Jawaban Materi SMA Belajar dari Rumah TVRI 27 Senin April 2020. Ancaman Sampah Plastik & Pengelolaannya. Berikut soal dan jawaban untuk pertanyaan Program Belajar Dari Rumah di TVRI untuk SMA/SMK sederajat hari ini Senin 27 April 2020. Program Belajar dari Rumah untuk jenjang SMA/SMK sederajat disiarkan di TVRI, Senin 27 April 2020 pukul 10.00 – 10.30 WIB.

Jawaban Materi SMA Belajar dari Rumah TVRI Senin 27 April 2020

Pada hari ini pembelajaran jenjang SMA/SMK sederajat akan membahas materi Sampah Plastik. Program Belajar dari Rumah ini guna membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus corona (COVID-19). Program ini tersedia untuk pelajar dari semua jenjang pendidikan.



Khusus untuk materi SMA materi kali ini membahas materi Sampah Plastik yang tayang pukul 10.00 – 10.30 WIB. Setelah menyimak materi Sampah Plastik ‘Ancaman Sampah Plastik dan Pengelolaannya’, siswa diminta menjawab pertanyaan berikut:

Pertanyaan Segmen 1 Jawaban Materi SMA Belajar dari Rumah TVRI Senin 27 April 2020

1. Plastik merupakan salah satu benda yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Selain memiliki manfaat yang beragam, tahukah teman kalau plastik juga menyimpan dampak buruk bagi tubuh kita? Oleh karena itu, cermatilah tayangan berikut mengenai Dampak Plastik bagi Kesehatan Kita. Kemudian catatlah pertanyaannya. Untuk menjawabnya kamu dapat berdiskusi dengan orang tua, saudara, atau mencarinya dari berbagai sumber.

Soal

Bagaimana cara plastik masuk ke dalam tubuh kita? Jelaskan!

2. Setelah menyaksikan tayangan tersebut, tentunya teman-teman banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat serta mulai mengubah perilaku penggunaan barang plastik sekali pakai. Sekarang selesaikan tugas berikut dalam satu tulisan pendek. Tulis jawabanmu dalam tiga paragraf. Usahakan dalam satu paragraf minimal tiga kalimat dan hubungan antarkalimat saling terkait dan padu. Lalu tulis judulnya di bagian tengah atas.

Soal

Bagaimana perilaku dirimu, keluargamu, dan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalmu terhadap penggunaan sampah plastik sekali pakai?

Pertanyaan Segmen 2 Jawaban Materi SMA Belajar dari Rumah TVRI Senin 27 April 2020

1. Bagaimana teman-teman, menarik ya informasi dari tayangan ini? Ternyata kantong plastik bisa dibuat jadi aspal.

Tentunya kamu terinspirasi untuk melakukan penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati.

Penelitian tidak harus dilakukan di tempat yang jauh, tempat yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu pun bisa. Jangan lupa membaca berbagai sumber sebagai landasan teori dan

Contoh-contoh penelitian yang sudah ada. Kamu bisa juga bertanya kepada orang tua, saudara, teman, atau guru.



Soal

Buatlah penelitian sesuai dengan topik yang kamu minati! Identifikasi masalahnya, susun kerangka pemikiran, rumuskan hipotesis, uji hipotesis, lakukan pembahasan, dan tarik kesimpulan dari penelitian ini.

2. Teman-teman, bagaimana tanggapanmu terhadap tayangan video tersebut? Pastinya bangga, ya. Limbah sampah plastik dapat diolah menjadi BBM. Untuk mengetahui pemahamanmu terhadap tayangan tersebut catatlah pertanyaan berikut. Diskusikan dengan orang tua, saudara, atau teman, dan sampaikan penjelasanmu dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Soal

Mengapa sampah plastik tidak disarankan untuk dibakar?

JAWABAN

Jawaban Pertanyaan Segmen 1

1. Plastik mikro yang berdiameter antara 5 milimeter hingga 100 nanometer dan bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Plastik mikro yang secara tidak sengaja akan masuk ke dalam tubuh kita ini berasal dari dua sumber, yakni laut dan non laut. Jika dari laut, plastik mikro berasal dari ikan, kerang, serta garam laut.

Sedangkan dari non laut, plastik mikro dapat berasal dari ampela ayam, madu, bir, serta air minum dalam botol.

2. Penggunaan plastik sekali pakai di keluarga dan masyarakat sekitar daerahku sudah lebih berkurang, karena kami lebih banyak menggunakan kantong yang bisa dipakai berulang kali.

Sampah plastik dan organik pun juga dibedakan tempatnya, dan tidak dicampur menjadi satu.

Ada larangan untuk membakar sampah plastik di daerahku, yang boleh dibakar hanya sampah organik seperti daun dan kayu lapuk.

Pertanyaan Segmen 2

1. Buatlah penelitian sesuai minat masing-masing.

Kamu dapat membuat penelitian sesuai minatmu dengan petunjuk yang ada.

2. Sampah plastik yang dibakar mengandung gas rumah kaca bahkan zat diosksin dan furan, yang oleh WHO sudah ditetapkan sebagai gas yang memicu kanker pada manusia.

Gas rumah kaca yang dihasilkan dari pembakaran berdampak pada pemanasan Global yang memicu terjadinya perubahan iklim.



Kedua zat dioksin dan furan sangat berbahaya bagi tubuh manusia, ketika kedua zat masuk dari hasil pembakaran mengakibatkan batuk-batuk, sesak nafas dan pusing, ketika keseringan menghirup kedua zat ini maka akan menjadi kanker.

Semoga info artikel Jawaban Materi SMA Belajar dari Rumah TVRI Senin 27 April 2020. Ancaman Sampah Plastik & Pengelolaannya. Dapat bermanfaat buat SobatPhi.

Sumber : ternate.tribunnews.com

Chat Bersama Kami
Read previous post:
Jawaban-Materi-SMP-Belajar-di-TVRI-Senin-27-April-2020
Jawaban Materi SMP Belajar di TVRI Senin 27 April 2020

Jawaban-Materi-SD-Kelas-1-3-Belajar-di-TVRI-Senin-27-April-2020
Jawaban Materi SD Kelas 1-3 Belajar di TVRI Senin 27 April 2020

Jadwal-Acara-Belajar-Dari-Rumah-di-TVRI-Hari-Sabtu-2-Mei-2020
Jadwal Acara Belajar Dari Rumah di TVRI Hari Sabtu 2 Mei 2020

Close