Dluz.club Portal Fashion Beauty Parenting Wisata

Kopi Indonesia yang Mendunia, Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia. Indonesia merupakan negara penghasil kopi ke-4 terbesar di dunia. Saat ini Indonesia berada di posisi ke-4 setelah Brazil, Vietnam, dan juga Kolombia. Indonesia juga memiliki beragam jenis varietas kopi yang populer di dunia.

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Baca Yuk :

Indonesia mampu menjadi supplier untuk para penikmat kopi di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, dan juga Italia. Kopi menjadi komoditas yang bernilai tinggi, terutama di Indonesia, yang merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, dengan beragam jenis kopi berkualitas.

Kopi Indonesia yang Mendunia

Berikut ini adalah kopi asal Indonesia yang dikenal dan disukai di dunia, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kopi Ciwidey

Kopi Ciwidey semakin menunjukkan kelasnya sebagai salah satu kopi unggulan baik untuk konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Kopi Ciwidey dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, juga menjadi salah satu jenis kopi Nusantara yang menjadi primadona di negeri sendiri. Bahkan, kopi Ciwidey pernah mendapatkan predikat sebagai kopi termahal di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI 2017.

Salah satu alasan mengapa kopi Ciwidey layak dihargai mahal adalah karena rasa dan aromanya yang unik. Kopi Ciwidey memiliki rasa yang cenderung manis saat diminum. Rasa tersebut didapat setelah melewati proses yang cukup panjang, demi mendapatkan biji kopi yang berkualitas. Cita rasa menjadi salah satu kekuatan kopi Ciwidey terutama untuk jenis arabika. “Kopi Ciwidey memiliki cita rasa yang khas.

Kopi Gayo

Aceh dikenal juga sebagai salah satu sentral produksi kopi arabika terbesar tak hanya di Indonesia, tetapi juga di Asia dengan kualitas kopinya yang baik di level dunia.

Varietas kopi arabika berasal dari Dataran tinggi Gayo tersebut tumbuh subur di kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, serta di wilayah Gayo Lues. Kehadiran kopi Gayo pun telah ada zaman penjajahan Belanda.

Kopi Gayo merupakan jenis kopi  Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di  dataran tinggi gayo. Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan.

Kopi yang lebih dikenal dengan sebutan Kopi “Gayo” karena karakteristik aroma dan rasa kopinya yang khas. Kopi gayo merupakan varietas kopi arabika dan menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Indonesia.

Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani ini sudah sangat populer di kalangan para penikmat kopi dari lokal maupuan mancanegara. Selain pesona wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia.

Kopi kintamani masuk ke dalam jenis arabika, Kopi kintamani ditanam di dataran tinggi Kintamani di atas 900 mdpl. Keunikan lain dari kopi Kintamani adalah aroma jeruknya. Ternyata aroma tersebut muncul karena kopi Kintamani ditanam berdampingan dengan tanaman buah jeruk.

Kopi Kintamani memiliki tingkat keasaman sedang. Sebab biji kopi yang digunakan hanya biji kopi pilihan. Pengolahannya juga dilakukan secara tradisional.kopi Kintamani sudah diekspor ke Amerika serikat sejak tahun 1825.

Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain.  Kopi disini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kopi Kintamani juga bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar sehingga menimbulkan cita rasa yang unik. Kopi Kintamani juga mempunyai cita rasa lembut dan manis.

Kopi Toraja

Kopi Toraja  adalah Kopi yang berasal dari tanah Toraja, Sulawesi Selatan, kopi toraja merupakan salah satu varian populer yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia. Kopi Toraja  bernama latin Celeber Kalosi, kopi Toraja telah dikenal oleh para pencinta kopi di seluruh dunia.

Cita rasa kopi toraja dikenal sangat nikmat dan khas. Salah satu sebabnya karena ditanam di area pegunungan dengan ketinggian mencapai 1400 hingga 2100 mdpl, yakni di Pegunungan Sasean.

Mayoritas perkebunan kopi berada di Toraja Utara, tapi proses dan pusat jual beli green bean berada di Makale, Tana Toraja.

Ada dua jenis kopi yang ditanam di Toraja, yaitu arabika dan robusta. Jenis arabika kebanyakan dijual sebagai green bean, sedangkan robusta diolah sebagai bahan kopi instan dan oleh-oleh khas.

Memiliki aroma yang sangat harum dan khas, bahkan pada saat pertama kali membuka kemasannya. Kopi ini memiliki cita rasa aroma buah dengan rasa yang tidak terlalu pahit saat dikonsumsi.

Tingkat keasamannya juga cukup rendah sehingga menjadi idola bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung.

Pada Proses panen kopi toraja juga sangat selektif. Hanya yang benar-benar sudah tua yang akan dipanen.

“Kopi Toraja adalah jenis kopi Arabica yang disebut “queen of coffe”. Cirinya adalah kopi ini memiliki aroma khas seperti aroma tanah. Rasa pahitnya menonjol, namun dengan kadar asam yang rendah.

Rasa ini sangat disukai terutama di negara-negara di Eropa Utara seperti Denmark dan Islandia. Green bean dari Sulawesi Selatan menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia terutama ke Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Kopi Jawa

Kopi jawa mulai di kenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun Jenis-Jenis Kopi  sudah banyak tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

Kopi ini merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Jenis minuman yang satu ini terbuat dari bahan dasar berupa biji kopi.

Sesuai dengan namanya, kopi jawa ini adalah salah satu kopi khas asli dari Pulau jawa. Jenis kopi yang satu ini tumbuh subur di Pulau Jawa. Kopi jawa ini mempunyai citarasa kopi yang khas

Kopi Sidikalang

Kopi asal Sumatera Utara ini terkenal dengan cita rasanya yang mantap, bahkan bukan hanya di dalam negeri saja, tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kuat kenikmatan kopi Sidikalang adalah kopi Brasil, salah satu kopi terbaik di dunia.

Karakteristik kopi Sidikalang mirip dengan kopi Brasil. Perbedaannya, kopi Brasil memiliki rasa yang cenderung pahit dengan rasa yang tertinggal agak pedas, ringan di mulut, dan tingkat keasamannya rendah.

Kopi Sidikalang berasal dari biji kopi robusta yang dikenal memiliki kadar kafein tinggi, mencapai 70-80%. Artinya, kurang lebih dua kali lipat dari kadar kafein kopi arabika.

Kopi sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantap. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang merupakan pilihan terbaik saat menemani sore anda. Jenis-Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di indonesia.

Kualitas minuman kopi yang baik bergantung kepada kualitas biji dan cara mengolahnya. Sebab, tak semua tanah bisa menjadi media tanam yang baik bagi tumbuhan kopi. Daerah tropis adalah daerah terbaik untuk menanam kopi. itulah mengapa Indonesia menjadi tempat kopi-kopi unggulan berkembang baik.

Demikian tadi informasi tentang Kopi Indonesia yang Mendunia, semoga bermanfaat.

(tempo.co, idntimes.com, coffeeland.co.id)

Kopi Indonesia yang Mendunia

Baca Yuk :

Artikel Sebelumnya : «
Artikel Selanjutnya : »

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Streaming Now