Sobat Phi, kali ini Bukber (Buku Berbunyi) akan membahas tentang Pengertian Pasar Modal. Pasar Modal adalah menurut UU No. 8 Tahun 1995 yaitu suatu tempat transaksi yang mempunyai kegiatan penawaran umum dan perdagangan efek yang melibatkan perusahaan publik dan lembaga yang berkaitan dengan efek sobat Phi.

Pasar Modal

 

 

 

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif bagi para investor selain alternatif investasi lainnya, seperti: menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya.



Pasar Modal bertindak sebagai penghubung. Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen melalui jangka panjang seperti obligasi, saham, dan lainnya.

Secara umum, fungsi pasar modal adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana penambah modal bagi usaha
    Perusahaan dapat memperoleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Saham-saham ini akan dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan-perusahaan lain, lembaga, atau oleh pemerintah.
  • Sebagai sarana pemerataan pendapatan
    Setelah jangka waktu tertentu, saham-saham yang telah dibeli akan memberikan deviden (bagian dari keuntungan perusahaan) kepada para pembelinya (pemiliknya). Oleh karena itu, penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan.
  • Sebagai sarana peningkatan kapasitas produksi
    Dengan adanya tambahan modal yang diperoleh dari pasar modal, maka produktivitas perusahaan akan meningkat.
  • Sebagai sarana penciptaan tenaga kerja
    Keberadaan pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja baru.
  • Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara
    Setiap deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Adanya tambahan pemasukan melalui pajak ini akan meningkatkan pendapatan negara.
  • Sebagai indikator perekonomian negara
    Aktivitas dan volume penjualan/pembelian di pasar modal yang semakin meningkat (padat) memberi indikasi bahwa aktivitas bisnis berbagai perusahaan berjalan dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

 

Demikian tadi tentang Pengertian Pasar Modal, Sobat Phi, Jangan lupa ya support Channel kita di Phi Radio Dot Net serta Follow Instagram kami di phiradiodotnet dan  Stay Streaming di www.phiradio.net. Gaya – juara.

Chat Bersama Kami
Read previous post:
PAPILA LIDAH-01
Papila Lidah

IDEOLOGI PANCASILA-01
Ideologi Pancasila

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

Close