bersama dan Bank Indonesia mengembangkan QRIS untuk mempermudah, mempercepat, dan menjaga keamanan transaksi melalui QR code. Dengan QRIS, aplikasi pembayaran PJSP mana pun (bank dan nonbank) bisa bertransaksi di semua merchant berlogo QRIS.

Baca Juga :  Daftar Beasiswa Short Course Australia Awards 2024 Dapatkan Plus Tunjangan-Visa

Fungsi QRIS bagi Penjual dan Pembeli

Secara umum QRIS berfungsi mempermudah dan mempercepat proses transaksi digital. Namun, apa fungsi QRIS bagi penjual dan pembeli?

Fungsi QRIS untuk penjual

Merchant perlu memahami apa itu QRIS sebagai salah satu metode pembayaran terkini yang memberikan banyak kemudahan dalam berbisnis. Fungsi QRIS antara lain:

  1. Membuat transaksi lebih mudah melalui penggunaan satu QR code untuk semua aplikasi pembayaran.
  2. Memberikan alternatif pembayaran digital bagi aplikasi mobile banking maupun e-wallet sehingga tingkat pembelian meningkat dan pembayaran nontunai makin banyak digunakan masyarakat.
  3. Menghindari terjadinya penipuan yang memakai uang palsu sebagai alat pembayaran. Transaksi nontunai dengan QR code melindungi penjual dari kemungkinan transaksi memakai uang palsu.
  4. Mencatat transaksi lebih mudah dan rapi, serta tersimpan dalam sistem. Jadi, kamu bisa sewaktu-waktu menelusuri riwayat transaksi terdahulu, menganalisisnya, dan mengelola keuangan lebih teratur.

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Fungsi QRIS untuk pembeli

Dari kacamata pembeli sebagai konsumen, fungsi QRIS adalah:

  1. Mempermudah pembayaran nontunai dengan semua aplikasi pembayaran online.
  2. Mempercepat dan mempermudah proses transaksi, tidak perlu repot cari uang pas atau menunggu kembalian.
  3. Menghindari kontak fisik dengan metode pembayaran cashless, lebih higienis dan aman.
  4. Mudah melacak riwayat pembayaran sehingga catatan keuangan pribadi lebih rapi.

Jenis Pembayaran QRIS

Setelah mengetahui apa itu QRIS dan fungsinya, kamu juga perlu tahu apa saja jenis pembayaran QRIS yang umum dipraktikkan di Indonesia. Saat ini ada tiga jenis, yaitu:

Merchant Presented Mode (MPM) Statis

Jenis pembayaran ini yang paling banyak digunakan. Umumnya, penjual akan memasang stiker QRIS di tempat bisnis. Pembeli cukup memindai QR code yang tersedia. Simpel dan cepat, MPM statis cocok dipakai pada bisnis skala mikro dan kecil.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Game WoW Level 694 Terbaru

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis

Langkah pada model pembayaran ini memiliki tahapan agak panjang dibandingkan model statis. Proses diawali dengan penjual memasukkan besaran tagihan pada mesin EDC atau smartphone. Kemudian, QR code akan dicetak. Pembeli akan melanjutkan pembayaran dengan memindai QR code yang telah tercetak tadi. Model ini lazim kamu temui pada bisnis dengan volume transaksi tinggi, serta berskala menengah dan besar.

Customer Presented Mode (CPM)

Berbeda dengan dua jenis pembayaran di atas, pembayaran dengan model ini diawali dari pihak pembeli. Kode QR akan ditunjukkan oleh pembeli dari smartphone mereka melalui aplikasi yang dipilih untuk transaksi nontunai, seperti mobile banking atau dompet digital. Beberapa merchant yang memilih cara ini akan menyediakan scanner khusus. Kamu bisa menemui jenis pembayaran demikian pada gerai fast food atau tiket transportasi publik.

Cara daftar dan membuat QRIS 

Cara membuat dan mendaftar QRIS adalah sebagai berikut:

  • Siapkan semua dokumen dan KTP yang dibutuhkan untuk mendaftar QRIS. Foto seluruh dokumen, foto harus asli, dapat dibaca dan fokus.
  • Buka laman registrasi QRIS di link berikut ini https://registrasi.qris.id/m/register/now.php?idir=pages/registration.php
  • Isi semua data dengan lengkap
  • Merchant harus menandatangani formulir syarat dan ketentuan QRIS yang berlaku.
  • Kemudian sistem akan melakukan validasi data dan dokumen.
  • Apabila data yang diunggah benar, maka data tersebut akan didaftarkan secara manual ke PT. Penyelesaiian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN).
  • Kemudian Anda harus menunggu National Merchant ID (NMID) dari PTEN. Setelah NMID keluar, sistem  akan mengeluarkan username dan password ke email yang Anda daftarkan.
  • Kemudian QRIS yang sudah keluar di cek oleh tim InterActive. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan kode QR sudah berfungsi.
  • Jika NIMS dan QRIS sudah lulus kontrol, tahap berikutnya adalah proses design. Tahapan ini bertujuan agar tampilan InterActive sesuai dengan tampilan standar QRIS yang diatur oleh ASPI.
  • Setelah proses design selesai, QRIS tersebut akan muncul di dashboard. Kamu juga bisa mengunduh file tersebut.
Baca Juga :  Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis via Link DANA Kaget Terbaru 2024 Cepat Cair

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Cara menggunakan QRIS

Cara menggunakan QRIS bagi konsumen adalah sebagai berikut:

  • Apabila belum memiliki akun, maka anda harus registrasi terlebih dahulu mengunduh aplikasi salah satu penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) baik non bank maupun bank berijin QRIS yang terdaftaf
  • Lakukan registrasi sesuai prosedur PJSP tersebut.
  • Isi saldo pada akun Anda.
  • Gunakan untuk melakukan pembayaran pada merchant QRIS sesuai petunjuk di aplikasi Anda.
  • Buka aplikasi
  • Cari icon scan/gambar QR/pay
  • Scan QRIS merchant
  • Masukan nominal
  • Masukan PIN
  • Klik bayar
  • Lihat notifikasi

Demikian penjelasan mengenai apa itu QRIS, cara membuat dan mendaftar QRIS, serta cara menggunakan QRIS. Selamat mencoba!

Pengertian QRIS, Apa Fungsi QRIS, Jenis-jenis QRIS dan Bagaimana Cara Membuatnya

Sumber : https://keuangan.kontan.co.id/